Rumahweb Journal
Banner - AlmaLinux adalah

AlmaLinux: Pengertian, Sejarah, Fitur hingga Versinya

Untuk membangun sebuah server yang mumpuni, diperlukan sebuah sistem yang reliabel. Selain hardware yang bertenaga, pilihan sistem operasi juga menjadi komponen utama untuk menghadirkan infrastruktur server yang optimal. AlmaLinux adalah salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Dari beragam pilihan sistem operasi yang tersedia saat ini, Linux menjadi salah satu pilihan paling diminati karena menawarkan stabilitas, keamanan dan efisiensi yang baik. Berdasarkan statistik dari w3techs, sistem operasi Linux digunakan oleh sekitar 47,5 % di seluruh dunia. Sisanya, sekitar 33 % menggunakan sistem operasi UNIX, yang masih satu keluarga dengan Linux.

Dari sekian banyak pilihan distribusi Linux yang aktif saat ini, AlmaLinux menjadi salah satu distribusi Linux yang digunakan oleh banyak developer karena memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya sistem operasi yang reliabel untuk digunakan dalam server website.

Apa Itu AlmaLinux

AlmaLinux adalah sebuah sistem operasi open source berbasis Linux dengan kualitas enterprise yang sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprises Linux (RHEL). AlmaLinux dikembangkan oleh perusahaan CloudLinux menggunakan kode sumber RHEL.

Tujuan utama diciptakan AlmaLinux adalah dengan tujuan untuk membuat sebuah distribusi Linux enterprise yang bisa digunakan secara bebas oleh siapapun. Dalam website resminya, AlmaLinux dideskripsikan sebagai “Sebuah distribusi Linux open source yang bebas digunakan selamanya, yang dimiliki dan dikelola oleh komunitas, dengan fokus untuk kestabilan jangka panjang, menawarkan performa terbaik untuk profesional. AlmaLinux kompatibel 1:1 secara binari dengan RHEL® dan CentOS sebelumnya.”

Sejarah AlmaLinux

Kelahiran AlmaLinux bermula ketika perusahaan Red Hat mengakuisi dan menghentikan proyek CentOS Linux pada tahun 2014, kemudian mengubahnya menjadi sebuah distribusi baru bernama CentOS Stream. Penghentian proyek CentOS membuat nasib banyak penggunanya menjadi tidak jelas. Sebagai sebuah distribusi Linux enterprise yang bisa digunakan secara bebas, CentOS sangatlah populer dan digunakan secara luas sebagai sistem operasi server yang handal.

Penghentian proyek CentOS akhirnya mendorong perusahaan CloudLinux untuk membangun sebuah distribusi Linux baru yang kompatibel dengan RHEL. Distribusi Linux tersebut kemudian dinamakan sebagai AlmaLinux, dan ditujukan sebagai pengganti proyek CentOS. AlmaLinux pertama lahir pada tahun 2021 yang bersumber pada RHEL 8.3. Versi selanjutnya mengikuti jadwal rilis RHEL dengan penomoran yang identik.

Meskipun tergolong baru, popularitas AlmaLinux naik dengan cepat dan mendapatkan tempat yang istimewa sebagai distribusi Linux kelas enterprise yang bisa diunduh dan digunakan secara bebas oleh siapapun.

Dalam halaman website resminya, AlmaLinux mendeskripsikan dirinya sebagai “Sebuah distribusi Linux open source berkelas enterprise yang dikelola oleh komunitas, bebas selamanya, fokus pada stabilitas jangka panjang dan kompatibel 1:1 dengan RHEL.”

BACA JUGA : Apa itu Kali Linux? Definisi, Fungsi hingga Penggunaannya

Fitur AlmaLinux

AlmaLinux adalah sebuah distribusi Linux yang ideal sebagai sistem operasi server maupun desktop. Berikut beberapa fitur-fitur unggulan AlmaLinux:

  1. Bersifat open source dan bebas digunakan tanpa harus membayar lisensi atau subscription.
  2. Kompatibel 100 % secara binari dengan RHEL.
  3. Didukung secara resmi oleh cPanel sebagai pengganti CentOS.
  4. Mendukung secure boot, sehingga bisa diinstal dual-boot dengan Windows pada komputer desktop.
  5. Mendapatkan update dan rilis yang teratur, mengikuti alur rilis RHEL.
  6. Memiliki basis dan forum pengguna yang semakin besar.
  7. Repository software yang besar dan kompatibel dengan EPEL repository, sehingga database software yang lengkap untuk memudahkan proses deploy server.

