Rumahweb Journal
Banner - Astra

Astra Theme: Fungsi, Fitur hingga Cara Menggunakannya

Astra theme adalah salah satu theme WordPress premium yang bisa Anda request secara gratis di Rumahweb. Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang Astra theme secara lengkap, mulai dari cara klaim instalasi gratis, fungsi hingga cara menggunakannya.

Bagi pengguna WordPress, astra theme menjadi salah satu theme terbaik karena memiliki fitur yang lengkap serta menyediakan demo template yang sangat menarik. Dengan Astra theme, seseorang yang baru belajar membuat website WordPress bisa dengan mudah membuat tampilan website yang profesional.

Hal ini karena Astra theme menyediakan fitur Starter Template yang bisa digunakan untuk membuat layout page secara instan. Anda hanya perlu mengubah gambar ataupun text, lalu mengupdatenya.

Bagaimana, ingin mengenal astra theme lebih dalam lagi? Yuk simak penjelasan berikut!

Apa itu Astra Theme

apa-itu-astra-theme-1

Astra Theme adalah salah satu tema WordPress yang dikembangkan oleh Brainstorm Force. Tersedia dua versi theme astra yaitu Gratis dan versi Pro (Berbayar). Theme ini sudah diinstal dan digunakan lebih dari satu juta pengguna aktif di WordPress.

Apabila Anda ingin mencobanya dengan versi gratis, Anda dapat mengunduhnya dengan klik tulisan Astra Theme Free.

Fungsi Astra Theme

Dengan astra theme, Anda dapat dengan mudah mendesain halaman yang profesional. Bagi pemula, Anda juga bisa menggunakan fitur Starter template untuk membuat halaman secara lebih cepat. Template astra theme dapat digunakan untuk membuat Blog, web portofio, toko online dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Astra theme terkenal dengan tema ringan dan cepat sehingga ramah terhadap search engine. Modul yang tersedia di dalamnya juga dapat Anda gunakan untuk melakukan modifikasi atau desain tampilan pada website Anda.

Fitur unggulan Astra Theme

Berikut beberapa fitur unggulan dari astra theme yang akan Anda dapatkan.

1. Starter Template

apa-itu-astra-theme-2

Starter Template merupakan jenis plugin gratis yang memuat banyak template di dalamnya yang siap digunakan. Dengan menggunakan template tersebut, Anda dapat memasangnya langsung pada website Anda dengan sekali klik saja.

Ada berbagai macam katergori template yang dapat Anda gunakan, seperti : 

  • Business
  • Personal care
  • Professionals
  • Personal sites
  • Comminity
  • E-Commerce
  • Blog dan masih banyak lagi sub kategori di dalamnya.

2. Terintegrasi dengan Page Builder

apa-itu-astra-theme-3

Page Builder merupakan salah satu plugin yang digunakan banyak pengguna WordPress untuk membuat desain website dengan cepat. Dengan Page Builder, Anda juga dapat menggunakan template di dalamnya.

Salah satu fitur astra theme sudah terintegrasi dengan berbagai Page Builder di WordPress. Theme Astra ini kompatibel dengan Page Builder popular seperti :

  • Elementor
  • Beaver Builder
  • Block Editor
  • Gutenberg
  • Divi dan lain sebagainya

3. Terintegrasi dengan WooCommerce

apa-itu-astra-theme-4

WooCommerce merupakan suatu plugin popular yang digunakan untuk toko online. Fitur lain dari Astra Theme adalah sudah terintegrasi dengan WooCommerce. Fitur WooCommerce yang terintegrasi seperti Gulir tak terbatas, Opsi keranjang, Opsi galeri, Pengaturan grid, Lihat sekilas dan masih banyak lagi.

Cara Klaim Astra Theme di Rumahweb

Kami menyediakan Astra theme premium gratis bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb. Berikut daftar paket hosting yang dapat mengklaim instalasi Astra theme premium gratis di Rumahweb :

Catatan:

Instalasi Theme/Plugin WordPress Premium gratis hanya dapat dilakukan pada domain utama, dan WordPress harus berada di directory public_html. Tidak berlaku untuk addon domain maupun subdomain.

Untuk mengklaim instalasinya, Anda dapat mengirimkan permintaan ke email teknis[@]rumahweb[.]com atau open ticket menggunakan email kontak yang terdaftar. Pada email, Anda bisa menyertakan nama domain, username dan password wp-admin, beserta nama theme atau plugin yang ingin dibantu install.

Daftar theme dan plugin Premium WordPress gratis di Rumahweb bisa dilihat pada halaman berikut: Lihat daftar

Cara Menggunakan Theme Astra

Setelah Theme Astra Premium terpasang di website, selanjutnya Anda dapat melakukan kustomisasi tempilan website melalui cara berikut. 

Step 1. Customize website

Customize website bertujuan untuk melengkapi informasi dan melakukan kustomisasi tampilan website. Customize bisa dilakukan melalui dashboard dengan langkah berikut:

  1. Login ke WordPress
  2. Klik menu Appearance > Customize
  3. Selanjutnya Anda bisa mengupdate Site identity, menyusun menu, menambahkan favicon hingga melakukan update informasi pada website.

Step 2. Kelola halaman atau pos

Anda dapat menambahkan plugin Starter templates apabila ingin menggunakan template yang sudah siap. Pada artikel ini, kami menambahkan plugin Starter templates free. Jika Anda ingin versi Starter templates Astra Pro, maka bisa disampaikan ke email atau open ticket untuk claimnya.

Melalui Plugin Starter Templates

  1. Silahkan install Plugin Starter Templates melalui menu Plugins > Add new plugins. Setelah selesai install, klik menu starter template pada menu Appearance seperti gambar dibawah ini.
cara-menggunakan-astra-theme-1
  1. Pada halaman Starter Templates, silahkan pilihTemplates yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat memilih page builder yang ingin digunakan dengan klik menu di pojok kanan atas. Contohnya seperti gambar dibawah pada bagian bertuliskan Block Editor.
cara-menggunakan-astra-theme-2
  1. Setelah memilih, anda akan diarahkan untuk memasuki halaman berikutnya. Silahkan klik skip & continue setelah kustomisasi awal dilakukan.
cara-menggunakan-astra-theme-3
  1. Pada konfigurasi selanjutnya, Anda bisa melakukan kustomisasi warna website dan font sesuai dengan selera Anda. Jika sudah, klik continue di bagian bawah.
cara-menggunakan-astra-theme-4
  1. Kemudian isikan data Anda pada tampilan berikut, jika sudah maka bisa klik Submit & Build My Website.
cara-menggunakan-astra-theme-5
  1. Tunggu Prosesnya hingga 100%.
cara-menggunakan-astra-theme-6
  1. Jika sudah berubah menjadi seperti berikut, maka proses sudah selesai dan Anda dapat memulai membuat atau mendesain website Anda dengan klik View Your Website.
cara-menggunakan-astra-theme-7
  1. Untuk mendesain maka bisa klik icon pensil bertuliskan Edit with … sesuai dengan page builder yang Anda gunakan
cara-menggunakan-astra-theme-8

Demikian artikel ulasan kami mengenai Astra Theme, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Stefanus Risang Mahendra