Cloud Hosting dg Dedicated Resource - Rumahweb Indonesia

Cloud Hosting dg Dedicated Resource - Rumahweb Indonesia

Cloud Hosting adalah solusi hosting dengan garansi resource CPU, RAM dan storage, menjamin website dan aplikasi tetap lancar diakses pada saat beban puncak.

Paket Cloud Hosting

Dedicated Storage

Sesuai untuk karakteristik penggunaan space besar namun tidak membutuhkan resource CPU dan RAM yang tinggi. Cocok untuk email hosting dan website yang memiliki banyak gambar, movie, atau file lain dengan tingkat akses yang tidak terlalu tinggi.

CPURAMEntry ProcessNPROCSSD StoragePrice (Monthly) 
0.25 - 1 vCPU1 GB204010 GBRp 120.000ORDER
0.5 - 1 vCPU2 GB204020 GBRp 240.000ORDER
0.75 - 1 vCPU4 GB306030 GBRp 360.000ORDER

Dedicated CPU & RAM

Sesuai untuk website atau aplikasi yang membutuhkan space, CPU, atau RAM yang tinggi. Banyak digunakan untuk sistem informasi, website e-commerce, portal berita, backend aplikasi mobile, dan lain-lain.

CPURAMEntry ProcessNPROCSSD StoragePrice (Monthly) 
1 vCPU2 GB306030 GBRp 470.000ORDER
1.5 vCPU3 GB459045 GBRp 705.000ORDER
2 vCPU4 GB5012050 GBRp 940.000ORDER
3 vCPU6 GB9018090 GBRp 1.410.000ORDER
4 vCPU8 GB120240120 GBRp 1.980.000ORDER
6 vCPU12 GB180360180 GBRp 2.820.000ORDER
8 vCPU16 GB240480240 GBRp 3.760.000ORDER

Cloud Hosting vs VPS

Tidak ada Overhead OS dan Service

Computing resource jadi lebih efisien dan optimal

VPS akan memakai sekitar 128 – 512 MB dari kapasitas memori untuk menjalankan OS dan service (web server, database, dsb.). Berbeda dengan Cloud Hosting, resource CPU dan RAM yang dialokasikan bisa digunakan sepenuhnya untuk menjalankan proses yang Anda butuhkan, tidak ada lagi beban overhead untuk OS dan service.

Bebas Biaya Lisensi

Termasuk cPanel dan Litespeed yang juga digratiskan

Dengan VPS, total biaya yang dibayar jauh lebih mahal karena harus membeli lisensi (cPanel/Plesk, Litespeed, Imunify360) per VPS. Sedangkan untuk Cloud Hosting, pelanggan tidak perlu lagi membeli lisensi karena sudah termasuk dalam paket layanan.

Server dikelola Rumahweb

Fokus mengembangkan website dan aplikasi

Jika menggunakan VPS, Anda dituntut untuk punya skill mengelola server sendiri, mulai dari mengoperasikan OS Linux, memasang dan mengkonfigurasikan web server, database server, dan lain-lain. Dengan memilih Cloud Hosting, Anda bisa lebih fokus pada pengembangan website atau aplikasi karena Rumahweb yang akan mengelola servernya.

Dedicated & Isolated Resource

Bebas gangguan tetangga yang berisik 🙂

Tidak semua layanan VPS memiliki dedicated resource. Kalaupun ada, biasanya dibanderol dengan harga tinggi. Di sisi lain, Cloud Hosting menawarkan resource dengan level komitmen resource yang benar-benar terjamin, tidak ada lagi gangguan karena penggunaan berlebihan dari pelanggan lain dalam server yang sama.

Backup Terjamin

Mengusir rasa khawatir kehilangan data penting

Berbeda dengan layanan VPS yang proses backup data harus dilakukan secara manual, Cloud Hosting punya fasilitas yang memberikan rasa aman dengan melakukan backup secara otomatis dan terjamin setiap minggunya. Anda juga dapat menambahkan opsi backup harian selain backup mingguan yang kami tawarkan.

