Rumahweb Journal
banner - belajar laravel

Belajar Laravel Bagian 1 : Install Laravel di Localhost

Laravel adalah framework PHP dengan konsep Model View Controller (MVC) yang dalam beberapa tahun ini mulai banyak digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi berbasis web. Karenanya, kami akan membuatkan series tentang belajar laravel untuk pemula, mulai dari instalasi di localhost hingga membuat aplikasi sederhana dengan laravel.

Apa Itu Laravel?

Laravel adalah framework PHP yang dirancang untuk mempermudah pengembangan aplikasi berbasis website. Laravel merupakan framework open source, sehingga dapat digunakan secara gratis dalam membuat dan mengembangkan aplikasi yang dibuat.

Meskipun gratis, laravel dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat proses pembuatan aplikasi Anda lebih cepat dan mudah. Laravel dilengkapi dengan fitur seperti autentikasi, routing hingga management database melalui ORM.

Framework Laravel menggunakan arsitektur MVC (Model-View-Controller), yang membantu menjaga kode tetap terstruktur dan mudah dikelola. Selengkapnya tentang apa itu laravel dapat Anda pelajari pada artikel berikut: Laravel adalah

Cara install Laravel di localhost

Sebelumnya, kami telah membuat artikel tentang install laravel di localhost menggunakan aplikasi XAMPP. Panduannya bisa Anda pelajari pada link berikut ini : Cara install Laravel di Localhost menggunakan XAMPP

Pada series belajar laravel bagian 1, kami akan menggunakan Laragon untuk menginstal laravel di localhost. Simak informasi berikut ini.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Step 1. Install Laragon

Laragon adalah paket komplit untuk membuat website di localhost. Dengan Laragon, Anda bisa membuat website berbasis PHP, Javascript, NodeJS, Python dan lain sebagainya. Laragon memiliki fitur Terminal untuk membantu Anda dalam deploy aplikasi.

Laragon dilengkapi dengan GUI, serta membawa banyak fitur programming yang diperlukan untuk membuat website di server lokal. Baik, saatnya mulai melakukan instalasi Laragon di Komputer/ Laptop Windows Anda. 

Silakan Anda melakukan instalasi Laragon di Komputer Windows Anda terlebih dahulu dengan mengikuti panduan https://blog.rumahweb.com/laragon-adalah/

Step 2. Install Laravel

Setelah selesai melakukan instalasi Laragon, kini saatnya lakukan instalasi Laravel. Langkahnya sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Laragon

Aktifkan service Apache dan MySQL

aktifkan service apache dan mysql di laragon

2. Buka terminal Laragon

Selanjutnya buka terminal Laragon. Di terminal ini, nantinya kita akan gunakan untuk lanyak hal saat melakukan coding nanti.

terminal laragon

3. Buat folder lembar kerja

Pada tutorial series ini, kami menggunakan lembar kerja dengan nama rw-tutoriallaravel. Silakan Anda dapat bereksplorasi bila ingin menggunakan nama direktori yang lain.

Cara membuat directory melalui terminal menggunakan perintah mkdir [nama direktori]. Berikut ini langkah selengkapnya.

mkdir rw-tutoriallaravel

4.  Masuk ke folder lembar kerja

Selanjutnya, silakan masuk ke direktori yang telah Anda buat menggunakan perintah cd [namadirektori]

cd rw-tutoriallaravel

Maka tampilannya adalah sebagai berikut.

tutorial laravel 1

Pastikan kita sudah berada di directory aktif dimana tempat lembar kerja Laravel berada. Pada screenshot diatas, kami menempatkan proyek Laravelnya di direktori c:\laragon1\www\rw-tutoriallaravel. Ditempat Anda mungkin ada di direktori berbeda, dan itu tidak menjadi masalah.

5. Install Laravel

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel .

Penjelasan perintah : 

  • create-project : Perintah untuk membuat project baru di Laravel
  • –prefer-dist : Perintah untuk mendownload Laravel versi yang direkomendasikan atau versi yang stabil (terbaru).
  • . : Titik ini adalah lokasi dimana instalasi Laravel Anda berada. Di langkah sebelumnya kami telah mengajak Anda untuk masuk ke direktori rw-tutoriallaravel, sehingga instalasi Laravel akan berada disana.

6. Jalankan service Laravel

php artisan serve

7. Laravel telah berhasil diinstall

Silakan mengakses proyek website Laravelnya menggunakan alamat berikut localhost:8000 atau 127.0.0.1:8000 melalui browser Anda.

project tutorial laravel - belajar laravel bagian 1

Selamat proyek Laravel Anda telah berhasil diinstall.

Kesimpulan

Laravel adalah salah satu framework yang populer banyak digunakan Programmer dalam membuat website atau aplikasi. Laravel dikenal karena fiturnya yang lengkap, kemudahan dalam membuat dan mengembangkan aplikasinya.

Demikian panduan belajar Laravel bagian 1 dari Rumahweb. Pada series belajar laravel selanjutnya, kami akan menjelaskan tentang konsep MVC (Model – View – Controller) yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis Laravel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D