Rumahweb Journal
instalasi plugin WP-SuperCache

Plugin WP Super Cache: Definisi, Install dan Cara Settingnya

Cache adalah data sementara yang disimpan untuk membantu situs web atau aplikasi dapat diakses lebih cepat. Pada website berbasis WordPress, ada beberapa cara optimasi cache yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan plugin WP Super Cache.

Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu Plugin WP Super Cache hingga cara settingnya di WordPress. Berikut informasi selengkapnya.

Mengenal Plugin WP Super Cache

WP Super Cache adalah sebuah plugin pada WordPress yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan akses ke website. Plugin ini digunakan untuk menghasilkan halaman statis dari situs web WordPress Anda dan menyimpannya di server web, sehingga mengurangi beban pada server dan mengurangi waktu pemuatan halaman.

Plugin WP Super Cache bekerja dengan cara melakukan caching atau membuat cache, yaitu dengan menyimpan salinan halaman yang telah dihasilkan sebelumnya dan memberikannya kepada pengunjung berikutnya tanpa perlu memproses ulang halaman secara dinamis.

Hal ini membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengambil data dari database dan load tampilan halaman, karena halaman statis yang telah di-cache dapat disajikan langsung kepada visitor website Anda.

Fungsi Plugin WP Super Cache

Plugin WP Super Cache memiliki beberapa fungsi, antara lain : 

Promo Hosting Murah Rumahweb

1. Meningkatkan kecepatan website

Plugin ini membantu meningkatkan kecepatan akses ke website dengan platfrom WordPress Anda dengan membuat seakan halaman menjadi statis dengan adanya cache yang dioptimasi oleh plugin tersebut. Hal ini dapat mengurai waktu pemuatan halaman dan meningkatkan experience user juga.

2. Mengurangi beban server

Dengan membuat halaman yang seakan statis dan menyimpannya di server web, Plugin WP Super Cache mengurangi beban pada server dan memungkinkan server untuk menampung traffic load lebih banyak.

3. Meningkatkan performa website

plugin ini membantu meningkatkan performa website dengan mengiptimalkan dan mengurangi waktu pemrosesan database dan server , yang membuat kinerja website menjadi lebih cepat dan responsif.

4. Meningkatkan SEO

Kecepatan website faktor penting dalam penilaian oleh Search Engine seperti contoh Google, oleh karena itu menggunakan plugin WP Super Cache dapat membantu meningkatkan peringkat website di hasil pencarian Search Engine.

5. Menyediakan fitur tambahan

Plugin ini dilengkapi dengan fitur tambahan seperti kompresi Gzip, pengaturan waktu kadaluwarsa cache, dan dukungan untuk konten dinamis seperti komentar user. Semua fitur ini membantu meingkatkan kinerja dan kecepatan website Anda

Dengan menggunakan plugin WP Super Cache, Anda dapat mengoptimalkan kinerja website WordPress Anda dan memberikan experience yang lebih baik.

Fitur WP Super Cache

Plugin WP Super Cache memiliki beberapa fitur yang membuat kinerja dan kecepatas website WordPress meningkat. Berikut adalah beberapa fitur utama dari plugin tersebut : 

1. Caching halaman statis

Plugin Wp Super Cache menghasilkan dan menyimpan versi halaman statis dari website WordPress Anda. Hal ini memungkinkan visitor mendapatkan halaman yang di-cache secara langsung tanpa harus memproses halaman secara dinamis setiap kali. Caching ini membantu mengurangi waktu pemuatan halaman dan mengurangi beban pada server.

2. Mode Caching

plugin ini menyediakan dua mode caching, yaitu Simple dan Expert. Mode Simple menyediakan pengaturan caching yang sederhana dan mudah digunakan, sementara mode Expert lebih memberikan banyak opsi pengaturan dan kontrol untuk digunakan customize pada caching tersebut.

