Rumahweb Journal
Banner - Cara Upgrade CentOS 7 ke AlmaLinux 8 Pada VPS cPanel

Cara Upgrade CentOS 7 ke AlmaLinux 8 Pada VPS cPanel

Seperti yang kita ketahui bersama, Red Hat rencananya akan menghentikan dukungannya pada CentOS 7 pada 2024 mendatang. Upgrade CentOS ke Almalinux perlu dilakukan, sebagai salah satu upaya agar support OS Anda tetap berlanjut. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara upgrade CentOS 7 ke Almalinux 8 pada VPS cPanel.

Selama rentang waktu yang cukup lama, CentOS Linux memiliki reputasi yang sangat baik sebagai sistem operasi yang telah teruji stabilitasnya untuk digunakan sebagai basis sistem dengan skalabilitas produksi kelas enterprise. Di sisi lain, cPanel adalah aplikasi control panel server komersial terpopuler karena kemudahan dan kelengkapan fiturnya, memberikan dukungan support resmi terhadap CentOS Linux.

Oleh karena itu, perpaduan CentOS Linux dan cPanel, telah menjadi konfigurasi standar yang banyak digunakan oleh developer website maupun administrator layanan web hosting di seluruh dunia, karena menawarkan biaya yang efisien dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Kenapa Harus Upgrade ke AlmaLinux 8?

Pada tahun 2014, perusahaan Red Hat mengakuisisi proyek open source CentOS Linux yang kemudian memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut dan mengubahnya menjadi sistem operasi baru bernama CentOS Stream.

CentOS Linux 7.9 adalah versi terakhir yang masih didukung oleh Red Hat sampai dengan 30 Juni 2024. Setelah itu, CentOS 7.9 tidak lagi mendapatkan update sistem dan juga tidak lagi mendapatkan support dari cPanel.

Sebagai respon terhadap penghentian proyek CentOS Linux, perusahaan CloudLinux membuat sebuah sistem operasi open source baru berbasis RHEL bernama AlmaLinux. Tidak berselang lama, cPanel kemudian secara resmi memberikan dukungan terhadap AlmaLinux dan menyarankan kepada pengguna CentOS Linux 7.9 untuk melakukan upgrade sistem operasi ke AlmaLinux 8.

Bagi Anda yang saat ini memiliki layanan VPS dengan CentOS 7.9 dan cPanel, sangat disarankan untuk segera melakukan upgrade sistem ke AlmaLinux 8, sebelum CentOS memasuki masa end-of-life pada 30 Juni 2024 mendatang.

Upgrade CentOS 7 ke AlmaLinux 8

Apabila saat ini Anda menggunakan CentOS 7.9 dengan cPanel, di halaman WHM akan muncul notifikasi untuk melakukan upgrade sistem ke AlmaLinux 8, dengan sebuah menu bertuliskan “Elevate to AlmaLinux 8”.

Menu tersebut akan mengarahkan Anda ke sebuah halaman dokumentasi seputar proses upgrade ke AlmaLinux 8 menggunakan custom skrip dari cPanel. Sayangnya, di halaman dokumentasi tersebut ada keterangan bahwa skrip tersebut masih dalam tahap testing, dan oleh karenanya, tidak ada garansi bahwa proses upgrade akan berjalan lancar tanpa kendala.

Oleh karena itu, pada artikel journal kali ini, kami ingin menulis tentang Cara Upgrade Centos 7 ke AlmaLinux 8 Pada VPS cPanel, menggunakan metode yang lebih aman. Berikut langkah-langkah untuk upgrade dari CentOS 7 ke AlmaLinux 8:

Step 1. Backup Data cPanel

Langkah pertama dari proses upgrade adalah melakukan proses backup data cPanel. Untuk proses backup bisa Anda lakukan dengan mudah melalui cPanel masing-masing domain yang ada di dalam VPS.

Untuk proses backup cPanel memerlukan space yang cukup, maka Anda harus mengecek terlebih dahulu sisa space di server VPS Anda. Sebagai contoh, akun cPanel Anda ukuran datanya 2 GB, maka harus dipastikan masih ada sisa space di VPS lebih dari 2 GB.

Setelah login ke cPanel, Anda bisa masuk ke menu Backup untuk membuat backup akun cPanel. Detil panduan selengkapnya untuk membuat backup akun cPanel bisa Anda baca di halaman berikut ini.

Step 2. Rebuild VPS Dengan AlmaLinux 8

Setelah proses backup akun-akun cPanel selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses rebuild VPS menggunakan AlmaLinux 8. Sebelum melakukan rebuild, pastikan terlebih dahulu data backup cPanel-nya lengkap dan tidak corrupt. Anda bisa membandingkan ukuran data backup dengan ukuran disk usage di cPanel.

Setelah dipastikan data backupnya lengkap dan tidak corrupt, Anda bisa melanjutkan proses rebuild VPS dengan AlmaLinux 8. Panduan selengkapnya untuk proses rebuild VPS KVM Rumahweb, bisa Anda baca di halaman berikut ini.

Step 3. Instalasi cPanel di AlmaLinux 8

Setelah proses rebuild VPS dengan AlmaLinux 8 selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi cPanel. Untuk proses instalasi cPanel di VPS bisa Anda baca di halaman berikut ini.

Setelah proses instalasi cPanel selesai, lakukan update lisensi cPanel dengan menjalankan perintah berikut:

/usr/local/cpanel/cpkeyclt

Step 4. Restore Backup cPanel Melalui WHM

Setelah proses instalasi cPanel di AlmaLinux 8 selesai, langkah terakhir adalah melakukan restore file backup cPanel melalui WHM.

Caranya adalah login ke halaman WHM, kemudian masuk ke menu Transfer or Restore a cPanel Account, kemudian pilih opsi Upload a file to restore, pilih file backup cPanel yang sebelumnya sudah dibuat, kemudian tekan tombol Restore. Panduan selengkapnya untuk proses restore backup cPanel di WHM, bisa Anda baca di halaman berikut ini.

Untuk proses restore ini bisa memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung dari ukuran backup yang dimiliki. Tunggu sampai proses selesai dengan keterangan Completed. Ulangi langkah ini apabila memiliki lebih dari satu akun cPanel.

Restore Backup cPanel Melalui WHM - upgrade CentOS 7 ke Almalinux 8
Restore akun telah berhasil

Penutup

CentOS Linux merupakan salah satu distribusi Linux yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah server website karena integrasinya yang baik dengan cPanel. Meskipun dukungan CentOS akan berakhir pada 30 Juni 2023, saat ini telah tersedia distribusi baru yang memiliki basis sistem yang sama yaitu AlmaLinux.

Untuk memastikan fungsionalitas, kestabilan dan keamanan VPS tetap berjalan dengan baik, sangat disarankan bagi Anda untuk segera melakukan migrasi dari CentOS 7 ke AlmaLinux 8. Apabila masa hidup CentOS 7 sudah berakhir pada tahun 2024 dan belum dilakukan proses upgrade sistem, maka server Anda akan berpotensi tidak bekerja dengan optimal, tidak aman, atau bahkan terjadi error.

Demikian artikel journal kami seputar Cara Upgrade CentOS 7 ke AlmaLinux 8 Pada VPS cPanel. Apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan panduan dan bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.