Rumahweb Journal
divi image rumahweb

Theme Divi: Fungsi, Fitur hingga Cara Menggunakannya

Theme Divi adalah salah satu theme WordPress yang paling banyak digunakan. Selain karena kemudahannya, tersedia begitu banyak template yang bisa digunakan secara mudah.

Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang theme Divi, mulai dari fitur hingga cara menggunakannya. Berikut informasi selengkapnya.

Mengenal Theme Divi

Divi adalah salah satu theme WordPress Premium yang dibuat oleh ElegantThemes, salah satu perusahaan pembuat theme dan plugin pada WordPress. Theme Divi pertama kali dirilis pada 11 Desember 2013 dan hingga kini menjadi salah satu theme dengan pengguna terbanyak.

Theme Divi memiliki fitur unggulan yaitu visual builder yang memungkinkan pengguna membuat landingpage menggunakan sistem “drag & drop”, serta dilengkapi dengan beberapa pilihan modul pendukung di dalamnya.

Sebagian besar tema WordPress memiliki batasan, seperti kita hanya dapat mengatur tata letak dan struktur secara terbatas, namun tidak dengan Divi, opsi tata letak tidak akan dibatasi.

Kita dapat membangun halaman dan postingan di WordPress dengan layout yang kita inginkan. Kita juga dapat melakukan kustomisasi setiap elemen yang disediakan oleh Divi dibagian section.

Selain itu, theme Divi juga memungkinkan kita untuk menyimpan tata letak yang sudah pernah kita buat sebelumnya sebagai sebuah preset yang dapat digunakan kembali nantinya. Tentunya dapat menghemat waktu dan tenaga kita untuk membuat landingpage.

Fitur Divi

Berikut adalah fitur yang bisa Anda gunakan pada theme Divi.

  1. Drag & Drop Building: kita dapat melakukan drag and drop layout atau blok widget ke halaman kanvas editor, tanpa memerlukan coding atau pengaturan di sisi backend.
  2. True Visual Editing: dapat melakukan editing secara realtime dan dengan hasil yang instan, juga dapat melakukan kustomisasi dengan alat visual editing yang disediakan.
  3. Custom CSS Control: sebagai web developer kita dapat mudah menggabungkan css dari divi dengan css yang telah kita buat sendiri, karena kita akan mendapatkan akses penuh ke kustomisasi css website.
  4. Responsive Editing: divi memiliki tema yang sangat responsif, kita dapat mengatur bagaimana website kita tampil di rasio layar yang berbeda, seperti tablet dan handphone.
  5. Design Options Galore: disediakan berbagai tema dan halaman unik yang sudah jadi, kita dapat mengubah konten sepenuhnya tanpa harus membuat halaman web dari awal.
  6. Inline Text Editing: dapat mudah melakukan editing pada teks dan kutomisasi font.
  7. Save & Manage Your Designs: dapat menyimpan templat/preset halaman yang sudah dibuat yang nantinya dapat digunakan kembali untuk menghemat waktu tanpa menata layout dari awal.
  8. Global Elements & Styles: kita dapat mengelola seluruh desain di website kita dengan elemen global yang tersedia, divi bukan hanya pembuat halaman web, Divi adalah sistem desain website.
  9. Undo, Redo, & Revisions: Divi berfungsi seperti aplikasi perangkat lunak modern. kita dapat membatalkan, ulangi, dan telusuri seluruh riwayat pengeditan kita dengan mudah. Jika kita membuat kesalahan, dapat mengembalikan ke tampilan sebelumnya.

Cara Klaim Theme Divi di Rumahweb

Kami menyediakan Theme Divi premium gratis bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb. Berikut daftar paket hosting yang dapat mengklaim instalasi Theme Divi premium gratis di Rumahweb :

Catatan:
Instalasi Theme/Plugin WordPress Premium gratis hanya dapat dilakukan pada domain utama, dan WordPress harus berada di directory public_html. Tidak berlaku untuk addon domain maupun subdomain.

Untuk mengklaim instalasinya, Anda dapat membuat Ticket melalui halaman Clientzone. Pada email atau ticket, Anda bisa menyertakan nama domain, username dan password wp-admin, beserta nama theme atau plugin yang ingin dibantu install.

Daftar theme dan plugin Premium WordPress gratis di Rumahweb bisa dilihat pada halaman berikut: Lihat daftar

Membuat layout website menggunakan Divi

Ada setidaknya 3 opsi yang bisa Anda pilih, untuk membuat tampilan website dengan theme Divi. Berikut opsinya;

1. Chose A premade Layout

Opsi Menggunakan premade layout adalah menggunakan beberapa theme dan layout yang telah disediakan oleh Divi, terdapat halaman Home, Service, Contact, Profile, Dll.

Kita dapat membuat beberapa halaman sekaligus, dengan opsi premade layout ini. Hal ini dapat memudahkan kita yang masih pemula untuk membuat website, karena kita hanya memilih template dan mengeditnya secara langsung dengan mudah.

Selengkapnya tentang premade layout bisa Anda pelajari melalui artikel berikut.

2. Build From Strach

Opsi Build from strach cocok digunakan, jika kita ingin mendesain layout atau tampilan website kita secara custom dari nol. Opsi ini memungkinkan kita untuk melakukan kustomisasi sesuai yang diinginkan.

