Rumahweb Journal
banner - Cara Reset Password cPanel

Cara Reset Password cPanel Hosting di Rumahweb

cPanel adalah control panel yang digunakan untuk mengelola akun web hosting. Dengan cPanel, Anda bisa membuat email, mengelola file website hingga database. Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengguna adalah lupa password cPanel. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang bagaimana melihat user dan password cPanel dan cara reset password cPanel di Rumahweb.

Sebelum kami bahas tentang cara reset password cPanel, terlebih dahulu kami mengulas sedikit tentang apa itu cPanel agar Anda lebih memahami panduan yang kami buat. Simak informasi berikut ini.

Apa Itu cPanel?

cPanel adalah salah satu control panel yang dapat digunakan untuk mengelola web hosting. Dengan cPanel, Anda bisa membuat email, mengelola file website, membuat dan mengelola database, serta mengelola fitur keamanan pada hosting.

cPanel menjadi control panel yang paling banyak digunakan oleh penyedia hosting saat ini, karena memiliki fitur yang lengkap dan user-friendly. Dengan user interface yang intuitif, cPanel dapat digunakan oleh siapa saja, baik pemula maupun profesional.

Selengkapnya tentang apa itu cPanel beserta penjelasan tiap fiturnya dapat Anda pelajari pada artikel berikut: Apa itu cPanel?

Reset Password cPanel Hosting

Bagi Anda yang lupa username dan password cPanel, Anda bisa login ke halaman Clientzone untuk melihat informasi credentialnya. Informasi credential cPanel bisa Anda lihat pada menu Hosting > Manage > Information Account.

Bagi Anda yang ingin melakukan reset password cPanel, berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke Clientzone dengan menggunakan email dan password yang Anda daftarkan di Rumahweb.
  2. Setelah login, klik menu Hosting > Klik tombol Manage pada hosting yang akan Anda kelola.
menu manage hosting
  1. Di bagian ‘Information Account’, terlihat Username dan Password cPanel hosting Anda saat ini. Di halaman ini, Anda juga bisa login cPanel dengan klik tombol “Login to cPanel”.
informasi username dan password cPanel hosting
  1. Untuk merubah password cPanel hosting, silahkan klik menu “Change Password” seperti gambar berikut:
cara reset password cpanel hosting
  1. Gunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka, dan tanda baca atau spesial karakter. Kami sarankan agar Anda menggunakan minimal 8 karakter pada kolom new password. Saran dan tips penggunaan password bisa Anda baca pada artikel berikut: buat password yang kuat
reset password cpanel
  1. Jika ada keterangan Password Changed Successfully! Berarti password telah berhasil di reset. Silahkan dicoba kembali login ke cPanel menggunakan password yang baru.
reset password cpanel telah berhasil

Sampai tahap ini, proses reset password akun cPanel hosting di Rumahweb telah selesai.

Bagi Anda yang berlangganan VPS cPanel, reset password cPanel dapat dilakukan melalui WHM. Pelajari artikel berikut untuk informasi lebih lanjut: reset password cPanel melalui WHM

Demikian artikel kami tentang cara reset password cPanel hosting dari halaman Clientzone Rumahweb. Jika temui kendala dalam proses reset password hostingnya, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui Livechat atau Open ticket melalui Clientzone. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 9

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.