Rumahweb Journal
Banner - WordPress SEO - Pengertian, Plugins Hingga Cara Optimasinya

WordPress SEO: Pengertian, Plugins Hingga Cara Optimasinya

WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Salah satu kelebihan WordPress yang mungkin tidak dimiliki CMS lain adalah mudahnya optimasi SEO pada website. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang WordPress SEO dari A sampai Z.

Mengetikkan keyword melalui search engine seperti Google adalah salah satu cara mudah untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik pembahasan yang dibutuhkan.

Misalnya, jika Anda mencari artikel tentang kesehatan, resep makanan, berita, atau tutorial yang bermanfaat, search engine dapat membantu Anda menemukan informasi baru dengan mudah.

Biasanya, hasil yang muncul di peringkat teratas seperti peringkat nomor 1, lebih sering dikunjungi karena lebih mudah ditemukan daripada yang berada di peringkat ke-10 misalnya. Untuk meningkatkan peluang agar website Anda muncul di peringkat atas, Anda dapat menggunakan teknik SEO yang baik dan benar.

Pada panduan ini, kami akan membahas pengertian, jenis-jenis SEO, dan cara penggunaannya untuk meningkatkan performa website Anda.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia dapat disebut pengoptimalan website terhadap mesin pencari. Secara sederhana, SEO merupakan metode untuk melakukan optimasi pada sebuah website agar dapat ditemukan oleh search engine dan mendapatkan peringkat nomor 1 di hasil pencarian.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Penerapan SEO pada sebuah website sangatlah penting dalam melakukan strategi digital marketing, yaitu untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi pada website. Berikut beberapa manfaat SEO pada sebuah website : 

1. Mudah ditemukan di search engine

Manfaat yang pertama ketika Anda mengoptimasi SEO pada website adalah mudah ditemukan oleh search engine seperti Google atau Bing. Dengan melakukan optimasi SEO, Anda memudahkan mesin pencari untuk melakukan indexing pada website Anda, dan memasukkan website Anda ke query penelusuran.

2. Meningkatkan jumlah pengunjung

Ketika website Anda masuk ke halaman pertama di mesin pencari dengan keyword tertentu, maka hal tersebut dapat meningkatkan jumlah pengunjung untuk mengakses website Anda, daripada jika posisi website Anda mendapatkan penarian di halaman 2 maupun 3.

3. Memperluas Networking

Jika website Anda mudah ditemukan, maka secara otomatis akan meningkatkan peluang usaha hingga networking.

4. Meningkatkan pendapatan

Website dengan jumlah pengunjung yang tinggi dapat meningkatkan peluang serta penghasilan Anda. Jika website Anda merupakan toko online, maka peluang mendapatkan customer baru akan terbuka lebar. Jika Anda seorang Blogger, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan memasang iklan pada website.

5. Pengunjung yang tertarget

Anda dapat menargetkan pengunjung berdasarkan keyword yang ditarget. Dengan Google analytics, Anda juga bisa menargetkan keyword hingga melakukan strategi khusus pada pengunjung website Anda.

Jenis SEO

Setelah memahami mengenai pengertian SEO, selanjutnya kami akan membahas mengenai jenis jenis SEO yang akan memudahkan dalam mengoptimalkan SEO pada website agar lebih maksimal. Berikut jenis-jenis seo yang harus dipahami : 

On page SEO

On Page Seo adalah optimasi SEO yang diterapkan secara langsung pada konten di semua halaman website. Hal hal yang yang perlu diterapkan pada on page seo yaitu : 

  • Research keyword / riset kata kunci
  • Implementasi konten (judul, deskripsi, permalink)
  • Element – element konten (meta title, meta description, meta tag, alt img, dll)
  • Link internal (link yang mengarah ke halaman internal lain)

Apabila telah menerapkan hal tersebut sudah menerapkan dasar dasar SEO sesuai dengan kata kunci yang telah ditargetkan. Selengkapnya tentang SEO on Page bisa anda baca pada: SEO On Page: Pengertian dan Cara Penerapannya

Off page SEO

Off Page Seo adalah optimasi dari website lain atau external link. Salah satunya seperti menyisipkan link website pada website lain. Hal hal yang perlu diterapkan pada off page seo yaitu :  

  • Link Building (menampilan url website kita melalui website lain atau membagikannya di website lain)
  • Meningkatkan DA / PA ( meningkatkan domain authority dan page authority)
  • Social media share (membagikan url melalui media sosial)

Dengan penerapan off page seo, akan mempermudah dan meningkatkan kredibilitas website sehingga akan mudah berada di posisi pertama mesin pencarian. Selengkapnya tentang SEO Off Page bisa Anda baca pada : Apa itu Backlink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Teknis SEO

Teknis SEO adalah optimasi dari sisi website, berbeda dengan on page seo yang berfokus pada konten, teknis seo akan lebih cenderung pada konfigurasi yang akan digunakan. Hal hal yang perlu diterapkan pada teknis seo yaitu : 

  • User interface
  • Kecepatan website
  • Struktur website
  • Sitemap
  • SSL / HTTPS 
  • Artikel bermanfaat

Dengan penerapan teknis seo, akan mempermudah pengunjung saat mengaksesnya seperti pemilihan user interface yang nyaman dan juga website tidak lambat akan meningkatkan jumlah pengunjung.

