Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Setting Parked atau Aliases Domain di Cpanel Hosting

Setting Parked atau Aliases Domain di cPanel Hosting

Domain Parking (Domain Alias) adalah sebuah fitur yang digunakan untuk mengarahkan sebuah domain ke domain utama di hosting. Dengan fitur park Domain, tampilan domain yang disetting akan sama persis dengan tampilan website utama pada hosting. Fitur ini sangat bermanfaat, apabila Anda memiliki domain dengan ekstensi yang berbeda, namun tampilan webitenya ingin sama.

Misalnya, Anda melakukan parked domain domainkedua.com ke domainutama.com . Ketika Anda akses website domainkedua.com, maka isi content websitenya akan sama seperti di domainutama.com. Perlu diingat bahwa domain yang akan di park statusnya harus aktif terlebih dahulu.

Untuk setting park domain tersebut, bisa Anda lakukan melalui halaman cPanel. Berikut ini Kami informasikan Panduan setting parked domain di cPanel hosting Rumahweb.

1. Pastikan Anda sudah menggunakan name server hosting Rumahweb, yaitu

ns1.rumahweb.com
ns2.rumahweb.com
ns3.rumahweb.net
ns4.rumahweb.net

Panduan ubah name server bisa dilihat di panduan merubah name server domain Rumahweb.

2. Silahkan login ke cPanel hosting Anda.

3. Pilih menu “Aliases” .

4. Isikan nama domain Anda di kolom “Create a New Alias ” dan klik “add domain”.

Perlu diingat bahwa tidak semua Website bisa disetting sebagai Aliases. Contohnya adalah CMS WordPress yang tidak support untuk fitur ini, karena pembacaan siteurl di database langsung menggunakan nama domainnya.

Jika ada kesulitan dalam melakukan setting Aliases domain, silahkan menghubungi support Rumahweb baik melalui telp atau chat di menu “Livechat” halaman website Rumahweb untuk bantuan pengecekannya.

Tinggalkan Komentar

Anggit Puguh Setyawan

Blog Competition