3. Cache Preloding

WP Super Cache dapat melakukan preloading cache, yaitu menghasilkan halaman cache sebelumnya secara otomatis.Fitur ini membantu memastikan bahwa halaman cache selalu tersedia oleh visitor dan mengurangi waktu pemuatan halaman pertama setelah cache kosong.

4. Gzip Compression

Plugin ini mendukung kompresi Gzip yang mengurangi ukuran file yang dikirimkan dari server ke visitor. Kompresi Gzip membantu mengurangi penggunaan bandwidth dan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman.

5. Cache Scheduler

WP Super Cache menyediakan fitur pengaturan jadwal cache untuk menghapus dan memperbarui cache secara otomatis. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur frekuensi pembaruan cache sesuai dengan kebutuhan website Anda.

6. Cache untuk user terdaftar

Plugin ini memungkinkan Anda untuk memilih apakah halaman cache juga harus disajikan kepada user yang terdaftar. Hal ini berguna jika website Anda memiliki fitur login pengguna dan Anda ingin memberikan perbedaan akses yang lebih optimal.

7. Support CDN

WP Super Cache dapat berintegrasi dengan layanan Content Delivery Network (CDN) untuk mempercepat pengiriman konten statis website Anda ke visitor. Ini membantu mengurangi latensi dan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman.

Dengan fitur-fitur ini, plugin WP Super Cache dapat membantu meningkatkan kecepatan, kinerja, dan experience pengguna website WordPress Anda.

Cara Install Plugin WP Super Cache

Berikut adalah langkah-langkah untuk instalasi Plugin WP Super Cache pada WordPress : 

  1. Langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke akun Admin WordPress anda untuk melakukan instalasi dan setting Plugin WP Super Cache.
halaman login wordpress
  1. Setelah masuk ke halaman Dashboard Admin WordPress Anda, Klik bagian menu bar kiri Anda pada Plugins.
halaman admin wordpress
  1. Kemudian klik tombol Add New
add new plugins
  1. Kemudian Ketikan Keyword pencarian WP Super Cache, Lalu klik Instal Now.
install WP Super Cache
  1. Setelah proses instal Plugin selesai, Klik Active.

Setting Plugin WP Super Cache

  1. Pastikan plugin sudah terinstal pada WordPress Anda.
setting WP Super Cache
  1. Selanjutnya, pilih menu Setting > klik WP Super Cache.
WP Super Cache menu
  1. Kemudian akan tampil dan berada pada tab Easy, pilih radiobox Caching On (Recommended), lalu klik Update Status.
setting cache
  1. Selanjutnya adalah setting pada tab menu Advance, silahkan Anda bisa lakukan setting seperti berikut.
menu advance WP Super Cache

Bagian menu Cache Delivery Method ini Anda bisa memilih 2 cara Cache.

  • Simple yang berarti file statis dapat ditampilkan oleh PHP. Plugin bisa menampilkan dengan cepat tanpa perlu proses konfigurasi file htaccessnya. Cara ini yang direkomendasikan karena simple.
  • Expert yang berarti cara ini menggunakan Apache mod_rewrite untuk menampilkan file HTML yang statis.
  1. Selanjutnya mengaktifkan beberapa pengaturan dibawahnya.
setting advance WP Super Cache
  • Don’t Cache Page for Known Users adalah pilihan untuk user admin melihat data aktual tanpa perlu melakukan caching.
  • Cache hits to this website for quick access adalah pilihan untuk mengaktifkan caching mode advance.
  • Compress pages so they’re served more quickly to visitors adalah pilihan ini secara drastis mengurangi ukuran file pada website Anda.
  • 304 not Modified browser caching adalah pilihan untuk mengarahkan kapan sebuah halam pada website Anda yang belum di modifikasi.

Demikian penjelasan kami tentang plugin WP Super Cache hingga cara settingnya. Semoga dengan setting ini, website Anda bisa diakses lebih cepat dan mendapatkan posisi terbaik di search engine. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Muhammad Alfian Fandi Wicaksono