Rumahweb Journal
banner blog - Plugin All In One SEO Pack Semua yang Harus Anda Tahu-min

Plugin All In One SEO Pack : Semua yang Harus Anda Tahu

Ada banyak penyedia plugin SEO pada WordPress, seperti Yoast SEO, Platinum SEO hingga All In One SEO. Pada panduan kali ini, kami akan menjelaskan tentang plugin All In One SEO, mulai dari pengertian, instalasi hingga cara settingnya. Berikut selengkapnya.

Apa itu All In One SEO Pack?

All in One SEO Pack adalah salah satu plugin SEO terbaik pada CMS WordPress dan telah di install lebih dari 1 juta pengguna WordPress. Plugin ini dikenal karena memiliki fitur yang lengkap, seperti setting meta tag hingga schema markup.

Tidak hanya itu, fitur-fitur pada plugin All in one seo dinilai cukup baik dalam hasil optimasi website dimata search engine. Selain ada robots generator, ada juga fitur seperti sitemap, schema markup, hingga keyword analysis. Selain itu, plugin ini bisa Anda install secara gratis.

Install Plugin All In One SEO Pack

Berikut kami sampaikan langkah-langkah instalasi plugin AIO Pack pada WordPress.

  1. Silakan login ke dashboard admin WordPress, kemudian pilih menu Plugins > Add New.
cara install plugin all in one seo pack image 1
  1. Pada kolom pencarian silakan ketikkan All in One SEO dan klik tombol Install Now pada plugin All in One SEO Pack dan aktifkan
cara install plugin all in one seo pack image 2

Jika ingin menggunakan Plugin All In One SEO Pack dengan fitur yang lebih lengkap Anda dapat upgrade ke layanan Pro, adapun beberapa setting yang dapat kita manfaatkan untuk versi gratisnya.

Setting Plugin All In One SEO Pack

Setelah plugin All In One SEO aktif, akan muncul menu baru pada WordPress dengan nama ‘All In One SEO’. Hal pertama yang perlu Anda setting adalah halaman home atau homepage. Berikut langkah-langkah settingnya.

Setting page website

  1. Klik Search Appearance pada menu All In One SEO
cara setting plugin all in one seo pack image 1
  1. Pada bagian homepage settings Anda akan melihat Preview, Home Title dan Meta Description.
cara setting plugin all in one seo pack image 2

Preview menunjukkan bagaimana situs Anda mungkin terlihat di hasil pencarian berdasarkan Home Title dan Meta Description yang anda mengatur, untuk mengatur SEO pada Home Page anda dapat menambahakan tag pada form “Home Title” 

Meta description adalah salah satu bagian penting dari optimasi SEO. Meta description berisi informasi kutipan yang akan ditampilkan pada hasil mesin pencarian dari halaman Anda. Anda dapat menambahkan tag dengan berbagai kata kunci yang berhubungan dengan tema website anda. Pengaturan SEO pada home page telah selesai.

Mengaktifkan sitemap

Setting sitemap menggunakan plugin All In One SEO tergolong cukup mudah, pada saat saat plugin tersebut diaktifkan maka secara default sitemap sudah aktif dan memerlukan sedikit pengaturan tambahan.

Sitemap XML berfungsi mencantumkan semua konten Anda. Ini termasuk informasi seperti kapan konten Anda terakhir diubah, salah satu bagian penting dari SEO untuk membantu mesin pencarian menemukan konten Anda dan memberi tahu mereka saat Anda mengubah atau menghapus konten.

  1. Langkah pertama pastikan anda dapat melakukan preview Sitemap XML yang anda gunakan,  klik menu sitemaps pada menu All In One SEO
mengaktifkan sitemap di plugin All in one seo
  1.  Pada tampilan General Sitemap, anda akan melihat bahwa sitemap telah aktif dan jika belum aktif pastikan anda dapat mengaktifkanya, setelah itu klik tombol Open Sitemap untuk melihat sitemaps yang sedang aktif
mengaktifkan sitemap index di plugin All in one seo

Anda akan melihat halaman indeks untuk Sitemap  XML Anda akan terlihat seperti contoh dibawah ini:

hasil sitemap di plugin aio
  1. Konfigurasi Sitemap XML

Jika anda website anda kurang dari beberapa ratus Url, Anda dapat monaktifkan atau mendisable Sitemap Indexes, namun jika anda ragu biarkan Sitemap Indexes tetap aktif

mengaktifkan sitemap indexes

Selanjutnya anda dapat mengatur berapa banyak url yang akan di cantumkan pada setiap sitemap.

links per sitemap

Plugin ini membatasi setiap halaman sitemap menjadi 1000 Url. Jika anda memiliki lebih dari 1000 Url untuk semua jenis konten, plugin ini akan membagi sitemap menjadi beberapa halaman dengan 1000 Url disetiap halamanya

Tujuanya adalah agar membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat setiap sitemap, sehingga mesin pencarian tidak mengalami kegagalan ketika prosesnya terlalu lama.

Setting opengraph

Pada jurnal sebelumnya kami juga memberikan panduan setting Opengraph menggunakan Plugin Open Graph and Twitter Card Setting. Pada plugin All In One SEO juga menyediakan fitur Open Graph, berikut beberapa pengaturanya.

  1. Aktifkan facebook setting dengan cara klik media sosial lalu klik tab facebook
mengaktifkan opengraph di wordpress
  1. Enable Open Graph Markup 
mengaktifkan facebook opengraph
  1. Isi source image yang akan ditampilkan. Kami sarankan Anda untuk menggunakan featured image, sehingga semua feature image pada post akan dijadikan sebagai opengraph.
memilih post opengraph di wordpress
  1. Jika Anda menggunakan default image, Anda bisa mengupload file image defaultnya seperti di bawah ini.
setting default opengraph di wordpress

Untuk opengraph pada Facebook, disarankan untuk menggunakan gambar berukuran 600x315px atau 1200x630px.

Demikian penjelasan kami tentang plugin All in one SEO di WordPress yang bisa Anda ikuti, agar SEO pada website Anda lebih maksimal dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Akbar Wirabattana