Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
cara membuat subdomain gratis

Cara Membuat Subdomain

Subdomain adalah domain turunan yang bisa dibuat setelah Anda membeli domain. Sebagai contoh, kami memiliki domain utama yang beralamat rumahweb.com . Selanjutnya dari domain utama tersebut bisa dibuat subdomain seperti promo.rumahweb.com untuk menampilkan halaman promo, order.rumahweb.com untuk menampilkan halaman pemesanan dan masih banyak lagi.

Buat subdomain itu gratis lho, enggaaak perlu bayar. Yang paling penting adalah subdomain tersebut mengarah ke server yang aktif, sehingga subdomain yang dibuat bisa diakses dan digunakan.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat subdomain di cPanel
1. Login ke cPanel hosting Anda.

2. Masuk ke menu “subdomain dengan memilih icon subdomain di cPanel.

3. Di kolom subdomain tersebut, silahkan masukkan nama subdomain yang diinginkan. Misalnya, jika ingin membuat subdomain sqmail.namadomainanda.com, maka cukup  isi kolom tersebut dengan sqmail

4. Pada kolom Documen Root akan terisi secara otomatis dimana letak file document Anda.

5. Klik “create”, maka akan tercipta subdomain baru.

Setelah pembuatan subdomain selesai maka akan tercipta sebuah folder baru di “public_html” dengan nama folder yang sama dengan nama subdomain yang dibuat. Misal Anda membuat sqmail.namadomainanda.com, maka akan tercipta folder bernama sqmail di directory “public_html/sqmail”. Dan jika Anda ingin mengisi subdomain dengan file website maka file website tinggal di upload atau diinstall pada folder sqmail tadi.

Demikian panduan membuat subdomain dengan mudah dari Rumahweb Indonesia. Pasti sudah tidak ada yang bingung lagi kan, untuk membuat subdomain sendiri … Apabila ada pertanyaan mengenai cara membuat subdomain atau pertanyaan mengenai produk dan layanan Rumahweb lainnya, silakan menghubungi support kami yang bertugas.

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

1 comment

Blog Competition