Dukungan cPanel Terhadap AlmaLinux

Control panel terpopuler cPanel secara resmi memberikan dukungan terhadap AlmaLinux versi 8 dan AlmaLinux versi 9. Informasi selengkapnya seputar system requirement cPanel pada sistem AlmaLinux bisa dibaca di halaman berikut.

Apabila Anda memiliki server menggunakan CentOS 7 dan terinstal cPanel, secara default cPanel akan merekomendasikan untuk mengupgrade sistem Anda ke AlmaLinux 8.

Di halaman WHM yang masih menggunakan CentOS 7, akan ada notifikasi dengan tombol Elevate to AlmaLinux 8. Dengan menekan tombol tersebut, sistem Anda akan diupgrade ke sistem operasi AlmaLinux versi 8.

BACA JUGA : Apa itu Distro Linux? Definisi, Macam, dan OS Terbaik

Versi AlmaLinux

AlmaLinux terdiri dari dua versi, yaitu sebagai berikut:

1. AlmaLinux Minimal

Merupakan versi dari AlmaLinux yang difokuskan untuk sistem operasi pada server. AlmaLinux minimal tidak memiliki antarmuka grafis. Untuk mengoperasikannya, Anda bisa menggunakan perintah teks (command line) yang bisa diakses melalui koneksi SSH, apabila terinstal di server remote seperti VPS.

2. AlmaLinux Workstation

Merupakan versi dari AlmaLinux yang ditujukan sebagai sistem operasi desktop, yang bisa Anda instal dan gunakan ke dalam komputer personal maupun laptop. Seperti halnya Windows atau Mac OS, AlmaLinux workstation memiliki tampilan grafis yang bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan komputasi sehari-hari seperti mengetik dokumen, browsing, memutar multimedia dan yang lainnya.

Tampilan desktop dari AlmaLinux workstation versi 9.2.

Manajer Paket AlmaLinux

AlmaLinux menggunakan manajer paket RPM dan DNF untuk menginstal paket aplikasi. Berikut contoh perintah (command) yang bisa Anda jalankan untuk menginstal paket di dalam AlmaLinux:

1. Update Sistem

sudo dnf update

2. Instalasi Paket

sudo dnf install namapaket1 namapaket2 dst.

Contoh: menginstal paket Apache dan PHP

sudo dnf install httpd httpd-tools php

3. Menginstal Paket Dari File Tunggal

sudo rpm -ivh namafile.rpm 

Contoh: menginstal paket Google Chrome yang didownload dari website resminya.

sudo rpm -ivh google-chrome-stable_current_x86_64.rpm

Dukungan AlmaLinux di Layanan Rumahweb

AlmaLinux merupakan salah satu pilihan sistem operasi yang tersedia di dalam layanan VPS KVM Rumahweb. Dengan menggunakan VPS KVM Rumahweb, Anda bisa membangun sebuah server yang powerul menggunakan AlmaLinux sebagai sistem operasinya.

Untuk bisa menggunakan AlmaLinux di Rumahweb, langkahnya sangat sederhana. Lakukan order VPS Murah, kemudian pilih AlmaLinux dengan versi yang Anda inginkan.

Apabila Anda sudah memiliki layanan VPS dengan sistem operasi yang berbeda dan ingin mengubahnya menjadi AlmaLinux, Anda bisa melakukan proses rebuild melalui halaman Virtualizor. Panduan selengkapnya untuk proses rebuild VPS KVM Rumahweb, bisa Anda baca di halaman berikut.

Penutup

Infrastruktur server yang handal adalah komponen utama dari teknologi komputasi awan yang reliabel. Selain hardware yang powerful, perkembangan teknologi informasi yang pesat juga menuntut hadirnya sebuah sistem operasi yang aman, stabil dan efisien.

Kombinasi keduanya mampu menghasilkan sebuah sistem dengan performa yang baik, yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi terbaru, ataupun menampilkan konten website paling mutakhir.

AlmaLinux adalah sebuah distribusi Linux dengan kualitas enterprise, yang bisa Anda gunakan secara bebas sebagai sistem operasi untuk menjalankan server maupun komputer desktop di lingkungan kerja.

Demikian artikel kami pengertian, sejarah dan fitur unggulan hingga versi AlmaLinux, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semua.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.