Local SEO

Local SEO adalah optimasi seo dari segi lokasi / geografis terdekat yang dapat melengkapi pada pencarian google seperti google maps, semakin lengkap informasi nya akan semakin mudah ditemukan.

Selengkapnya tentang Local SEO bisa Anda pelajari pada : Apa itu Local SEO – Pengertian dan Manfaatnya Bagi Website

WordPress SEO

Bila Anda baru saja membuat website berbasis WordPress dan ingin melakukan optimasi SEO, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Mulai dari kecepatan loading pada website, optimasi artikel, riset keyword hingga penggunaan plugin yang tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pelajari, terkait WordPress SEO.

1. Membuat konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas sangatlah penting dalam optimasi SEO pada website. Dengan demikian, konten harus berkualitas, menarik, bermanfaat dan membantu pengunjung agar mudah dipahami sesuai dengan topik yang dibahas.

Konten yang berkualitas merupakan faktor utama yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencari seperti Google Search. Ketika pengguna mencari informasi atau produk di internet, mereka cenderung memilih website yang memberikan konten yang relevan, bermanfaat, dan mudah dipahami. 

Penulisan pada konten perlu diperhatikan seperti penempatan judul atau heading dari h1, h2, h3, dst, penambahan alt image pada gambar, penulisan yang lengkap dan mudah dipahami oleh pembaca, menambahkan internal link dalam konten.

2. Riset kata kunci / keyword

Tujuan melakukan riset kata kunci adalah untuk mendapatkan keyword yang relevan, serta menargetkan keyword dengan volume pencarian terbanyak. Keyword memiliki 2 jenis, yaitu short-tail keyword dan long-tail keyword. Berikut penjelasannya.

Short-tail keyword

Short-tail keyword adalah keyword yang singkat, biasanya hanya memiliki satu hingga dua kata kunci saja dan biasanya memiliki persaingan yang sangat tinggi. Contoh short-tail keyword adalah “hosting murah” seperti gambar berikut ini.

Short-tail keyword

Long-tail keyword 

Long-tail keyword adalah keyword yang memiliki kata kunci lebih dari 3 kata kunci. Long tail keyword sangat membantu untuk mempercepat pencarian google di halaman pertama dikarenakan persaingan keyword ini sangatlah sedikit.

Contoh long-tail keyword adalah “Cara Menghubungkan WordPress Dengan Google Analytics” seperti gambar berikut ini.

Long-tail keyword

Selengkapnya tentang riset Keyword dapat Anda pelajari pada artikel berikut.

3. Optimasi Kecepatan Website

Pengoptimalan kecepatan website sangat penting karena pengunjung cenderung cepat bosan jika website tersebut lambat saat diakses. Akibatnya, mereka mungkin akan meninggalkan website dan mengurangi tingkat kunjungan.

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk memeriksa tingkat kecepatan website adalah Google PageSpeed Insights. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi link berikut: Cara Menggunakan Google Pagespeed Insights

Optimasi kecepatan pada website dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya seperti menggunakan plugin. Berikut ini beberapa cara optimasi WordPress menggunakan plugin dan pastikan hanya menggunakan salah satu plugin saja agar tidak terjadi corrupt dengan plugin lain

Berikut ini beberapa cara lain melakukan pengoptimalan website.

  • Menggunakan hosting atau server yang mumpuni. Cobalah gunakan hosting Rumahweb dengan Web Accelerator untuk meningkatkan kecepatan website Anda.
  • menggunakan theme yang ringan dan seo friendly.
  • mengurangi plugin yang tidak terlalu digunakan.
  • menggurangi load page pada sebuah halaman.
  • melakukan compress pada image.

4. Template yang ringan

Template yang ringan dan seo friendly sangat membantu dalam mengoptimalkan seo pada website salah satunya dari segi kecepatan saat diakses, selain itu antarmuka atau tampilan yang menarik akan membuat nyaman pengunjung saat membaca artikel atau berita yang dibahas. 

Berikut ini beberapa cara konfigurasi menggunakan theme yang ringan & seo friendly:

5. Plugin SEO

Konfigurasi SEO menggunakan plugin seo akan mempermudah dalam mengoptimalkan seo pada website. Anda dapat mengatur meta tag, judul halaman, deskripsi, dan kata kunci yang relevan dengan konten Anda. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan untuk mengoptimalkan struktur URL, membuat sitemap, dan mengatur tautan internal dengan mudah serta mendaftarkan ke google search console.

Berikut ini beberapa cara konfigurasi menggunakan plugin seo dan pastikan hanya menggunakan salah satu plugin seo saja agar tidak terjadi corupt: 

Kesimpulan

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau dalam bahasa indonesia dapat disebut “pengoptimalan mesin penelusuran atau pencarian”. Penerapan SEO pada sebuah website sangatlah penting dalam melakukan strategi digital marketing yaitu untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi.

Demikian pembahasan mengenai SEO pada website., Semoga bermanfaat. Apabila anda menemui kendala atau kesulitan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui fitur livechat, telephone atau melalui email ke [email protected].

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Dito Priwanto

banner Pop Up - Hosting 99K