Rumahweb Journal
banner - Backup dan Restore akun cpanel dari WHM

Cara Backup dan Restore akun cPanel dari WHM

Bagi Anda yang mengaktifkan VPS dengan lisensi cPanel, Anda dapat melakukan backup dan restore akun cPanel melalui WHM. Proses backup dan restore melalui WHM akan jauh lebih cepat dan mudah, serta tidak perlu keahlian command SSH untuk melakukannya.

Apa itu WHM?

WebHost Manager atau yang lebih kita kenal dengan WHM adalah control panel yang digunakan oleh server admin untuk mengelola konfigurasi akun cPanel atau reseller hosting. Dengan WHM, admin server bisa membuat akun cPanel, kelola paket hosting hingga melakukan konfigurasi server.

Salah satu menu yang tersedia di WHM adalah backup and restore. Fitur ini sangat bermanfaat bagi admin server, untuk membuat backup data cPanel atau melakukan restore backup. Selain itu, fitur ini juga bisa Anda manfaatkan untuk proses migrasi dari hosting lama ke hosting yang baru.

Pada panduan ini, kami akan memberikan cara backup akun cPanel beserta proses restore datanya. Berikut informasi selengkapnya.

Cara backup akun cPanel

Backup adalah proses menyalin atau membuat data cadangan. Data backup dapat disimpan di server atau bisa Anda unduh untuk disimpan dalam penyimpanan external. Backup sangat penting dilakukan secara rutin, agar bila terjadi kerusakan atau kehilangan file bisa dilakukan pemulihan dengan cara restore.

Berikut cara backup data cPanel melalui WHM:

  1. Login ke WHM VPS Anda melalui url https://ip_vps:2087
  2. Selanjutnya klik menu List Account -> pilih salah satu user/akun hosting yang akan dibackup -> klik logo cPanel seperti gambar berikut:
login cpanel dari WHM - Cara Backup dan Restore akun cPanel dari WHM
  1. Klik menu Backup > Download a Full Account Backup
download full backup cpanel
  1. Setelah itu klik tombol Generate Backup seperti gambar berikut:
generate backup cpanel

Sampai disini proses full backup cPanel telah selesai. Anda bisa cek backup di folder /home/usercPanel untuk file backup yang sudah tergenerate.

Untuk penyimpanan file backup ke komputer, Anda bisa mendownload backup melalui link download yang telah disediakan di halaman Backup.

Baca Juga : Pentingnya Melakukan Backup Website Secara Rutin

Cara Restore Backup Akun cPanel

Restore akun cPanel adalah mengembalikan data akun cPanel sesuai dengan backup yang digunakan. Apabila data backup tersimpan di komputer atau Anda sedang melakukan migrasi dari server luar ke VPS, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengupload file backup terlebih dahulu. File backup bisa Anda upload di directory /root atau /home.

Setelah file backup terupload ke server, selanjutnya bisa Anda ikuti langkah berikut:

  1. Login ke WHM VPS Anda melalui url https://ip_vps:2087
  2. Klik menu ‘Transfer or Restore a cPanel Account’ seperti gambar berikut:
cara restore akun cPanel di WHM - Cara Backup dan Restore akun cPanel dari WHM
  1. Pada menu Select a File, silahkan pilih file backup akun cPanel yang akan Anda restore. Setelah itu, klik tombol Restore seperti gambar berikut:
pilih file backup yang akan di restore

4. Proses restore biasanya membutuhkan waktu. Tunggu hingga proses restore selesai 100%. Setelah proses restore selesai, Anda bisa login ke cPanel akunnya untuk melihat hasilnya.

Sampai tahap ini, Anda telah mengetahui cara melakukan backup dan restore akun cPanel melalui WHM. Semoga dengan panduan ini, Anda bisa melakukan proses backup dan restore secara mandiri.

Demikian cara backup dan restore akun cPanel melalui WHM dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Denny Oktafianto