Cara Efektif Upload File

Di artikel sebelumnya kami telah menulis panduan untuk mengupload file, baik melalui File Manager cPanel juga melalui FTP Client FileZilla. Ada beberapa keunggulan dan kekurangan dari masing-masing cara tersebut. Misalnya saja dengan File manager di cPanel lebih simple untuk mengupload beberapa file saja sekalian bisa mengedit file tersebut. Namun kita akan kesulitan jika mengupload banyak file dan dengan ukuran yang besar. Menggunakan FTP Client kita mengupload banyak file sekaligus, tapi tidak semua bisa menggunakan fasilitas tersebut. FTP Client menggunakan port 21 yang mana tidak semua ISP atau admin jaringan membuka port tersebut. Lalu bagaimana jika kita akan mengupload banyak file, tapi dengan cara yang cepat dan praktis? Kami buka sedikit tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Syarat yang dibutuhkan untuk bisa melakukan cara praktis tersebut adalah di komputer anda sudah terinstall program kompresi file. Kalau di windows kita bisa menggunakan program Winzip atau winrar untuk mengkompresi file menjadi .zip. Dalam contoh kali ini saya menggunakan sistem operasi linux untuk mengkompresi beberapa File menjadi .zip. Silahkan menuju folder yang akan di upload, lalu blok semua file dan folder yang akan di kompresi. Sebagai contoh, saya tampilkan screenshot mengkompres file/folder di linux.

Di contoh tersebut saya mengkompress instalasi untuk wordpress dimana di folder wordpress terdapat beberapa file dan folder. Saya masuk ke folder wordpress, kemudian blok semua file dan foldernya, baru saya kompress menjadi .zip.

Setelah file kompresi.zip selesai, silahkan anda buka cPanel atau FTP Client. Upload file kompresi.zip tersebut ke lokasi yang anda inginkan. Setelah file kompresi tersebut sudah di server (account hosting anda), silahkan masuk ke File manager. Masuk ke lokasi dimana tadi anda mengupload file kompresi.zip, klik kanan filenya dan pilih ekstrak file seperti pada gambar berikut.

Proses upload selesai dalam sekaligus 🙂

Be Sociable, Share!