Rumahweb Journal
aktivasi SSL blogspot

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Pada Custom Domain Blogspot

SSL (Secure Socket Layer) merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk membangun koneksi yang aman/terenkripsi antar server dan client. Dimana informasi ataupun data-data yang sensitif seperti password, kartu kredit dan sebagainya di dienkripsi pada saat diproses proses pengiriman informasi dari browser ke server, sehingga hanya penerima saja yang paham data apa saja yang dikirimkan.

Apabila Anda menggunakan layanan hosting dari rumahweb, Anda akan mendapatkan Free SSL dari let’s encrypt, dan dapat diaktifkan melalui halaman cPanel hosting.

Lalu bagaimana jika hanya memiliki domain yang di custom ke Blogspot? Saat ini Blogspot sudah menyediakan SSL untuk custom domain, yang nantinya domain akan dapat diakses melalui HTTPS.

Pada panduan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan SSL pada Blogspot. Berikut panduannya :

Lakukan custom domain ke Blogspot

Sebelum mengaktifkan SSL, pastikan Anda sudah melakukan custom domain Blogspot terlebih dahulu. Untuk melakukan custom domain ke Blogspot Anda dapat melihat panduan berikut : Custom domain Blogspot dari Clientzone Rumahweb

Mengaktifkan SSL (HTTPS) di Blogspot

Setelah proses custom domain selesai. Silahkan Anda masuk ke halaman utama Blogspot klik menu Setelan seperti screenshoot berikut :

Klik menu Setelan untuk mengaktifkan HTTPS di blogspot

Pada menu HTTPS masih di set No atau belum aktif seperti gambar dibawah,

Status SSL atau HTTPS masih belum aktif

Untuk mengaktifkan HTTPS atau SSL di blogspot, Silahkan ubah status HTTPS nya dari no menjadi Yes seperti gambar berikut :

Cara mengaktifkan SSL HTTPS di blogspot

Catatan :

Aktivasi SSL (HTTPS) ini tidak dilakukan secara instan. Anda perlu menunggu hingga Blogspot menerbitkan SSL Certificate untuk nama domain Anda dengan perkiraan waktu 1-24 jam kedepan. Selama proses aktivasi SSL website tidak dapat diakses seperti gambar berikut,

domain diakses melalui https

Setelah proses aktivasi SSL selesai, domain akan dapat diakses melalui HTTPS seperti gambar berikut.

domain blogspot dapat diakses melalui https

Demikian cara mengaktifkan ssl pada custom domain Blogspot. Apabila ada kendala atau kesulitan, silahkan menghubungi kami melalui email, livechat, atau telepon.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.9 / 5. Vote count: 16

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Wahid Husain

Person who love family, cat, sleep, and Pau <3