Rumahweb Journal
Banner - apa itu Email Deliverability adalah

Email Deliverability: Pengertian dan Cara Setting di cPanel

Email deliverability adalah menu di cPanel yang digunakan untuk mengidentifikasi pengiriman email keluar. Di menu tersebut, ada 3 DNS record yang divalidasi, yakni SPF, DKIM dan PTR.

Pada panduan ini, kami akan mengulas apa itu email deliverability, manfaat hingga cara settingnya di cPanel.

Apa itu Email Deliverability?

Email Deliverability dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memastikan bahwa email yang dikirimkan dapat masuk ke inbox email penerima. Di cPanel, Email deliverability digunakan untuk mengidentifikasi record DNS yang berhubungan dengan email.

Ada 3 record yang akan diidentifikasi, yaitu DKIM, SPF, dan REVERSE DNS (PTR). Di menu Email Deliverability Anda bisa memvalidasi, membuat hingga mengatur record-record tersebut. Sebelum versi 78, Email Deliverability dikenal sebagai menu Authentication.

Cara kerja email deliverability di cPanel sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan mail server penerimanya, yaitu melihat record SPF dan DKIM pada domain. Jika record tersebut tidak ada atau tidak valid, maka email akan ditolak atau tidak dipercaya.

Mengenal Record SPF, DKIM dan PTR

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, ada 3 record DNS yang akan divalidasi di menu email deliverability yaitu SPF, DKIM dan PTR. Berikut penjelasan record masing-masing.

PTR Record

PTR adalah singkatan dari Pointer Record, yaitu record DNS yang berfungsi untuk memetakan IP address ke hostname. Record ini berfungsi untuk memverifikasi bahwa IP pengirim cocok dengan alamat IP mail server yang digunakan.

SPF Record

SPF adalah singkatan dari Sender Policy Framework, yaitu salah satu metode autentikasi email yang dirancang untuk mendeteksi pemalsuan alamat pengirim selama pengiriman email. Sederhananya, SPF record berfungsi agar email yang kita kirim tidak dianggap sebagai email spam oleh mail server tujuan.

Penjelasan lebih detail tentang SPF record bisa Anda baca pada artikel berikut.

DKIM Record

DKIM adalah singkatan dari DomainKeys Identified Mail, yaitu metode autentikasi email yang membantu mencegah spammer dan pihak jahat lainnya untuk meniru identitas domain yang sah.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa alamat email akan berakhiran dengan nama domain Anda, contohnya info[at]rumahweb.com. DKIM record digunakan sebagai autentikasi agar spammer dan penyerang tidak dapat meniru identitas domain, saat mengirim email untuk melakukan serangan phishing atau penipuan lainnya.

Manfaat Email Deliverability

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa ketiga record tersebut digunakan untuk membantu server email tujuan (yang menerima email) memverifikasi bahwa email tersebut berasal dari pengirim yang terpercaya.

Berikut beberapa manfaat dari Email Authentication (SPF, DKIM, dan PTR) di cPanel.

  • Meningkatkan kepercayaan email penerima agar tidak dianggap sebagai SPAM.
  • Mencegah email tidak terkirim karena authentikasi gagal.
  • Mencegah banyak email yang berisi error “Failed delivery” untuk email-email yang tidak pernah dikirim.

Setting Email Deliverability cPanel

Pada dasarnya, secara otomatis cPanel akan membuat record SPF, DKIM dan PTR di hosting yang Anda pesan. Anda hanya perlu mengarahkan Nameserver domainnya ke NS hosting tujuan agar tervalidasi.

Sebagai contoh, Anda membeli layanan domain dan hosting sepaket di Rumahweb. Maka anda tidak lagi perlu mengatur record di email deliverability karena secara otomatis telah dibuatkan oleh cPanel.

Namun ada kalanya DNS record di email deliverability mengalami failed, karena perubahan IP di hosting atau baru saja dilakukan migrasi. Karenanya, Anda perlu melakukan pengecekan dan konfigurasi ulang. Berikut cara memperbaiki record dkim dan spf dari menu “Email Deliverability”.

  1. Login cPanel. Panduan login cPanel bisa dilihat di Panduan login cPanel.
  2. Masuk ke menu “Email Deliverability”
Menu Email Deliverability
  1. Silahkan cek Email Deliverability status. Jika statusnya valid, maka anda tidak perlu melakukan apapun. Sedangkan jika statusnya failed, maka anda bisa melakukan repairing.
Cek Email Deliverability status
  1. Seperti gambar diatas, silahkan klik tombol “repair” agar secara otomatis dilakukan sinkronisasi DNS di cPanel. Atau Anda bisa klik tombol Manage untuk pengaturan lebih detail.
  2. Jika proses “REPAIR” sudah selesai, status pada Email Deliverability akan berubah menjadi valid seperti gambar berikut.
Email Deliverability repair valid

Demikian artikel kami tentang apa itu Email Deliverability dan cara memperbaiki record yang tidak valid di cPanel. Apabila Anda mengalami kesulitan, silakan menghubungi support teknis Rumahweb melalui email atau open tiket untuk dibantu pengecekannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.