Rumahweb Journal
Konfigurasi-SSL-cyberpanel

Cara Install SSL di CyberPanel

Saat ini website dan SSL tidak bisa dipisahkan. Selain digunakan untuk keamanan pada website, SSL juga digunakan oleh search engine sebagai indicator untuk menampilkan hasil pencarian (SERP) terbaik. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install SSL di CyberPanel bagi para pengguna VPS.

Ada 3 proses yang harus Anda lakukan untuk instalasi SSL di CyberPanel, yaitu generate CSR+Key, Konfigurasi SSL hingga Install SSL. Panduan ini kami buat, bagi Anda yang menggunakan VPS CyberPanel, dan membeli layanan SSL berbayar di Rumahweb. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Generate CSR dan Key di CyberPanel

Langkah pertama yang dilakukan adalah generate CSR dan KEY pada CyberPanel. Generate CSR dan KEY bisa Anda lakukan melalui SSH, dengan mengeksekusi perintah berikut :

openssl req -new -newkey rsa:2048 -nodes -keyout namadomain.com.key -out namadomain.com.csr

Note: apabila Anda memesan type standard SSL, silahkan gunakan common name www.namadomain. Sedangkan jika Anda memesan layanan SSL type Wildcard, silahkan gunakan common name *.namadomain.

Konfigurasi SSL di Clientzone

Setelah CSR dan KEY di generate, silahkan melakukan konfigurasi di clientzone dengan mengikuti referensi berikut : SSL Configure

Cara Install SSL di CyberPanel

  1. Setelah certifficate issued, silahkan Anda login ke CyberPanel, kemudian akses ke menu website > list website seperti gambar berikut:
klik menu website dan list website
  1. Kemudian klik launch pada nama domain yang akan dikonfigurasi SSL. Kemudian akses ke menu Add SSL.
pilih menu add SSL di cyberpanel
  1. Setelah itu, isikan CRT key yang Anda dapatkan di email pada field “paste your cert”, dan KEY pada field Paste your KEY. Untuk KEY bisa Bapak lihat melalui ssh dari file KEY yang digenerate sebelumnya dengan menggunakan perintah nano namadomain.com.key atau cat namadomain.com.key.
cara install ssl di cyberpanel
  1. Kemudian klik save.
  2. Silahkan restart service OpenLiteSpeed melalui menu Server status > Litespeed status > reboot litespeed.

Sampai langkah ini install SSL di CyberPanel telah selesai, dan Anda bisa melakukan test akses pada website melalui link HTTPS. Apabila website dapat diakses dengan baik, maka instalasi SSL Anda telah berhasil.

Demikian cara install SSL pada CyberPanel, semoga bermanfaat.


Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Syahrizal Widiarto