Rumahweb Journal

Softaculous: Pengertian, Fungsi, dan Cara Install di cPanel

Softaculous Auto Installer adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna dalam menginstal berbagai jenis perangkat lunak, seperti CMS (Content Management System), blog, forum, toko online, dan banyak lagi, di dalam lingkungan web hosting.

Dengan Softaculous Auto Installer, pengguna dapat dengan mudah mengatur dan mengelola situs web mereka dengan cepat dan efisien, tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu Softaculous hingga cara install Softaculous di cPanel. Simak artikel ini sampai selesai.

Mengenal Softaculous Auto Installer

Dengan bantuan aplikasi CMS seperti WordPress, proses pembuatan website saat ini jauh lebih mudah dan sederhana. Anda tidak perlu menguasai pemrograman untuk bisa membuat website. Berbekal CMS, proses pembuatan website semudah Anda mengetik dokumen di aplikasi Microsoft Word.

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh CMS, proses pembuatan website kini makin mudah dengan hadirnya Softaculous Auto Installer. Softaculous adalah aplikasi script library yang berfungsi untuk memudahkan proses instalasi CMS supaya lebih ringkas, cepat dan dapat diandalkan.

Fungsi Softaculous Auto Installer

Seperti halnya Google Play Store pada Android, Softaculous Auto Installer adalah sebuah aplikasi yang berisi sekumpulan skrip website yang bisa diinstal dengan mudah secara otomatis. Melalui Softaculous, Anda bisa dengan mudah menginstal sebuah CMS, dengan hanya menekan tombol Install.

Anda tidak perlu mendownload, mengekstraks dan mengatur database secara manual di control panel server, untuk menginstal sebuah skrip atau CMS. Dengan Softaculous, proses instalasi skrip berjalan sangat simpel dan cepat. Saat ini ada sejumlah 381 skrip populer yang disediakan oleh Softaculous, dan masih terus diupdate.

Fungsi Softaculous Auto Installer adalah

Tampilan Softaculous Auto Installer

Fitur-Fitur Softaculous

Softaculous Auto Installer menawarkan beragam fitur powerful yang bisa membantu memudahkan Anda dalam proses manajemen skrip atau CMS yang digunakan untuk membuat website. Berikut fitur-fitur utama yang ditawarkan Softaculous:

1. Auto Installation

Dengan Softaculous, Anda bisa menginstal skrip atau CMS secara otomatis ke dalam hosting maupun server website. Anda tidak perlu repot-repot menginstal skrip website atau CMS secara manual melalui File Manager.

2. Daily Update

Softaculous secara rutin melakukan pengecekan terhadap skrip atau CMS yang ada dan akan rutin melakukan daily update apabila ada versi skrip terbaru yang dirilir.

3. Auto Update

Fitur auto update memungkinkan Softaculous secara otomatis mengupdate skrip atau CMS secara otomatis, supaya skrip website yang terinstal selalu dalam versi terbaru dan lebih aman.

4. Backup dan Restore

Softaculous menawarkan opsi backup dan restore secara otomatis, yang akan memudahkan Anda untuk membuat backup dan merestore data website milik Anda.

5. Auto Backup

Fitur auto backup memungkinkan Softaculous melakukan proses backup website secara rutin dalam frekuensi waktu tertentu yang dikehendaki.

6. Clone Installation

Fitur ini memungkinkan Softaculous untuk mengkloning website antar domain yang ada di dalam satu control panel. Fitur ini sangat bermanfaat apabila Anda ingin menyalin isi website dari satu domain ke domain berbeda secara otomatis.

7. Application Manager

Fitur ini memudahkan Anda untuk masuk ke halaman administrator skrip website dan men-setup ulang informasi loginnya.

Masih ada beragam fitur unggulan lain yang ditawarkan oleh Softaculous. Informasi selengkapnya bisa dibaca di halaman berikut.

Control Panel Yang Didukung

Softaculous Auto Installer mendukung beragam control panel populer yang banyak digunakan saat ini. Berikut daftar control panel yang didukung oleh Softaculous Auto Installer: cPanel, DirectAdmin, Webuzo, Plesk Panel, VestaCP , ISPConfig, ISPManager, Centos Web Panel, InterWorx, Hosting Controller (Windows) dan H-Spere.

Softaculous Auto Installer juga bisa diintegrasikan dengan control panel custom. Dokumentasi resmi untuk integrasi Softaculous pada control panel custom bisa dipelajari di halaman berikut.

Jenis Lisensi Softaculous

Softaculous Auto Installer terdiri dari dua versi lisensi: free dan premium. Perbedaan utama dari lisensi free dan premium adalah jumlah skrip yang didukung. Untuk daftar skrip pada Softaculous free bisa dilihat di halaman berikut dan daftar skrip pada Softaculous premium bisa dibaca di halaman berikut.

Cara Install Softaculous di VPS cPanel

Softaculous Auto Installer bisa diinstal dengan mudah pada server VPS dengan cPanel. Referensi selengkapnya untuk instalasi Softaculous di VPS cPanel, bisa dibaca di halaman berikut.

Instalasi CMS Melalui Softaculous

Proses instalasi skrip atau CMS bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui Softaculous Auto Installer. Sebagai contoh, apabila Anda ingin menginstal WordPress, Anda cukup mengklik tombol Install pada icon WordPress, mengisi data umum, dan proses instalasi akan berjalan secara otomatis.

Referensi selengkapnya untuk proses instalasi CMS WordPress melalui Softaculous, bisa Anda baca di halaman berikut.

Dukungan Softaculous di Rumahweb

Softaculous Auto Installer tersedia secara free dan siap digunakan pada layanan Shared Hosting, Unlimited Hosting dan Cloud Hosting.

Anda juga bisa membeli lisensi Softaculous premium untuk diinstal dan diintegrasikan di layanan VPS Hosting yang sudah terinstal cPanel.

Penutup

Seperti halnya Play Store di Android, Apple Store di iPhone, atau Microsoft Store di Windows, Softaculous Auto Installer adalah depot atau pusat instalasi skrip atau CMS website. Alih-alih melakukan instalasi manual yang merepotkan, Softaculous membantu Anda untuk menginstal skrip website secara ringkas dan instan, sehingga menghemat waktu dan proses desain website secara keseluruhan menjadi lebih efisien.

Demikian artikel Softaculous: Pengertian, Fungsi, dan Cara Install di cPanel. Semoga bisa memberikan wawasan untuk memudahkan Anda dalam proses desain website yang lebih mudah, lebih efisien, dan lebih produktif.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.