Fitur Cloud Hosting

Turbo Booster

Turbo Booster berbasis pada teknologi Litespeed yang merupakan web server terbaik di dunia utk membuat website Anda 32 x kali lebih cepat dibanding jika menggunakan Apache.

Optimized PHP

Konfigurasi PHP dioptimalkan untuk eksekusi script dengan lebih cepat menggunakan LSAPI. Juga mendukung multi-versi dari 5.x hingga 7.x untuk kompatibilitas maksimal.

HTTP3 / QUIC

Lebih cepat, lebih aman, dan lebih reliable dibandingkan HTTP2. Tak lagi menggunakan TCP, HTTP3 menggunakan UDP yang lebih efisien, membuat website lebih cepat diakses.

Google PageSpeed

Modul Pagespeed dari Google otomatis melakukan minify pada HTML, CSS, dan JS. Juga mengoptimalkan cache dan image, tentunya agar website jadi semakin ngebut.

Data Compression

Saat website diakses, file-file yang dikirimkan ke browser pengunjung otomatis dikompresi sehingga ukurannya +/- 70% lebih kecil sehingga hemat bandwidth dan tentu semakin cepat.

Redundant 10Gbps Network

Rumahweb menggunakan beberapa backbone internet internasional dan terkoneksi langsung dengan IIX, OIXP, dan CDIX dengan standard kecepatan 10Gbps.

SSD / NVME Storage

Server hosting Rumahweb menggunakan SSD / NVME storage dengan IOPS dan bandwidth tercepat, menjamin kecepatan I/O untuk akses file dan query database.

DNS Tersebar di 8 Lokasi

DNS Rumahweb disebar secara geografis di Asia, Eropa, dan US agar proses resolve domain jadi lebih cepat dari seluruh dunia dan menambah redundancy secara signifikan.

OPCache

OPCache membuat eksekusi PHP menjadi lebih cepat dengan menyimpan bytecode ke dalam memory sehingga tidak perlu lagi membaca dan memparsing pada setiap request.

MySQL Cache

Mempercepat query dg menyimpan query SELECT & hasilnya ke dalam memory sehingga jika ada query yang sama tidak perlu lagi mengambil data langsung, melainkan cukup dari cache.

Redundant Network

Rumahweb menggunakan beberapa backbone internet internasional dan terkoneksi langsung dengan IIX, OIXP, dan CDIX dengan standard kecepatan 10Gbps.

LiteSpeed Cache

Litespeed kami optimalkan secara default untuk mengaktifkan cache sehingga akses website menjadi lebih cepat.

Plugin LSCache

Mendukung penggunaan LSCache Plugin utk mempercepat akses website yang menggunakan berbagai CMS seperti WordPress, Joomla, Laravel, Joomla, Magento, dll.

Header Expires

Dengan header expires, Anda dapat mengatur rule caching di sisi browser pengunjung, membuat akses website menjadi lebih cepat, efisien, dan hemat bandwidth.

Web Application Firewall

WAF melindungi aplikasi / website dari serangan hacker dg ruleset yang telah dimaksimalkan untuk mendeteksi, menangkal, dan melaporkan serangan.

CageFS

Mengisolasi filesystem antar user di server untuk mencegah serangan yang dilakukan dengan cara jumping dari satu user yang compromised ke user lain.

Malware Detection

Mendeteksi, membersihkan, & mengkarantina malware baik melalui regular scan maupun secara realtime pada file upload dan injection melalui bug aplikasi.

IPS/IDS

Kependekan dari Intrusion Prevention System / Intrusion Detection System yang mendeteksi, menganalisa, dan melaporkan serangan hacker dengan ruleset yang selalu up to date.

Proactive Defense

Security360 memonitor seluruh proses yang berjalan di server dan secara otomatis mematikan proses-proses yang terdeteksi sebagai malicious process.

WebShield Protection

Melindungi website dari brute force attack dan spaming dgn cara secara otomatis meminta autentikasi Captcha pada setiap akses yang terdeteksi sebagai serangan.

