Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Email di ISPConfig

Cara Membuat Email di ISPConfig

Setelah sebelumnya kami menjelaskan cara install ISPConfig di Ubuntu, pada artikel ini kami akan berbagi cara membuat email di ISPConfig.

Meskipun aplikasi messenger seperti WhatsApp saat ini menjadi media komunikasi mainstream, email tetap relevan untuk digunakan, utamanya sebagai sarana komunikasi formal antar institusi. Ada banyak layanan yang bisa digunakan untuk mengirim email, baik yang free maupun premium.

Secara teknis, layanan free email seperti gmail, yahoo dan hotmail, sudah mencukupi untuk digunakan sebagai media komunikasi berbasis email. Akan tetapi, untuk institusi formal seperti perusahaan, layanan email premium merupakan platform yang lebih tepat secara marketing, karena bisa menaikkan product awareness dan kredibilitas institusi.

Fitur utama yang tidak bisa didapatkan dari layanan free email adalah email dengan alamat domain custom. Untuk bisa membuat akun email dengan alamat @domain.com, Anda memerlukan layanan email premium.

Mengenal ISPConfig Email

Ada banyak platform yang bisa Anda pilih untuk membuat email premium. Google Workspace adalah salah satu platform paling populer untuk membuat akun email domain, dengan beragam fitur kelas enterprise. Apabila Anda mencari platform yang lebih ekonomis, Anda bisa menggunakan layanan webmail dari hosting atau VPS.

Bagi Anda yang memiliki layanan VPS Hosting, service Email dari ISPConfig adalah salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat email domain. Sebagai salah satu aplikasi control panel yang paling populer, ISPConfig memiliki fitur Email, yang bisa Anda gunakan untuk membuat akun email dengan alamat domain sendiri. Pada artikel journal kali ini, kami ingin mengulas cara membuat email di ISPConfig.

Persiapan Sistem

1. Install ISPConfig di VPS

Pastikan control panel ISPConfig telah terinstall di VPS Anda. Jika belum, anda bisa membaca panduannya melalui halaman berikut: Cara Install ISPConfig di VPS Ubuntu

2. Setting DNS pada Domain

Sebelum memulai membuat email di ISPConfig, Anda harus menyiapkan konfigurasi DNS pada domainnya terlebih dahulu. Anda harus membuat beberapa record di DNS Management domain, supaya email yang dibuat nantinya bisa mengirim dan menerima email dengan baik.

Berikut beberapa record DNS yang harus Anda buat:

1. A Record

DomainTTLRecord TypeIP or hostname
mail86400AIP_address_VPS

2. MX Record

DomainTTLRecord TypeHostnamePriority
Dikosongkan86400MXmail.domain.com1

3. SPF Record

DomainTTLRecord TypeText Information
Dikosongkan86400TXTv=spf1 ip4:IP_address_VPS +a +mx ~all

Setelah selesai membuat DNS diatas, silahkan ditunggu proses proses propagasi DNS estimasinya 1-24 jam agar koneksi internet yang Anda gunakan mengenali DNS yang dibuat. Sembari menunggu propagasi, Anda bisa membuat email di ISPConfig dengan panduan berikut.

Baca juga: Cara Membuat Email di cPanel

Cara Membuat Email di ISPConfig

Pembuatan email dapat dilakukan melalui halaman control panel ISPConfig. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Step 1. Login ke Control Panel ISPConfig

Control panel ISPConfig bisa diakses melalui URL https://hostnamevps.com:8080 atau bisa juga melalui URL https://IP_address_VPS:8080

Login ke Control Panel ISPConfig

Step 2. Menambahkan Domain

Setelah login ke ISPConfig, klik menu Email, kemudian klik tombol add new Domain. Akan muncul jendela Mail Domain, masukkan akun email yang ingin Anda buat:

  • Pada kolom Domain: Masukkan nama domain yang ingin digunakan.
  • Pada kolom SpamFilter, pilih Normal.
  • Terakhir, klik tombol Save.
Menambahkan Domain
Menambahkan Domain di ispconfig

Step 3. Membuat Akun Email

Masih di menu Email, klik menu Email Mailbox di panel sebelah kiri, kemudian klik tombol Add new mailbox.

  • Pada kolom Name: isikan nama lengkap Anda (opsional, bisa dikosongkan)
  • Pada kolom Email: masukkan nama akun email yang ingin digunakan
  • Di kolom Password: masukkan password, ulangi di kolom repeat password.
  • Opsi selanjutnya bisa Anda gunakan opsi default
  • Terakhir, klik tombol Save
cara membuat email di ispconfig
membuat email di ispconfig

Login Webmail ISPConfig

Setelah proses pembuatan akun email selesai, Anda bisa login ke halaman webmail melalui URL https://hostnamevps.com:8080/webmail atau melalui URL https://IP_address_VPS:8080/webmail

Masukkan username berupa alamat email dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.

Login Webmail ISPConfig
Baca juga artikel: Contoh Email Marketing yang Menarik

Cara Menggunakan Webmail

Service email pada ISPConfig secara default menggunakan Roundcube mail client. Anda bisa memulai menulis email dengan mengklik tombol Compose. Email yang masuk akan muncul di menu Inbox.

Roundcube menawarkan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Anda bisa mengoperasikan email domain dengan mudah dan praktis melalui halaman Roundcube mail client.

Cara Menggunakan Webmail

Penutup

Email domain adalah fitur penting yang sebaiknya hadir untuk menjadi bagian utama dari sebuah institusi formal. Dengan hadirnya email domain, kredibilitas sebuah institusi menjadi lebih terpercaya dan pada puncaknya, bisa mendatangkan keuntungan dan nilai positif yang relevan.

Layanan VPS dengan control panel ISPConfig, adalah salah satu platform yang bisa Anda pilih untuk membangun sebuah layanan email domain. Fleksibilitas VPS dan panel ISPConfig yang lengkap dan free, bisa menjadi sebuah kombinasi apik untuk menghadirkan platform email yang bisa Anda gunakan.

Demikian artikel journal cara membuat email di ISPConfig. Semoga bisa menjadi referensi yang bisa membantu Anda membangun platform email premium pada layanan VPS.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.