Rumahweb Journal
Apa Itu DKIM Record Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Apa Itu DKIM Record? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

DKIM adalah metode otentikasi email yang dirancang untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko dari email yang dipalsukan atau spoofing.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini email menjadi bagian penting dalam komunikasi dan bisnis. Namun kita sering melupakan keamanan email, yang seharusnya menjadi perhatian utama, karena maraknya serangan spoofing yang berpotensi merugikan.

Salah satu solusi yang dapat membantu Anda dalam menangani ancaman ini adalah dengan mengatur DKIM Record. Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa itu KIM Record, fungsi dan cara membuatnya.

Apa itu DKIM Record ?

DKIM adalah singkatan dari DomainKeys Identified Mail, yaitu sebuah metode otentikasi email yang melibatkan penambahan tanda tangan kriptografi pada pesan email.

Tujuan dari tanda tangan ini adalah untuk memastikan bahwa email yang dikirimkan berasal dari sumber yang dapat dipercaya, dan tidak mengalami perubahan atau pemalsuan saat proses pengiriman antara server pengirim dan penerima.

Saat Anda mengirimkan sebuah email, akan dibentuk sepasang kunci kriptografi, yaitu kunci privat (private key) dan kunci publik (public key).

Promo Hosting Murah Rumahweb

Kunci privat digunakan untuk menandatangani email, sementara kunci publik akan diterbitkan pada DNS (Domain Name System) domain Anda menggunakan record TXT (Text), yang mengandung informasi dari sumber eksternal domain Anda.

Fungsi DKIM Record

Email spoofing adalah email yang dikirim seolah-olah berasal dari perusahaan, tetapi sebenarnya email itu palsu. Umumnya email spoofing digunakan untuk aktivitas spamming, phishing, menyebarkan virus, mencuri informasi pribadi atau melakukan penipuan.

DKIM Record berfungsi untuk mengatasi masalah seperti itu. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa email yang Anda terima benar-benar berasal dari sumber yang asli dan tepercaya.

Cara Kerja DKIM

Ketika email dengan DKIM record dikirim, server penerima akan menggunakan public key yang terdapat dalam DKIM record (dns TXT pada domain pengirim) tersebut untuk memverifikasi digital signature yang terdapat dalam email.

Jika signature valid, maka email dianggap autentik dan tidak mengalami perubahan di tengah jalan. Sebaliknya, jika tanda tangan tidak valid, email tersebut mungkin dianggap mencurigakan atau dipalsukan.

Cara Membuat DKIM Record

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, untuk membuat DKIM record. Hal ini tergantung dari layanan yang Anda pesan, serta Nameserver pada domain yang Anda gunaakan.

Berikut beberapa cara membuat DKIM record yang dapat Anda pilih.

cPanel

Opsi ini bisa Anda pilih, jika Anda memesan layanan shared hosting, unlimited hosting, Cloud Hosting, atau layanan VPS dengan lisensi cPanel. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login cPanel
  2. Pilih menu Email Deliverability
  3. Klik tombol Manage disebelah kanan
  4. Scrol sampai menemukan bagian DKIM, seperti screenshot berikut ini
dkim record pada cPanel

Setelah mendapatkan DKIM record, tambahkan record ini ke DNS domain Anda melalui menu Zone Editor. Panduan lengkapnya bisa Anda baca pada artikel berikut: Cara Setting DNS domain di cPanel

Plesk Panel

Opsi ini bisa Anda pilih, jika Anda memesan layanan domain beserta WordPress hosting. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login Plesk Panel.
  2. Pilih Mail disebelah kiri > Mail Settings > klik nama domain yang akan diseting DKIM.
  3. Scrol kebawah, checklist bagian Use DKIM spam protection system to sign outgoing email messages.
  4. Klik Apply.

Titan Mail

Titan mail adalah layanan email profesional yang dapat digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan email bisnis Anda. Pengaturan DKIM record pada Titan mail kami bahas secara terpisah pada artikel berikut: DKIM record pada Titan Mail

Google Workspace

Mengaktifkan DKIM pada email Google Workspace harus dilakukan melalui halaman Admin Console Google. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke halaman admin console.
  2. Pilih menu titik-titik Apps sebelah kiri > Google Workspace > Gmail.
  3. Klik Authenticate email.
  4. Jika ada pilihan nama domain, pilih nama domain yang akan diseting DKIM.
  5. Klik Generate New Record.
  6. Select DKIM key bit length: 2048 dan Prefix selector (optional): google.
  7. Di bagian bawah kotak Generate new record, klik Generate.

Setelah mendapatkan DKIM record, tambahkan record ini ke DNS domain Anda. Referensi/tutorial dapat dilihat diakhir jurnal ini.

Setelah seting DKIM record di dns domain Anda, klik Start Authentication.

Cara menambahkan DKIM record

Sebelum melakukan pengaturan dns DKIM, perhatikan nameserver yang digunakan domain Anda. Kesalahan seting dns menyebabkan DKIM tidak berfungsi, bahkan domain tidak bisa diakses.

Pilihlah panduan diatas, sesuai dengan name server yang Anda gunakan. Jika ragu, hubungi technical support kami untuk informasi lebih lanjut.

Setelah melakukan pengaturan DKIM record, silakan menunggu waktu propagasi DNS, estimasinya 1-24 jam tergantung koneksi internet yang digunakan.

Cara cek DKIM Record

Setelah membuat DKIM record dan menunggu propagasi DNS, selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekan DKIM record untuk memastikan bahwa DKIM record telah berjalan. Caranya sebagai berikut:

  1. Akses situs https://mxtoolbox.com/SuperTool.aspx
  2. Pilih DKIM Lookup.
  3. masukan name DKIM.
cek DKIM record
  1. Jika hasil DKIM record sudah muncul dan sama seperti yang diinput, maka seting DKIM sudah benar.

Kesimpulan

DKIM adalah singkatan dari DomainKeys Identified Mail yang merupakan sebuah metode otentikasi email yang dirancang untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko email spoofing atau dipalsukan.

Dengan menggunakan DKIM, penerima dapat lebih percaya terhadap keaslian email yang diterima dari domain yang telah mengaktifkan metode ini. Metode ini membantu mengurangi risiko phishing, spam, dan serangan email lainnya, serta membantu melindungi reputasi domain pengirim dari penyalahgunaan.

Demikian artikel kami tentang apa itu DKIM beserta fungsinya, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)

banner Pop Up - Hosting 99K