Rumahweb Journal
WP Rocket Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress

WP Rocket : Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress

Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website berbasis WordPress. Seperti kompresi gambar, html, css, memakai themes ringan, memakai plugin cache, memakai sedikit plugin, dan lainnya. Bagi pengguna WordPress, kita sangat dimudahkan dengan tersedianya banyak plugin cache. Salah satu yang paling unggul adalah wp Rocket.

Dengan Anda memakai plugin WP Rocket, kinerja website akan semakin cepat sehingga meningkatkan score SEO pada website Anda, untuk mendapatkan peringkat terbaik di search engine.

Kabar baiknya, plugin Premium ini bisa Anda dapatkan secara Gratis di Rumahweb. Bagi Anda pengguna layanan Shared Hosting (paket small keatas), Unlimited Hosting, WordPress Hosting (3 cloudlet keatas) dan Cloud Hosting, berhak mengklaim instalasi plugin ini ke Rumahweb.

1. Mengenal WP Rocket

WP Rocket adalah plugin cache WordPress berbayar. WP Rocket memiliki performa tinggi, yang diklaim dapat meningkatkan kecepatan pemuatan website setelah aktivasi plugin.

Selain itu plugin cache ini mudah digunakan, dan memiliki dukungan tim support handal. Dalam situsnya, WP Rocket telah digunakan 1 juta lebih website.

2. Keunggulan WP Rocket

  • Cached Pages, Ultra-Fast Loading Time

WP Rocket menyimpan cache halaman website Anda dengan membuat HTML statis untuk memudahkan pengunjung mengaksesnya. Juga menerapkan cache browser, meminta browser menyimpan file yang biasa digunakan tetapi jarang diperbaharui dalam memori cache lokal.

  • Make Your Files Lighter

Waktu pemuatan website ditentukan oleh besarnya file diunggah. Dengan plugin WP Rocket, file yang diproses situs Anda akan dibuat lebih kecil karena menggabungkan file CSS dan JS, sehingga membuatnya lebih ringan dan lebih cepat.

  • Media Files Loaded Only When Needed

WP Rocket dibekali dengan LazyLoad, yang berfungsi untuk menunda pemuatan gambar atau iframe. Penundaan pemuatan ini dapat mengoptimalkan kinerja website agar lebih cepat. Selain itu juga menghemat bandwidth pengguna karena tidak perlu mendownload semua gambar.

  • CloudFlare

WP Rocket sudah terintegrasi dengan CloudFlare, bagi Anda yang menggunakan layanan CDN server, serta mitigasi DDoS untuk keamanan internet dan untuk fitur optimasi kecepatan loading website. Untuk informasi Cloudflare selengkapnya, Anda bisa membuka artikel kami yang membahas tentang kelebihan CloudFlare.

  • Database

WP Rocket menyediakan serangkaian opsi untuk mengoptimalkan database website Anda. Fitur ini juga berfungsi untuk membersihkan resource yang tidak terpakai, sehingga pemuatan bisa lebih cepat.

3. Cara setting WP Rocket di WordPress

Seperti yang telah disampaikan diatas, Anda berhak mendapatkan plugin Premium WP Rocket apabila memiliki layanan di Rumahweb dipaket tertentu. Untuk bantuan instalasinya, Anda bisa mengirimkan email ke teknis[at]rumahweb.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Namun jika Anda tidak memiliki layanan hosting di Rumahweb atau karena tidak memenuhi persyaratan mendapatkan plugin WP Rocket. Ada bisa membelinya langsung disitus resminya [https://wp-rocket.me/pricing/]. Kami sangat menyarankan tidak memakai plugin nulled.

Baca juga: Bahaya menggunakan plugin nulled

  1. Install Plugin WP Rocket
    Apabila membeli sendiri dari situs https://wp-rocket.me, silakan login halaman dashboard WP Rocket lalu download plugin
dashboard-wp-rocket-untuk-download-plugin

Kemudian install WP Rocket di dashboard seperti install plugin di wp-admin biasa.

