Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev

Cara Mengarahkan Domain ke Firebase Dari Clientzone Rumahweb

Firebase adalah suatu layanan yang disediakan oleh Google untuk memberikan kemudahan kepada developer, dalam mengembangkan aplikasi terutama pada sisi backend.

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan pada Firebase, salah satunya adalah Firebase Hosting. Firebase Hosting ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya menyimpan konten website. Kemudian file website bisa kita akses layaknya website pada hosting pada umumnya.

Pada artikel ini, kami akan membahas cara mengarahkan domain ke Firebase Hosting, sehingga website kita bisa diakses melalui nama domain yang telah kita pesan. Tidak lagi mengarah ke url default dari Firebase.

Sebelum mengarahkan domain ke Firebase, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu, seperti ;

Langkah 1. Siapkan Bahan

  1. Pastikan Anda telah membuat project dan hosting di Firebase, panduannya bisa dilihat langsung pada dokumentasi Firebase, klik disini.
  2. Kemudian deploy website Anda pada hosting yang telah dibuat, klik disini.
image 1 - Cara Mengarahkan Domain ke Firebase Dari Clientzone Rumahweb
  1. Setalah berhasil deploy website kita ke hosting Firebase, maka website dapat kita akses menggunakan default domain/subdomain yang disediakan oleh Firebase.
deploy hosting firebase - Cara Mengarahkan Domain ke Firebase Dari Clientzone Rumahweb
tampilan default firebase - Cara Mengarahkan Domain ke Firebase Dari Clientzone Rumahweb

4. Pastikan status domain Anda telah aktif.

Langkah 2. Setting Domain ke Firebase

Kemudian Untuk selanjutnya adalah mengarahkan domain ke Firebase Hosting yang mana telah kita deploy website kita didalamnya. Caranya;

  1. Masuk ke halaman hosting Firebase > klik Tambahkan domain Kustom
  1. Masukan nama domain Anda ke kolom Domain, klik Lanjutkan
  1. Setelah itu Anda akan diminta untuk verifikasi kepemilikian domain dengan cara menambahkan DNS TXT Record.
  1. Masukan DNS TXT Record yang diminta untuk verifikasi kepemilikan domain. Setting DNS ini bisa Anda lakukan melalui Clientzone pada menu Domain > My Domain > Klik tombol aktif disebelah kanan domain yang akan di setting > Management DNS.

    Setelah itu, Klik menu ‘add new record’ dan silahkan buat TXT recordnya seperti gambar berikut :
  1. Karena Penambahan DNS memerlukan waktu propagasi antara 1 sampai 24, maka silahkan Anda tunggu hingga DNS TXT Record yang telah kita tambahkan sebelum terbaca oleh Firebase.
  2. Setelah ditunggu antara 2 sampai 3 jam dari kita menambahkan DNS, coba klik Verifikasi. 
  3. Setelah klik verifikasi, maka Anda akan diminta untuk menambahkan DNS A Record
  1. Kemudian tambahkan ke DNS A Record yang diminta ke domain Anda. Penambahannya bisa Anda lakukan, dengan cara klik tombol ‘add new record’ dan silahkan buat recordnya seperti gambar berikut;
  1. Setelah DNS A Record ditambahkan, klik selesai pada halaman Firebase.
  2. Terkahir tunggu propagasi kembali, jika sudah selesai dan domain telah berhasil di verifikasi maka ketika kita akses domainya akan muncul tampilan website yang kita deploy pada hosting Firebase sebelumnya.
  1. Selesai.

Sampai tahap ini, custom domain ke Firebase telah selesai. Sebagai catatan, lama waktu propagasi DNS estimasinya 2×24 jam. Sehingga Anda perlu bersabar untuk menunggu propagasi, setelah penyimpanan domain selesai dilakukan.

Demikian cara mengarahkan domain ke Firebase dari Rumahweb journal, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Aldi Setiawan