Rumahweb Journal
Banner - WordOps Adalah

WordOps: Pengertian, Fungsi, Cara Install dan Penggunaannya

WordOps adalah panel yang dirancang khusus untuk mengelola situs web WordPress dengan tujuan meningkatkan kinerja dan keamanannya. Lalu, bagaimana cara install WordOps di server dan bagaimana cara menggunakannya?

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu WordOps beserta fungsi, cara install hingga cara menggunakannya. Simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu WordOps

WordOps adalah aplikasi atau panel yang memungkinkan pengguna untuk mengelola instalasi WordPress dengan cepat dan efisien. Dengan menggunakan fondasi Nginx, WordOps menawarkan kinerja yang lebih baik dan fitur-fitur tingkat lanjut untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, serta stabilitas situs web.

Fungsi WordOps sejatinya mirip dengan WordPress Toolkits pada control panel seperti Plesk atau cPanel. Anda bisa menginstall, menghapus hingga mengelola beberapa WordPress secara mudah pada satu panel.

WordOps termasuk aplikasi open source, sehingga dapat Anda install secara gratis. Walaupun gratis, WordOps dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap.

Fungsi WordOps

Berikut adalah beberapa fungsi WordOps yang bisa Anda manfaatkan.

1. Instalasi yang sudah terotomatisasi

WordOps menyediakan skrip atau code otomatis yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menginstal WordPress dengan konfigurasi server yang optimal. Ini menghemat waktu dan usaha dalam pengaturan awal.

2. Manajemen website dengan lebih mudah

WordOps menyediakan antarmuka baris perintah yang sederhana dan intuitif untuk mengelola situs WordPress. Pengguna dapat dengan mudah membuat, menghapus, dan mengelola situs web mereka tanpa perlu pengetahuan mendalam tentang konfigurasi server.

3. Optimalisasi Kinerja

Dengan dukungan untuk Nginx, PHP-FPM, dan Redis, WordOps secara otomatis mengoptimalkan pengaturan server untuk meningkatkan kinerja situs web WordPress.

Ini termasuk cache tingkat server, kompresi gambar, dan teknik lainnya untuk mempercepat waktu muat halaman.

4. Keamanan yang Ditingkatkan

WordOps menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi situs web WordPress dari serangan berbahaya. Dengan memanfaatkan firewall dan penanganan serangan DDoS, WordOps membantu menjaga situs web tetap aman dan terhindar dari ancaman keamanan.

5. Manajemen Database

WordOps memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengelola database WordPress mereka melalui antarmuka yang sederhana. 

Kelebihan WordOps

1. Performa Tinggi

Dibangun dengan teknologi server terkini, WordOps memberikan kinerja tinggi untuk situs web WordPress. Pengguna dapat mengalami waktu muat halaman yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Skalabilitas

WordOps memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengelola beberapa situs web WordPress dalam satu server. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelola portofolio situs web mereka dengan efisien dan mudah ditingkatkan sesuai kebutuhan.

3. Konfigurasi otomatis

WordOps menyediakan skrip otomatis yang mengkonfigurasi server dengan pengaturan terbaik untuk WordPress. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menghabiskan waktu dan usaha dalam pengaturan manual yang rumit.

4. Komunitas yang aktif

WordOps memiliki komunitas yang menyediakan wadah untuk diskusi seputar WordOps sehingga ketika terdapat issue atau kendala bisa menggunakan forum tersebut untuk mendiskusikan kendala yang dialami.

Cara install WordOps

Sebelum melakukan install WordOps, terlebih dahulu kita harus mengetahui persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan.

Step 1. System Requirement

Pastikan VPS Anda telah memenuhi sistem requirement berikut:

Spesifikasi minimum : 

  • 100MB storage 
  • 512 RAM

Spesifikasi yang direkomendasikan : 

Jika ingin menggunakan WordOps untuk kebutuhan produksi, direkomendasikan menggunakan perangkat keras dengan spesifikasi:

  • Multi-core CPU
  • 20GB Storage
  • 2GB RAM

Virtualisasi

Platform virtualisasi yang didukung adalah:

  • VMware
  • XEN
  • OpenVZ
  • KVM
  • Hyper-V
  • LXC/LXD

Sistem Operasi

  • Ubuntu 18.04 LTS/16.04 LTS/19.04 x86_64
  • Debian 9/10 x86_64
  • Raspbian 9/10 armv7

Port

  • SSH: 22
  • HTTP: 80
  • HTTPS: 443
  • WordOps Backend: 22222

Pada tutorial ini, kami menggunakan layanan VPS KVM dari Rumahweb. Kami menggunakan paket M dengan OS Ubuntu 18.04.

Step 2. Cara Install WordOps

  1. Buka terminal atau koneksi SSH ke server Anda.
  2. Jalankan perintah berikut untuk mengunduh script instalasi WordOps:
wget -qO wo wops.cc && sudo bash wo
Download Package WordOps
  1. Setelah itu instal main stack dengan perintah berikut : 
wo stack install
Install WordOps
  1. Tunggu proses instalasi selesai, setelah itu catat username dan password untuk login WordOps Backend.

Login WordOps

Setelah proses install WordOps selesai, silahkan login menggunakan IP server Anda dengan port 22222. Contohnya sebagai berikut:

https://ipvps_anda:22222
Dashboard WordOps

Jika sudah berhasil login, Anda akan diarahkan untuk menuju halaman dashboard seperti gambar diatas. Di halaman ini Anda bisa melakukan monitoring, install versi php, kelola database hingga kelola cache pada sisi server.

Pada menu monitoring, Anda bisa melihat informasi resource secara realtime. Informasi berupa CPU usage, RAM, Load hingga process dapat Anda pantau.

Monitoring server

Dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan, Anda akan dapat memanfaatkan fitur-fitur WordOps untuk mengelola server Anda dengan mudah dan meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda.

Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi WordOps dan melihat bagaimana platform ini dapat membantu Anda dalam memaksimalkan potensi situs web WordPress Anda.

Demikian artikel kami tentang apa itu WordOps, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Akbar Wirabattana

Technical support, kadang juga menulis artikel