Rumahweb Journal
Banner - Daily Backup - Pengertian dan Cara Download Backup Datanya

Daily Backup: Pengertian dan Cara Download Backup Datanya

Daily backup adalah layanan di Rumahweb yang berfungsi untuk membantu pelanggan melakukan backup data pada hosting setiap hari. Bagi Anda yang telah berlangganan layanan Daily backup, pelajari cara download backup yang tersedia melalui halaman clientzone. Namun sebelum membahas cara downloadnya, kami akan berbagi informasi tentang seberapa pentingnya layanan backup ini.

Apakah ada yang lebih berharga dari Pertalite, Pertamax ataupun Minyak bumi? Ada, jawabnya adalah data. Data menjadi aset terpenting pada suatu sistem bisnis, perusahaan, bahkan negara.

Bila tidak dijaga, aset berharga tersebut bisa saja rusak atau mungkin dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab hingga memunculkan kerugian yang tak terhingga.

Untuk itu, melakukan backup adalah salah satu upaya kita dalam mengamankan data dari berbagai serangan ataupun kerusakan.

Pentingnya Melakukan Backup

Melakukan backup adalah suatu langkah pengamanan dan bentuk kepedulian kita dalam mengamankan aset berharga yang berupa data. File website dan database yang ada di hosting perlu Anda amankan dengan melakukan backup secara berkala.

Setiap provider hosting, biasanya memberikan layanan backup mingguan kepada para pengguna jasanya. Walau sudah ada backup mingguan yang dilakukan support hosting, sebagai seorang pengguna yang baik yang memiliki kepedulian terhadap pentingnya data, Anda pun perlu melakukan backup juga untuk disimpan di komputer. Anda bisa melakukan backup 2 minggu sekali, atau sebulan sekali.

Di hosting Rumahweb, kami menyediakan fitur supaya Anda dapat melakukan backup secara mandiri. Sebagaimana artikel yang telah kami tulis sebelumnya, Anda dapat melakukan backup dengan mengikuti panduan berikut.

Fitur Weekly Backup di Rumahweb

Pada layanan Unlimited hosting, ada aturan yang perlu ditaati agar backup mingguan di hosting Anda tetap berjalan. Aturan tersebut adalah penggunaan inodes di hosting kurang dari 75.000 dan penggunaan disk usage kurang dari 5GB.

Apabila jumlah inodes atau disk space di hosting Anda lebih dari itu, maka dapat dipastikan layanan hosting Anda tidak lagi mendapat backup mingguan dari Rumahweb.

Bagi pengguna yang melebihi aturan tersebut, sistem akan mengirimkan notifikasi berupa “informasi backup hosting telah dihentikan” yang dikirimkan ke email kontak masing-masing.

Namun jangan panik dan jangan khawatir saat Anda mendapatkan kabar bahwa backup hosting Anda dihentikan. Masih ada solusinya, yaitu Anda dapat melakukan upgrade hosting ke paket cloud hosting atau berlangganan layanan daily backup.

Apa itu Layanan Daily Backup

Daily backup adalah salah satu layanan di Rumahweb yang berfungsi untuk membantu pelanggan melakukan backup data pada hosting setiap hari. Dengan menggunakan layanan ini, aset Anda di hosting berupa script website, email dan database akan lebih terjamin karena backup dilakukan dengan periode harian.

Layanan daily backup menjadi solusi bagi pengguna hosting yang tidak lagi mendapatkan backup mingguan dari Rumahweb. Layanan daily backup juga cocok untuk website yang melakukan update data setiap hari, sehingga data akan lebih aman.

Bagaimana soal biaya berlangganan backup? Jangan khawatir, mulai dari 10 ribu/ bulan Anda sudah mendapatkan backup harian dengan kapasitas 10GB. Berikut daftar harganya.

  • Rp. 9900/bulan (10 GB)
  • Rp. 19.900/bulan (20GB)
  • Rp. 49.900/bulan (50 GB)
  • Rp. 89.900/bulan  (100 GB)

Bila Anda ingin menggunakan layanan daily backup, idealnya kapasitas backup Anda 2 kali dari total disk usage yang Anda gunakan sekarang.

Cara Kerja dan Rules Daily Backup

Berikut adalah penjelasan cara kerja dan rules pada layanan Daily backup.

