Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Perbedaan Primary Domain, Addon Domain, Subdomain, dan Aliases

Perbedaan Primary Domain, Addon Domain, Subdomain, dan Aliases

cPanel merupakan sebuah panel kontrol pada layanan web host berbasis Linux, yang memberikan tampilan grafis interface dan automasi yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan hosting dalam sebuah situs.

Hingga kini, cPanel merupakan kontrol panel yang paling banyak digunakan di dunia. Selain karena user friendly, cPanel juga menyediakan berbagai fitur untuk mengelola hosting. Mulai dari Email, Website, Database, FTP, Domain hingga Security.

Di dalam menu Domain, cPanel membagi dalam beberapa kategori yaitu Addon, Subdomain dan Aliases atau Park Domain. Nah, kali ini kami akan mengulas perbedaan antara Primary Domain, Addon Domain, Subdomain, dan Aliases secara lebih detail. Simak perbedaannya berikut ini :

Primary Domain

Primary Domain adalah nama domain yang menempel pada layanan hosting yang diaktifkan. Ketika Anda melakukan order domain dan hosting dalam 1 paket, maka nama domain tersebut menjadi Main atau Primary domain Anda.

Addon Domain

Addon domain adalah fitur untuk menambahkan domain baru pada akun hosting, sehingga memungkinkan satu hosting digunakan untuk beberapa domain sekaligus.

Domain yang di addons bisa digunakan untuk membuat website baru, yang sama sekali bisa berbeda dengan domain utama Anda. Karena domain addon berbeda directory dengan primary domain.

Umumnya directory addon domain ada didalam /public_html/addon_domain

Sebagai catatan, domain yang akan Anda Addon harus sudah dalam keadaan aktif. Karena perlu mengubah nameserver atau dns recordnya. Agar bisa mengarah ke akun hosting.

Berikut cara seting domain addon didalam cPanel :

Subdomain

Subdomain adalah domain turunan yang bisa dibuat setelah Anda membeli domain.

Sebagai contoh, kami memiliki domain rumahweb.com . Selanjutnya dari domain tersebut Anda bisa membuat subdomain seperti blog.rumahweb.com untuk menampilkan halaman artikel blog, order2.rumahweb.com untuk menampilkan halaman pemesanan dan masih banyak lagi.

Berikut cara membuat subdomain di cPanel


Aliases

Domain Parking (Domain Aliases) adalah fitur yang digunakan untuk mengarahkan domain baru ke primary domain didalam hosting.

Dengan fitur ini, tampilan domain aliases akan sama persis dengan tampilan website primary domain pada hosting.

Fitur ini sangat bermafaat, apabila Anda memiliki satu website utama dengan beberapa domain ektensi berbeda.

Misalnya, Anda melakukan setting domain aliases domainkedua.com ke primarydomain.com . Ketika Anda akses website domainkedua.com, maka isi content websitenya akan sama seperti di domainutama.com.

Sebagai catatan, bahwa domain yang akan di setting aliases statusnya harus aktif terlebih dahulu. Karena harus disetting nameserver/DNS nya terlebih dahulu.

Berikut cara seting domain aliases di cPanel.

Demikian penjelasan tentang Primary domain, Addon domain, subdomain dan Domain Alias. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.

Blog Competition