Rumahweb Journal
banner - rebuild vps kvm

Cara Rebuild VPS KVM Linux Rumahweb

Pada layanan VPS KVM, Anda akan diberikan akses ke panel Virtualizor untuk mengelola VPS yang telah dipesan. Melalui halaman panel Virtualizor, Anda dapat melakukan start/stop services, restart VPS, install OS hingga melakukan rebuild VPS.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara rebuild VPS melalui panel Virtualizor dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Cara rebuild VPS

Pengertian Rebuild VPS sendiri adalah proses pembaruan sistem VPS kita seperti menjadi baru, bahasa sederhananya adalah reset VPS. Namun, pada rebuild VPS, Anda dimungkinkan untuk menggantinya dengan OS Linux berbeda dari yang saat ini digunakan, sedangkan reset VPS masih tetap menggunakan OS yang sama.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah dengan teliti agar tidak salah proses:

  • Pada panel Manage VPS, tab Informasi klik tombol Manage VPS seperti gambar dibawah untuk diarahkan otomatis ke Virtualizor:
manage vps clientzone
  • Setelah berhasil login Virtualizor, klik panah di samping hostname VPS.
Setelah berhasil login Virtualizor, klik panah di samping hostname VPS.
  • Pada tab Install dan sub-tab Reinstall, pilih OS yang akan digunakan (bisa OS saat ini atau berbeda) dan klik Install dibawahnya.
rebuild vps kvm
  • Anda hanya perlu tunggu beberapa saat agar proses reinstall selesai dilakukan, sedangkan untuk melihat proses instalasinya bisa melalui tab Tasks And Logs.

Fitur Panel Virtualizor

Selain melakukan rebuild seperti panduan diatas, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti install panel seperti cPanel atau Plesk panel, hingga mengelola service pada VPS untuk start, stop, restart hingga melakukan reset password.

Manage VPS KVM

Anda bisa melakukan start, stop, restart, hingga melakukan reset password VPS melalui halaman virtualizor. Langkahnya, Anda bisa login terlebih dahulu ke panel virtualizor. Setelah itu, klik menu manage pada list VPS Anda.

Pada halaman manage, Anda bisa mengelola service yang ada di VPS. Detail terkait manage ini kami publikasi pada artikel : manage vps kvm

Install panel melalui Virtualizor

Di halaman panel virtualizor, Anda juga bisa melakukan instalasi panel vps yang tersedia, seperti install cPanel dan plesk panel.

Anda juga bisa menginstall panel ini secara manual melalui SSH, dengan panduan sebagai berikut :

Itu dia panduan kami kali ini terkait Cara rebuild VPS Linux KVM Rumahweb, semoga dapat membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Fredric Lesomar

I am an Ameteur Programer and Cybersecurity Enthusiast. Love Much, Mother Python Language, Machine Learning and You!