Pada opsi ini fitur choose template tidak tersedia, namun Divi menyediakan beberapa tools untuk memudahkan kita mulai membangun layout sendiri, mulai dari fitur post, slider, galerydivi, dll bisa Anda gunakan untuk menyusun layout.

3. Clone Existing Page

Pada pilihan ini, kita dapat memilih pages/halaman yang sudah kita buat sebelumya. Apabila pada saat menggunakan premade layout kita memilih halaman “about”, kita dapat membuat halaman lain dengan isi dan tampilan yang sama persis, hanya tinggal memilih pages mana yang ingin kita dupliikat.

Dasar fitur Visual Builder

Kelebihan theme Divi terletak pada fitur Visual Builder, yaitu fitur yang digunakan untuk membuat halaman dengan sistem drag & drop serta pengaturan elemen konten yang sama mudah.

Builder Divi tersusun atas tiga bagian utama yaitu Blok, Baris dan Modul.

Blok

Blok dapat diartikan sebagai kerangka, yaitu bangunan paling dasar dan sebagai layout yang digunakan dalam mendesain tata letak pada Divi Builder. Kerangka atau blok digunakan untuk membuat grup content, dimana dalam satu blog dapat tersusun beberapa element.

Ada tiga jenis blok yaitu Reguler, Khusus, dan Lebar Penuh. Bagian reguler terdiri dari baris kolom, sementara bagian Lebar Penuh terdiri dari modul lebar penuh yang memperluas seluruh lebar layar. Sedangkan bagian khusus memungkinkan tata letak bilah sisi yang lebih optimal.

Baris

Baris ada didalam bagian divi dan kita dapat menempatkan sejumlah baris di dalam bagian. Ada banyak jenis kolom yang berbeda untuk dipilih. Setelah kita menentukan struktur kolom untuk barisan , kemudian kita dapat menempatkan modul ke dalam kolom yang diinginkan. Tidak ada batasan jumlah modul yang dapat kita tempatkan di dalam kolom. 

Modul

Modul adalah elemen konten yang membentuk situs web Kita. Setiap modul yang dimiliki Divi dapat masuk ke dalam lebar kolom apa pun dan semuanya sepenuhnya responsif, seperti text, video, dan widget lainnya yang telah disediakan divi.

Cara menggunakan Theme Divi

Karena sebelumya kita telah membuat halaman divi menggunakan Premade Layout, maka kali ini kita akan membuat divi menggunakan opsi Build From Stracth atau membuat landing page dari awal.

1. Membuat Pages

Klik menu Pages > Add Pages. Lalu berikan judul pages. Pada panduan ini, kami memberikan contoh halaman demo yang nantinya digunakan sebagai halaman utama dari website kita.

membuat page divi
  1. Apabila kita pertama menggunakan Divi, maka akan tampil opsi welcome dari divi dan kita dapat lewati saja dengan start building.
theme divi tour
  1. Pada langkah berikutnya terdapat 3 opsi untuk membuat web, kita dapat memilih opsi yang pertama.
tipe pembuatan page divi
  1. Setelah kita masuk ke halaman editor, kita dapat membuat baris pertama, Untuk menambahkan baris, klik tombol hijau (+) di dalam bagian kosong mana pun, atau klik tombol hijau (+) yang muncul saat mengarahkan kursor ke baris saat ini untuk menambahkan baris baru di bawahnya. 
membuat baris
membuat kolom

Modul dapat ditambahkan di dalam baris, dan setiap baris dapat menampung sejumlah modul. Modul adalah elemen konten halaman kita.

  1. Untuk menambahkan modul, klik tombol abu-abu (+) yang ada di dalam kolom kosong mana pun atau klik tombol abu-abu (+) yang ada saat mengarahkan kursor ke modul pada halaman untuk menambahkan modul baru di bawahnya. Setelah kita mengklik tombol, kita akan disambut oleh daftar modul.
menambahkan modul divi

Pada kali ini kita akan menambahkan modul Text, modul text berfungsi untuk menampilkan text di dalam halaman website builder, kita juga dapat melakukan kusrtomisasi pada text yang telah kita deploy.

membuat heading pada divi
  1. Kita dapat membuat Section baru dengan cara klik tombol + hijau dan kita dapat memilih tiap row terdapat modul seperti foto gallery.
  1. Untuk menambahkan video dari youtube ke halaman website, kita dapat memilih modul video pada baris divi.
modul video divi
video youtube divi
  1. Kita juga dapat menampilkan halaman blog/postingan ke dalam halaman web dengan menggunakan modul blog, maka akan otomatis menampilkan postingan yang telah dibuat sebelumya dengan metode latest post.
modul blog divi
blog divi

2. Menyimpan tata letak ke Library

Setelah halaman yang kita susun selesai, kita bisa menyimpan konsep tata letak halaman tersebut agar bisa digunakan untuk halaman lainnya. Caranya, kita bisa menyimpan tata letak di Divi library.

Untuk menyimpan item ke library, klik ikon pustaka yang ada saat mengarahkan kursor ke elemen apa pun dan di dalam bilah pengaturan halaman. Setelah item ditambahkan ke perpustakaan, list tersebut akan muncul di kolom“Tambah Dari Perpustakaan” pada saat Anda ingin menggunakan desain tersebut kembali di halaman baru.

menyimpan layout divi ke lbrary

Demikian artikel kami tentang apa itu Theme Divi hingga cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Andika Dwi Setyawan

Dika is a System Administrator, passionate about Linux, Networking, Cyber security and much love with Arista.