Cara kerja daily backup

Layanan daily backup ini akan membuat 1 paket backup (yang berisi 1 full backup dan 6 incremental backup). Setiap kali akan melakukan backup, layanan avertize backup akan mengecek;

  1. Apakah sisa disk space avertize pengguna, cukup untuk menampung file backup.
  2. Bila tidak cukup, avertize akan menghitung apakah 1 paket backup paling awal, bisa dihapus untuk menyisakan ruang  untuk backup yang hari ini akan digenerated.
  3. Bila masih tidak cukup, avertize akan menghitung 1 paket backup berikutnya, dan begitu seterusnya.
  4. Apabila masih tidak cukup ruang hingga paket backup yang terakhir, maka avertize akan menonaktifkan backup untuk user tersebut. Silakan menghubungi kami apabila layanan backup Anda tidak aktif.

Rules layanan daily backup

  • Jika layanan hosting suspended, proses backup tidak berjalan.
  • Jika layanan hosting diterminated/cancel, maka layanan daily backup otomatis akan ikut CANCEL dan data backup akan hilang.
  • Layanan backup tersedia di semua layanan hosting Rumahweb, kecuali pada VPS (cPanel – Non-cPanel) & WordPress Hosting.
  • Bisa dipesan disemua layanan termasuk Personal 50MB. Namun di layanan ini untuk backup mingguan tetap tidak tersedia seperti layanan yang sudah berjalan, karena backup mingguan berlaku mulai paket Personal 100MB keatas.
  • Layanan daily backup tidak bisa diproses ‘DOWNGRADE’.
  • Pelanggan bisa melakukan download backup sendiri dari Clientzone dengan klik “Request Download”.
  • UPGRADE
    • Pindah paket dari Shared Hosting/ Cloud Hosting ke WP Hosting, maka daily backup akan cancel/diterminated
    • Pindah paket dari Shared Hosting/ Cloud Hosting ke VPS, maka daily backup akan cancel/diterminated
  • Jika pelanggan melakukan cancel layanan daily backup dan ingin  diaktifkan kembali, pada dasarnya setelah cancel layanan akan langsung dihapuskan di server. 
  • Jika ingin restore data dan posisi nya pernah di cancel (nanti direstore dari weekly backup).

Cara daftar layanan Daily backup

Bila Anda menggunakan layanan Shared Hosting atau Cloud Hosting Rumahweb, Anda dapat mendaftar layanan daily backup melalui halaman client area. Berikut ini langkahnya. 

  1. Login ke Clientzone Rumahweb.
  2. Klik menu ‘Hosting’.
  3. Klik ‘Manage’.
  4. Lalu klik beli pada bagian ‘Daily Backup’.
Cara daftar layanan Daily backup
  1. Pilih Paket Backup yang ingin Anda gunakan (minimal 2 kali total disk usage hosting), kemudian klik Continue. 
daftar layanan Daily backup
  1. Pilih metode pembayaran, dan lanjutkan dengan Checkout.

Cara download file backup melalui Clientzone

Berikut adalah cara download file backup pada layanan daily backup melalui Clientzone.

  1. Login ke Clientzone Rumahweb.
  2. Klik menu ‘Hosting’.
  3. Klik ‘Manage’.
  4. Lalu klik ‘Login Backup’.
Login daily backup
  1. Selanjutnya klik ‘Request Download’, pada file backup di tanggal yang Anda pilih.
Request download backup

Cara Restore Backup

Setelah selesai mengunduh file backup melalui Clientzone, selanjutnya Anda bisa melakukan restore dengan cara mengupload file backup tersebut ke cPanel hosting. Proses restore dapat dilakukan secara partial maupun full.

Bagi Anda yang akan melakukan restore partial atau sebagian, silahkan extract terlebih dahulu file backup yang telah Anda download. Setelah itu, silahkan upload file atau folder yang akan Anda restore.

Sedangkan jika Anda ingin melakukan restore secara full, Anda bisa upload file backup ke cPanel lalu bisa mengirimkan tiket ke Rumahweb untuk bantuan restorenya.

Jadi, Seberapa Penting Memiliki Backup ?

Melakukan backup wajib dilakukan oleh semua orang yang memiliki data. Karena data adalah aset yang berharga lebih dari minyak. Bagi pemilik website, backup adalah menyalin file dan folder yang ada di server, untuk disimpan di perangkat lain, sehingga mengantisipasi bila kedepannya ada kerusakan atau kehilangan data.

Tidak ada yang tau, kedepan akan terjadi seperti apa. Melakukan backup adalah cara tercerdas bagi Anda yang peduli dengan keamanan data.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D