FAQ

Cloud Hosting adalah layanan hosting dengan kepraktisan dan kemudahan shared hosting namun dengan resource (CPU, RAM, dan Storage) yang dedicated.

Dedicated di sini artinya adalah bahwa Rumahweb menjamin CPU, RAM, dan storagenya dijamin dapat digunakan sesuai satuan yang dialokasikan.

Platform software dan konfigurasi yang digunakan pada Cloud Hosting sama seperti yang digunakan pada Shared Hosting, yang membedakan adalah level komitmen alokasi resourcenya.

Misalkan pada shared hosting mencantumkan 1 core CPU / 100% CPU maka nilai tersebut mengacu pada nilai maksimal yang dapat digunakan. Artinya ketika user lain juga sedang menggunakan resource CPU tersebut, maka resource tersebut akan dibagi bersama user lain sehingga tidak ada garansi. Sedangkan pada Cloud Hosting, nilai yang tercantum (misalkan CPU 200%) adalah nilai yang dijamin. Tidak ada user lain yang dapat mengganggu batas penggunaan CPU tersebut.

Jaminan resource didapatkan dari dedicated resource. Artinya CPU & RAM yang sudah dialokasikan pada akun Anda tidak akan di-share dengan user lain. Sehingga meski server sedang dalam kondisi sibuk atau user lain memakai resourcenya secara penuh, Anda tetap akan mendapatkan resource yang digaransi.

Sehingga sepanjang pemakaian resource Anda tidak mencapai limit maka website / aplikasi Anda akan tetap lancar tanpa mengalami perlambatan.

Cloud Hosting sesuai untuk website atau aplikasi yang membutuhkan resource CPU, RAM, atau Storage yang besar dan terjamin. Contoh aplikasi yang membutuhkan resource besar dan terjamin diantaranya:

  • E-Commerce
  • E-Learning & ujian online
  • PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)
  • Aplikasi / sistem informasi
  • E-mail Perusahaan
  • Portal Berita
  • Remote database

Yang membedakan Cloud Hosting dan Unlimited Hosting adalah jaminan resource yang bisa digunakan. Beberapa batasan pada Unlimited Hosting:

  • Batasan inode
    Kebanyakan provider menawarkan space yang tak terbatas namun membatasi jumlah inode yang diijinkan pada satu akun hosting. Batasan inode ini secara mudah dapat dipahami sebagai batasan jumlah file.
  • Batasan space dan jaminan backup
    Meskipun space tidak dibatasi namun pada paket Unlimited Hosting pada umumnya tidak memberikan jaminan backup jika space yang Anda gunakan mencapai batas tertentu.
  • Batasan CPU dan RAM
    Kebanyakan paket Unlimited Hosting tidak memberikan jaminan penggunaan CPU dan RAM karena konsep produknya adalah shared hosting dimana resourcenya dibagi dengan banyak user tanpa komitmen atau garansi resource yang jelas.

Tidak. Anda tidak akan mendapatkan akses root melainkan akses level user.

Sepanjang Anda tidak membutuhkan kustomisasi di sisi server maka Cloud Hosting merupakan solusi simpel, fleksibel, efisien, dan juga ekonomis.

Simpel, karena pengoperasiannya semudah shared hosting, tidak memerlukan keahlian mengelola server sendiri.

Fleksibel, karena Anda dapat upgrade dan downgrade setiap saat.

Efisien, karena resource yang dialokasikan benar-benar dapat digunakan sepenuhnya untuk menjalankan aplikasi tanpa beban overhead dari sistem operasi dan service yang tidak perlu.

Ekonomis, karena biayanya lebih murah dan Anda tidak perlu membeli lisensi untuk control panel, Litespeed, Imunify360, dll.

Bisa. Sepanjang konten streaming Anda legal, maka Anda dapat menggunakannya untuk menampilkan streaming audio video.

Tidak. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mendowngrade 1-2 hari sebelum masa berlangganan Anda berakhir.