  1. Mengenal Dashboard WP Rocket

Halaman dashboard plugin WP Rocket didalam wp-admin, Anda dapat melihat dengan jelas jenis lisensi pluginya.

dashboard wp rocket di wp-admin WordPress
dashboard wp rocket di wp-admin WordPress
  1. Mengatur Cache

Setelah plugin WP Rocket diaktifkan, maka cache juga akan aktif secara default. Tetapi Anda juga bisa mengatur ulang sesuai kebutuhan.

Pengaturan cache di WP Rocket WordPress

Keterangan:

  • Enable caching for mobile devices aktif secara otomatis. Fitur ini digunakan untuk mengaktifkan cache website saat diakses dimobile. Sedangkan fitur Separate cache files for mobile devices defaultnya off. Anda bisa aktifkan hanya jika memiliki tema mobile atau plugin khusus.
  • Aktifkan fitur Enable caching for logged in WordPress users jika website Anda memiliki member. Fitur ini berfungsi untuk membuat satu set cache bagi member. Bagus bagi Anda yang memiliki situs member.
  • Fitur Cache lifespan digunakan untuk mengatur jangka waktu cache disimpan diwebsite Anda. Defaultnya adalah 10 jam. Anda bisa mengatur sesuai kebutuhan, atau disesuaikan seberapa sering update disitus Anda.
  1. File Optimization (Optimasi File JS dan CSS)

Fitur File Optimization digunakan untuk memperkecil ukuran file JS dan CSS, yaitu dengan cara menghapus spasi dan komentar file.

Fitur ini sangat berguna untuk meringankan load website Anda ketika diakses maupun saat dites di pagespeed.

File Optimization (Optimasi File JS dan CSS) WP Rocket
File Optimization (Optimasi File JS dan CSS) WP Rocket

Anda yang memiliki website dengan tingkat kunjungan tinggi. Fitur ini penting untuk diaktifkan. Centang dibagian Minify CSS dan Minify JavaScript.

  1. Lazy Load Media

Lazy Load Media menjadi salah satu fitur unggulan pada plugin WP Rocket. Berfungsi untuk menunda pemuatan gambar, video, dan iframe secara aktual. Untuk mengurangi request HTTP sehingga menghemat bandwidt.

Pada website biasa semua gambar dalam satu halaman akan dimuat dalam satu kali waktu. Dengan fitur Lazy Load Media, gambar, video, dan iframe hanya akan dimuat saat pengunjung melihatnya. Sehingga bisa meningkatkan kecepatan website.

Fitur Lazy Load Image dari WP Rocket untuk meningkatkan kecepatan website
Fitur Lazy Load Image dari WP Rocket untuk meningkatkan kecepatan website

Keterangan:

  • Lazy load images. Centang bagian ini, untuk mengaktifkan Lazy Load disemua images website Anda.
  • Lazy load iframes and videos. Bagian ini berfungsi untuk mengaktifkan Lazy Load untuk iframes dan video.
  • Replace YouTube iframe with preview image. Fitur ini berfungsi untuk mengganti iframe Youtube dengan gambar pritinjau. Jika website Andapunya banyak konten iframe Youtube. Fitur ini sangat cocok diaktifkan untuk mempercepat halaman website.
  • Image Dimensions. Fitur ini membantu mencegah pergeseran tata letak saat halaman website dimuat. Hal ini mencegah pengalaman buruk saat mengunjungi website.
  • Disable WordPress embeds. Fitur ini berfungsi untuk mencegah pengguna menyematkan (embedding) ke konten website Anda.
  1. Preload Cache

Ketika Anda mengaktifkan fitur Preload, WP Rocket akan membuat cache yang dimulai dari beranda diikuti peta situs yang ditentukan. Secara default Preload di WP Rocket telah aktif.

Mengaktifkan preload pada wp rocket di WordPress
Mengaktifkan preload pada wp rocket di WordPress
  1. Advanced Rules

Didalam tab Advanced Rules Anda dapat mengatur cache website lebih leluasa. Yaitu mengatur halaman apa saja yang tidak ingin dicache, cookies, user agents (browser dan tipe device).

Fitur ini biasanya dibutuhkan oleh pemakai WordPress advanced. Untuk pemakaian biasa, Anda bisa memakai pengaturan default dari WP Rocket.

