Deploy Yii Framework Plesk Panel

Deploy Yii Framework Plesk Panel

Yii merupakan salah satu framework PHP dengan system desain MVC (Model-View-Controller), yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis website. Sebelum website Yii Anda upload ke hosting, pastikan terlebih dahulu script websitenya sudah selesai dibuat di localhost dan bisa berjalan dengan baik.

Apabila sctipt website Anda sudah siap diupload ke hosting, silakan mengikuti panduan cara upload Yii ke plesk panel Rumahweb berikut.

  1. Menyesuaikan struktur direktori

Struktur direktori pada Yii :

Buat folder baru dengan nama “yii-system”, kemudian pindahkan semua file dan folder ke folder “yii-system” kecuali folder “web”.

2. Upload file Yii ke hosting.
Silakan login dahulu ke Plesk Panel melalui halaman clientzone.

Setelah file Yii di upload, silahkan pindahkan folder “yii-system” ke Home Directory file manager plesk panel. Setelah itu, keluarkan isi folder “web” langsung ke dalam folder dokumen root utama domain atau sub domain (contoh dari sub domain).

3. Edit file index.php dan sesuaikan path pemanggilan folder “yii-system” yang sudah dipindahkan ke home directory.

Apabila semua sudah sesuai, website Yii akan berhasil diakses dengan baik.

Sekian panduan Deploy Yii Framework Plesk Panel ini. Untuk Yii framework tutorial yang lain akan kami bagikan dilain kesempatan. Bila mengalami kendala pada proses diatas. Jangan sungkan dan ragu untuk menghubungi tim Technical Support kami. Kalian dapat menghubungi kami melalui live chat dan email atau open ticket. Jangan lupa juga melampirkan screenshoot error atau kendala yang dialami.

Semoga dapat membantu. 🙂

Mengaktifkan App Password Gmail Setting SMTP

Cara Mengaktifkan Apps Password SMTP Gmail

Ketika akun Google Anda menggunakan 2 step verification, hal ini akan berimbas ketika Anda sedang menggunakan email tersebut untuk setting SMTP mail. Selain itu, dampak akan terasa juga ketika Anda melakukan setting emailnya ke aplikasi mail client seperti outlook atau yang sejenisnya. Lantas bagaimana solusinya ?

Supaya akun Google yang mengaktifkan 2 step verification dapat digunakan untuk setting autentifikasi SMTP atau dikoneksikan ke aplikasi email client seperti outlook atau yang lainnya , maka Anda dapat melakukan setup APP Password. Dengan cara ini password yang digunakan pada SMTP dan aplikasi outlook bisa berbeda dengan password login akun Google Anda.

Untuk mengaktifkan APP Password Google sangatlah mudah. Silahkan login ke pengaturan akun Google Anda melalui halaman ( https://myaccount.google.com/ ) . Setelah login, silahkan masuk ke menu security yang ada di samping kiri layar.


Setelah itu, masuk ke halaman security settings, dan silahkan periksa bagian “Signing in to Google” dibawah 2 step verification. Bila sudah aktif akan ada “APP Passwords”

Klik pada bagian App Passwords tersebut. Bila ada perintah untuk login kembali, silakan login. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti screenshot berikut.

Pada bagian “select app” silahkan pilih “mail”. Kemudian pada pilihan “Select devices” silakan dipilih Other dan masukkan nama setting app password tersebut.

Klik GENERATE untuk mendapatkan password aplikasinya. Selanjutnya akan muncul password aplikasi yang berhasil digenerate seperti gambar berikut.


Gunakan password yang tampil dengan kolom kuning tersebut pada aplikasi / SMTP yang akan digunakan. Password tersebut tidak menggunakan spasi, sehingga jika di copy paste tidak akan ada spasi seperti yang muncul.

Demikian panduan Rumahweb tentang generate app password Gmail untuk keperluan setting SMTP. Bila Anda menjumpai kendala atau memiliki pertanyaan terkait setting ini, silakan menghubungi support Rumahweb untuk dibantu pengecekannya. Selamat mencoba!

Panduan Restore Softaculous Backup di cPanel

opengraph - Panduan Restore Softaculous Backup di cPanel

Backup adalah hal yang sangat penting bagi, untuk memastikan bahwa website akan aman jika mengalami error atau perubahan tertentu. Setelah Anda selesai membangun sebuah website, sangat disarankan untuk membuat backup, sehingga apabila di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, Anda masih memiliki master dari website yang masih normal.

Continue reading “Panduan Restore Softaculous Backup di cPanel”

Menghapus Email Di Folder Trash Menggunakan Cron Job

Menghapus Email Pada Folder Trash Menggunakan Cron Job

Bagi Anda pengguna VPS cPanel yang mendapati server penuh karena disebabkan banyaknya email yang tersimpan di folder trash, Anda tidak perlu repot menghapusnya satu persatu. Anda dapat dengan mudah menghapus email trash menggunakan cron job seperti informasi berikut.

Seperti diketahui bersama, untuk menghapus email bisa dilakukan melalui menu cPanel email disk usage. Namun Anda perlu melakukannya satu per satu di domain yang Anda miliki. Lantas, bagaimana cara tercepat untuk menghapus semua email yang masih tersimpan difolder trash ? Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan cron job. Berikut script yang dapat digunakan:

Untuk isian “UserCpanel” silahkan diganti dengan nama user cpanel akun yang digunakan. Cron ini akan menghapus semua email trash yang ada pada cPanel akun hosting. Cron ini dapat dijalankan satu kali tiap dini hari sesuai panduan yang ada di halaman Panduan Setting Cron Jobs di cPanel. Berikut salah satu contoh cron job yang sudah dibuat:

Menghapus Email Pada Folder Trash Menggunakan Cron Job

Demikian panduan menghapus email pada folder trash menggunakan cron job, semoga bermanfaat. Seperti biasa, bila ada kendala atau pertanyaan silakan menghubungi support Rumahweb untuk dibantu cek.

Menghapus Link Malware Pada Post Artikel WordPress Melalui phpMyAdmin

Menghapus Link Malware Pada Post Artikel WordPress Melalui phpMyAdmin

Pengelolaan web yang kurang tepat (seperti menggunakan WordPress, plugin, dan theme versi lama yang tidak terupdate, serta menggunakan plugin atau theme dari sumber yang tidak resmi/script nulled) dapat menyebabkan website rentan terkena hack atau tersusupi malware.

Continue reading “Menghapus Link Malware Pada Post Artikel WordPress Melalui phpMyAdmin”