Rumahweb Journal

Cara Menampilkan File Tersembunyi (Hidden File) di cPanel

Di cPanel hosting, ada file-file yang tidak ditampilkan atau disembunyikan. File tersebut biasanya memiliki nama yang berawalan dengan tanda dot (titik). Bagaimana cara menampilkan file tersembunyi atau hidden file di cPanel? Caranya sangat mudah. Berikut ini langkahnya.

Apa itu Hidden file

Hidden file dapat diartikan sebagai file yang disembunyikan dalam sebuah sistem. Hidden file biasanya berupa file penting, sehingga karena alasan tertentu file tidak dapat ditampilkan.

Tidak hanya file, Anda juga bisa menyembunyikan folder di sebuah sistem. Sehingga seluruh file yang ada di folder tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain. Namun ada beberapa kondisi, Anda perlu menampilkan file hidden untuk dilakukan perubahan maupun melihat informasi yang disembunyikan tersebut.

Di operating system seperti Windows, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan file atau folder. Cukup klik kanan pada folder/files, pilih properties lalu centang hidden files. Secara otomatis, file atau folder anda akan disembunyikan.

Contoh Hidden file di cPanel

Di cPanel, semua file yang berawalan . (titik) akan disembunyikan. Sebagai contoh file .htaccess yang digunakan untuk mengatur permalink, hingga file .env pada laravel yang digunakan untuk konfigurasi koneksi database.

Karena file tersebut memuat informasi penting pada website atau hosting, maka secara default file tersebut akan di hidden oleh sistem. Lalu apa saja file yang disembunyikan di cPanel? Berikut beberapa file penting yang secara default disembunyikan oleh cPanel.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

.htaccess

File .htaccess adalah file konfigurasi yang disediakan oleh web server Apache. File ini biasa juga digunakan sebagai rule atau pengatur url website. Simak artikel berikut untuk melihat pengaturan file .htaccess diberbagai CMS atau framework : belajari file .htaccess

.cagefs

CageFS adalah virtualisasi file sistem yang digunakan untuk memisahkan user di sebuah server CloudLinux. Tujuannya, untuk mencegah pengguna melihat data user lain di server yang sama, serta melihat informasi yang sensitif.

Selain itu, CageFS digunakan untuk membatasi resource masing-masing user. Sehingga ketika ada salah satu user yang menggunakan resource besar, maka user lain di dalam satu server yang sama tidak akan mengalami efeknya.

Apabila ukuran file .cagefs Anda menghabiskan disk space yang besar, silakan menghubungi support provider hosting Anda untuk dibantu melakukan pemeriksaan.

.trash

Trash adalah directory yang menampung file atau folder yang Anda hapus dari cPanel. Saat Anda menghapus file di cPanel hosting, maka ada popup yang menawarkan apakah file tersebut akan dimasukkan di folder Trash terlebih dahulu, atau dihapus permanen dari hosting. 

.cpanel

Folder .cpanel berisi data cache informasi di cPanel. Terkadang informasi size di disk usage cPanel tidak valid. Untuk membuatnya menjadi valid Anda dapat mencoba dengan merename file ini.

.softaculous

Berisi tentang informasi log fitur Softaculous di cPanel hosting. 

Cara Menampilkan File Hidden

Pada panduan ini, kami menggunakan tema PaperLantern di cPanel terbaru untuk demo. Berikut adalah cara menampilkan file tersembunyi di cPanel.

  1. Login ke cPanel Hosting
    Langkah pertama, silakan login ke cPanel hosting Anda. Login ke cPanel hosting, dapat dilakukan melalui halaman clientzone.rumahweb.com
  2. Klik Menu File Manager
cara-menampilkan-hidden-file-di-cPanel-hosting
  1. Klik Menu Settings
menampilkan hidden file di cPanel hosting

Pada sebelah kanan atas, Anda akan temukan menu Settings. Silakan klik menu Settings tersebut.

  1. Pilih Document Root domain Anda, kemudian ceklist pada Show Hidden Files. Selanjutnya klik Save.
cara menampilkan file tersembunyi atau hidden file di cPanel

Setelah itu, cPanel akan menampilkan semua file yang statusnya disembunyikan.

Cara Membuat File .htaccess

Apabila Anda telah mengikuti langkah-langkah diatas, namun tidak menemukan file .htaccess di directory website Anda, berarti file tersebut belum dibuat. Untuk membuatnya, silakan mengikuti langkah-langkah berikut. 

  1. Klik menu File
    Setelah masuk ke File Manager directory website Anda berada, silakan Klik menu File.
cara membuat file htaccess
  1. Pada Kolom Nama File, isi dengan .htaccess.
membuat file htaccess
  1. Klik Create New File
    Saat ini file .htaccess telah dibuat dan ada di directory website Anda.

Kesimpulan

Hidden file adalah file yang defaultnya disembunyikan. File hidden adalah file yang penting, dan karena alasan keamanan file ini tidak ditampilkan sebelum Anda melakukan pengaturan khusus seperti diatas. 

Itulah panduan cara menampilkan file tersembunyi di cPanel hosting Anda. Hubungi support Rumahweb apabila Anda memiliki pertanyaan terkait produk, layanan atau fitur di hosting Rumahweb. Semoga bisa membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D

banner Pop Up - Hosting 99K