Mengatur Advanced Rules pada WP Rocket
Mengatur Advanced Rules pada WP Rocket
  1. Database Optimize

Pada deretan fitur WP Rocket, selanjutnya adalah Database. Fitur ini berfungsi membersihkan resource yang tidak terpakai, sehingga pemuatan bisa lebih cepat. Seperti Post Cleanup, Comments Cleanup, Transients Cleanup, Database Cleanup, bahkan Automatic cleanup (harian, mingguan, dan bulanan).

Mengatur Database Optimize pada WP Rocket
Mengatur Database Optimize pada WP Rocket

Pemakaian database optimize tidak perlu dilakukan terlalu sering, apabila jarang melakukan update konten. Anda bisa memakai fitur penjadwalan optimasi database, agar lebih hemat waktu.

  1. CND (RocketCDN)

Jika target pengunjung website Anda mencakup dalam dan luar negeri, Anda perlu mempertimbangkan memakai CDN (Content Delivery Network). Yang berfungsi untuk mengurangi beban server karena memungkinkan pengunjung mengunduh file website Anda dari lokasi server CND terdekat. Sehingga website Anda jauh akan lebih responsif.

Bagi Anda yang memakai CND server, dapat dihubungkan dengan WP Rocket. Untuk mengaktifkannya centang fitur Enable Content Delivery Network. Atau Anda juga bisa memakai RocketCDN.

RocketCDN di WP Rocket
RocketCDN di WP Rocket

CND ini termasuk fitur untuk pemakaian tingkat lanjut. Apabila tidak memahami metodenya, kami sarankan tidak membuat pengaturan tambahan disini.

  1. Heartbeat

Heartbeat API adalah fitur sangat bagus di WordPress. Yaitu memungkinan browser berkomunikasi dengan server website menggunakan AJAX. Contoh yang sering kita temui, yaitu simpan draft otomatis, pemberitahuan didashboard, informasi penguncian artikel saat editor lain sedang mengerjakan.

Namun dalam beberapa kasus, hal ini membuat konsumsi CPU hosting/server meningkat. Sehingga membuat respon website dan load webiste semakin tinggi.

Dengan fitur Heartbeat pada WP Rocket, Anda bisa mengontrol aktivitas Heartbeat untuk menghemat sumber daya hosting/server.

Heartbeat pada WP Rocket
Heartbeat pada WP Rocket
  1. Add-ons

Selain Anda bisa menghubungkan WP Rocket dengan CDN, Anda juga bisa menghubungkannya dengan Google Tracking, Facebook Pixel, CloudFlare dan lainnya seperti pada gambar dibawah ini.

Add-on di WP Rocket website WordPress
Add-on di WP Rocket website WordPress
  1. Image Optimization

WP Rocket membuat IMAGIFY untuk mengoptimalkan gambar. Kompres gambar diwebsite agar ukuran gambar lebih kecil dan waktu pemuatan halaman lebih ringan.

Untuk memakai fitur ini, Anda diharuskan install IMAGIFY 

Image Optimization fitur di WP Rocket
Image Optimization fitur di WP Rocket
  1. Tools

Tools pada WP Rocket berfungsi untuk export pengaturan WP Rocket. Anda bisa menyimpan pengaturan WP Rocket dalam file JSON. Dan kemudian hari diimport lagi diwebsite yang sama maupun berbeda.

Anda juga bisa melakukan Rollback versi plugin WP Rocket. Apabila ada isu terhadap website Anda.

Tools pada plugin WP Rocket
Tools pada plugin WP Rocket
  1. Tutorials

Tab selanjutnya Tutorial, berisi kumpulan tutorial WP Rocket.

Tutorial pemakaian plugin WP Rocket
Tutorial pemakaian plugin WP Rocket

Kesimpulan

Plugin WP Rocket merupakan plugin unggulan dengan banyak fitur. Anda yang baru memakai bahkan bisa melakukan konfigurasi dengan mudah dan tetap power full. Demikian artikel kami tentang cara meningkatkan kecepatan WordPress menggunakan WP Rocket.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.