Mengakses Email melalui Webmail

Setelah membuat email account, hal yang -normalnya- dilakukan selanjutnya adalah mengakses alamat email yang baru saja dibuat.

Cara paling mudah untuk mengakses alamat email ini adalah melalui web browser. Mudah, karena Anda tidak perlu melakukan instalasi software tambahan pada PC Anda hanya untuk mengakses ke alamat email. Fitur ini disebut juga dengan nama webmail dan memang sudah tersedia secara cuma-cuma pada layanan Cloud Hosting di Rumahweb. Yuk, kita simak langkah-langkah untuk akses email melalui webmail :

  1. Webmail dapat diakses melalui https://namadomainanda.com/webmail
  2. Setelah diakses, akan muncul form ‘Email Address’ dan ‘Password’. Pada kolom ‘Email Address’, silahkan diisikan dengan alamat email yang baru Anda buat (secara penuh, termasuk nama domainnya). Lalu pada kolom ‘Password’, isikan dengan password dari alamat email tersebut.
  3. Setelah login, Anda akan menemukan 3 pilihan aplikasi webmail yang dapat digunakan, yaitu :
    • Horde
    • Roundcube
    • Squirrelmail

    Pada tulisan kali ini, kita pilih Squirrelmail.

  4. Untuk mencegah ketiga pilihan aplikasi ini tetap muncul setelah Anda login ke webmail, Anda dapat mengklik pada ‘Set as Default’ dari aplikasi yang ingin terus Anda gunakan.
  5. Setelah itu, klik pada kotak Squirrelmail
  6. Anda akan langsung diarahkan ke opsi penggunaan Nama dan Alamat Email. Pada kolom ‘Full Name’, silahkan diisikan dengan nama Anda atau nama yang ingin ditampilkan pada email Anda. Setelah itu, klik tombol ‘Submit’.
  7. Anda akan langsung diarahkan ke Inbox dan sudah dapat menggunakan alamat email Anda melalui webmail.

Menghapus Themes WordPress Melalui Halaman Dashboard

OG WordPress Themes

Apabila Anda menggunakan cms WordPress dan sudah menginstal banyak themes namun tidak digunakan, alangkah baiknya themes tersebut dihapus. Penghapusan tersebut agar tidak memperbesar penggunaan resource website terutama resource di sisi penggunaan space hosting.

Berikut langkah-langkah menghapus themes dari halaman dashboard CMS WordPress :

Silahkan login ke halaman dashboard WordPress, kemudian ke menu appearances dan klik themes.

Menghapus Themes WordPress Melalui Halaman Dashboard image 1

Setelah itu silahkan klik themes yang akan dihapus. Dalam tutorial ini kami akan menghapus themes twenty fifteen.

Menghapus Themes WordPress Melalui Halaman Dashboard image 2

Setelah itu klik delete di bagian kanan bawah.

Menghapus Themes WordPress Melalui Halaman Dashboard image 3

Kemudian klik Ok.

Menghapus Themes WordPress Melalui Halaman Dashboard image 4

Selesai, themes sudah terhapus dari panel WordPress Anda. Mudahkan untuk menghapus theme WordPress melalui dashboard. Selamat mencoba. 🙂

Error Module ‘suhosin’ already loaded Pada Framework Code Igniter

Cara Setting Email SMTP Codeigniter di Rumahweb

Saat mengupload Code Igniter, seringkali muncul error “Error Module ‘suhosin’ already loaded”. Hal ini disebabkan secara default setting environment pada Code Igniter masih terseting pada mode ‘development’. Untuk menghilangkan error ini dapat melakukan pergantian environment ke mode ‘production’. Perubahan dilakukan pada file index.php yang ada pada folder utama Code Igniter (biasanya pada folder public_html) pada baris ke 56 sesuai contoh berikut:

diganti ke berikut:

Cukup mudah bukan, untuk mengatasi kendala Error Module ‘suhosin’ already loaded. Jika masih alami kendala, silahkan menghubungi support Rumahweb untuk informasi lebih lanjut.