Rumahweb Journal
Cara Install SSL Let's Encrypt di CyberPanel

Cara Install SSL Let’s Encrypt di CyberPanel

Setelah sebelumnya kami membahas cara install SSL di CyberPanel, kali ini kami akan berbagi cara install SSL Let’s Encrypt di CyberPanel. Sebelum masuk ke tahapan installasi SSL, kami ingin mengenalkan lebih dahulu apa itu Let’s Encrypt dan apa fungsinya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Let’s Encrypt?

Let’s Encrypt adalah otoritas sertifikat non-profit yang dijalankan oleh Internet Security Research Group, yang menyediakan X. 509 sertifikat untuk Transport Layer Security enkripsi tanpa biaya atau gratis. Pertama kali diluncurkan tahun 2016, kini Let’s encrypt menjadi salah satu penerbit sertifikat SSL yang terkenal dan paling banyak digunakan.

Jadi secara garis besar, Let’s Encrypt dapat disebut sebagai penyedia SSL gratis yang bisa Anda install pada web server yang saat ini digunakan. Selain gratis, cara install ssl Let’s Encrypt juga sangat mudah.

Bahkan pada panel hosting terkenal seperti cPanel, Plesk Panel, VestaCP dan CyberPanel, instalasi SSL dapat dilakukan hanya dalam beberapa klik saja, setelah itu website anda bisa diakses melalui link HTTPS.

Tampilan Website Tanpa SSL
Tampilan Website Tanpa SSL

Cara Install SSL Let’s Encrypt di CyberPanel

Berikut tahapan install SSL Let’s Encrypt di CyberPanel secara mudah.

  1. Silahkan Anda login ke halaman CyberPanel melalui url https://ipvps:8090, dan masukkan username dan password loginnya.
Halaman Login CyberPanel
Halaman Login CyberPanel
  1. Setelah berhasil login di Dashboard CyberPanel akan menampilkan beberapa menu yang memudahkan untuk kelola website pada bagian Available Functions.
Tampilan Dashboard CyberPanel
Tampilan Dashboard CyberPanel
  1. Untuk installasi SSL Let’s Encrypt dengan klik menu SSL pada menu sebelah kiri atau langsung pada shortcut Available Function, seperti gambar berikut ini.
Menu SSL
Menu SSL
  1. Selanjutnya pada halaman SSL Functions > klik menu Manage SSL.
Menu Manage SSL
Menu Manage SSL
  1. Pilih nama domain yang diinginkan dan klik Issue SSL. Apabila ingin menambahkan domain di CyberPanel, bisa mengikuti panduan di link berikut ini.
Manage Issue SSL
Manage Issue SSL
  1. Silahkan ditunggu sampai proses installasi SSL selesai.
Proses Installasi Let's Encrypt
Proses Installasi Let’s Encrypt
  1. Apabila muncul SSL Issued for namadomainAnda.com, artinya installasi SSL Let’s Encrypt telah berhasil.
Install Let's Encrypt Berhasil
Install Let’s Encrypt Berhasil
Tampilan Website Dengan SSL
Tampilan Website Dengan SSL

Sampai langkah ini install SSL Let’s Encrypt di CyberPanel telah selesai, dan Anda bisa melakukan test akses pada website melalui link HTTPS. Apabila website dapat diakses dengan baik, maka instalasi SSL Anda telah berhasil.

Demikian panduan cara install SSL Let’s Encrypt di CyberPanel. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.