Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengaktifkan SSL di CloudFlare

Cara Mengaktifkan SSL di Cloudflare

Bagi anda yang menggunakan CloudFlare sebagai CDN (Content Delivery Network) pada website, anda dapat mengaktifkan fitur SSL Gratis yang telah tersedia di Cloudflare. SSL berfungsi agar website Anda bisa diakses melalui link HTTPS. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengaktifkan SSL di Cloudflare dengan sangat mudah.

Sertifikat SSL CloudFlare diterbitkan oleh Cloudflare, Inc dan sertifikat yang diterbitkan setingkat dengan Domain validation (DV). Hingga artikel ini diterbitkan, SSL Cloudflare support dengan protokol TLS v1.0 hingga v1.3. Artinya, compatibilitas atau jangkauan SSL Cloudflare lebih luas dibandingkan dengan SSL Let’s encrypt yang saat ini sudah mulai meninggalkan TLS v1.0 dan v1.1.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan SSL Cloudflare secara mudah.

Step 1. Menambahkan Domain ke Cloudflare

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan domain anda ke Cloudflare, yaitu dengan mengarahkan Nameserver domain anda ke NS Cloudflare.

Panduan menambahkan domain ke CloudFlare bisa anda pelajari melalui artikel berikut : Cara setting Domain di Cloudflare

Step 2. Mengaktifkan SSL Cloudflare

Setelah domain anda terverifikasi di Cloudflare, langkah selanjutnya anda bisa mencoba mengaktifkan SSL di Cloudflare pada menu SSL/TLS. Namun sebelum mengaktifkan fitur SSL di Cloudflare, silahkan cek terlebih dahulu fitur SSL yang ada di hosting Anda.

Kami sarankan agar status SSL/TLS di hosting tidak aktif, untuk meminimalisir atau menghindari conflict SSL yang nantinya bisa terjadi. Setelah itu, anda bisa mengikuti panduan berikut :

  1. Login ke Cloudflare, lalu klik domain yang ingin anda aktifkan fitur SSL-nya.
  2. Klik menu SSL/TLS > Overview. Pada bagian Your SSL/TLS encryption mode silakan klik Full. Lalu aktifkan opsi SSL/TLS Recommender sesuai gambar di bawah
Menu SSL/TLS di Cloudflare
  1. Selanjutnya silakan pilih menu SSL/TLS > Edge Certificates. Lalu aktifkan opsi Always Use HTTPS.
Mengaktifkan SSL sertifikat di Cloudflare

Sampai di tahap ini, Anda sudah berhasil mengaktifkan SSL Cloudflare. Silakan Anda coba akses melalui link HTTPS pada domain anda. Jika hasilnya adalah secure dan website bisa diakses dengan baik, artinya SSL telah berjalan dengan baik.

Informasi ssl cloudflare pada domain

Anda juga dapat memeriksa detail status SSL pada website dengan tools online seperti SSL Shopper. Pada tampilan SSL Shopper, silakan ketikkan nama domain, lalu klik tombol Check SSL.

SSL Shopper

Demikian artikel cara mengaktifkan SSL di Cloudflare dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Rifki Maulana