Rumahweb Journal
Hotlink Protection : Pengertian dan Cara Mengaktifkannya

Hotlink Protection : Pengertian dan Cara Mengaktifkannya

Hotlinking adalah tindakan mengambil atau mencuri data berupa gambar, dengan cara menaruh gambar tersebut di website atau blog tanpa melakukan proses downloading terlebih dahulu. Pada artikel ini, kami akan berbagi cara untuk terhindar dari hotlinking dengan cara mengaktifkan hotlink protection di cPanel.

Dulu, Hotlinking digunakan sebagai salah satu upaya untuk menghabiskan resource bandwith dari hosting atau server korban. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini banyak penyedia hosting yang telah menyediakan unlimited bandwidth. Sehingga hostlinking ini dirasa tidak terlalu berpengaruh.

Tapi sebagai pemiliki konten, kita wajib untuk melakukan protection terhadap property berupa gambar atau tulisan-tulisan kita. Karenanya, mengaktifkan fitur hotlink protection tetap harus kita lakukan.

Lalu, apa itu hotlink protection dan bagaimana cara mengaktifkannya? pada panduan ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang pengertian, manfaat dan cara mengaktifkan hotlink protection untuk anda.

Apa itu Hotlink Protection

Hotlink protection adalah salah satu tools di cPanel yang berfungsi untuk memblokir website lain, yang menggunakan link dari website anda. Salah satu contohnya adalah file gambar, seperti ilustrasi yang kami jelaskan diatas.

Dengan fitur ini, property berupa image atau gambar pada website anda akan terlindungi. Ketika website lain melakukan hotlinking pada website anda, maka gambar di website yang melakukan pencurian tersebut tidak akan muncul secara sempurna. Gambar akan terproteksi, dengan icon atau logo sesuai konfigurasi yang anda lakukan pada hotlink protection.

Selain terhindar dari pencurian data, penggunaan resource bandwidth pada hosting anda juga akan lebih aman.

Manfaat Hotlink Protection

  1. Mencegah pencurian gambar. Yang dimaksud adalah, visitor yang mengunjungi website Anda, biasanya orang tersebut bebas mengcopy isi dari website. Terutama gambar Anda dengan mengambil link gambar secara langsung dari suatu website tanpa izin kepada pemilik website. Link gambar akan dimasukkan ke dalam website lain.
  2. Menghemat penggunaan bandwidth, dari link gambar yang masih mengarah ke website Anda,  website lain akan terhubung ke file Anda hal ini akan meningkatkan penggunaan bandwith website anda.
Baca juga : Apa itu Hacker? Pengertian, Jenis dan Cara Menghindarinya!

Cara setting Hotlink Protection

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting hotlink protection di cPanel. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login cPanel
  2. Klik menu “Hotlink Protection”
menu Hotlink Protection
  1. Enable “Hotlink Protection”
cara mengaktifkan Hotlink Protection
  1. Klik tombol “Enable”, atur konfigurasinya jika ingin mengubah default konfigurasinya dan klik tombol “Submit”.
  2. Pada konfigurasi default, content yang diamankan adalah content dengan ekstensi : jpg,jpeg,gif,png,bmp

Demikian artikel kami tentang apa itu hotlink protection dan cara mengaktifkannya di cPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Triyadi