Rumahweb Journal
Banner - Plugin WP Smush - Pengertian, Fitur dan Cara Menggunakannya

Plugin WP Smush : Pengertian, Fitur dan Cara Menggunakannya

Kecepatan loading website menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap peringkat SEO pada website di mesin pencari seperti Google. Plugin WP Smush adalah salah satu plugin WordPress yang dapat Anda gunakan, untuk membantu mengoptimalkan kecepatan website Anda. Lalu apa fitur dan bagaimana cara menggunakannya, simak selengkapnya di artikel berikut.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan mengoptimalkan gambar. Semakin kecil ukuran gambar yang digunakan, maka semakin cepat website dapat diakses. Namun, di sisi lain, jika ukuran gambar terlalu kecil, kualitas gambar tersebut akan menurun dan membuatnya terlihat tidak menarik.

Plugin WP Smush menjadi salah satu solusi untuk membantu Anda meningkatkan kecepatan website melalui optimasi gambar. Sehingga gambar dapat ringan ketika diakses namun tetap terlihat jelas.

Apa itu Plugin WP Smush ?

Plugin WP Smush adalah salah satu plugin WordPress yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan kecepatan website melalui compressing image. Dengan semakin kecil ukuran image ketika di load, maka semakin cepat juga website anda ketika diakses.

Walupun di compress hingga mendapatkan ukuran ideal, namun plugin WP Smush mampu mempertahankan kualitas pada gambar. Sehingga ketika diakses, gambar akan tetap terlihat bening atau tidak buram.

Plugin ini tersedia dua versi yaitu gratis dan berbayar. Hingga artikel ini dipublikasi, Plugin WP Smush telah di install lebih dari 1 juta website di seluruh dunia.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

BACA JUGA: WP Rocket : Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress

Fitur Plugin WP Smush

Berikut beberapa fitur yang ada pada plugin WP Smush :

  • Super Smush – Mengoptimalkan gambar hingga 2x lebih banyak.
  • Lossless Compression – Mengkompress gambar tanpa mengurangi kualitas pada gambar.
  • Lazy Load – Menunda gambar dimuat sebelum dilihat.
  • Bulk Smush – Mengoptimalkan dan kompress gambar secara masal.
  • Background Optimization (Versi Pro) – Pengoptimalan gambar berlangsung meskipun plugin telah ditutup.
  • Image Resizing – Dapat mengatur ukuran gambar.
  • Incorrect Image Size Detection – Menemukan gambar tidak sesuai yang menyebabkan website lambat.
  • Directory Smush – Mengoptimalkan gambar pada direktori lain.
  • Automated Optimization – Melakukan kompress secara otomatis saat gambar di upload.
  • dan masih banyak lagi.

Selain itu plugin WP Smush telah kompatibel dengan tema dan plugin lain yang dapat memenuhi kebutuhan website Anda.

Kelebihan dan kekurangan plugin WP Smush

Setelah mengetahui apa itu plugin WP Smush dan fiturnya, selanjutnya kami akan memaparkan kelebihan dan kekurangan dari plugin ini.

Kelebihan

Dengan menggunakan plugin WP Smush, Anda akan lebih mudah melakukan pengoptimalan gambar dengan cepat saat melakukan upload gambar ke website.

Selain itu, Anda dapat melakukan kompress gambar secara masal pada gambar yang sudah di upload pada media gallery website. Dengan menggunakan cara ini, sangat mudah bagi Anda untuk melakukan optimasi gambar guna meningkatkan kecepatan loading pada website.

Kekurangan

Tingkat kompresi pada plugin WP Smush kurang maksimal, jika dibandingkan dengan compress foto secara online. Contohnya ketika gambar yang Anda upload memiliki size yang cukup besar. Plugin WP Smush hanya akan mengurangi sekitar 10-20% saja, sehingga hasilnya akan tetap berukuran besar.

Contohnya Anda mengupload file gambar dengan ukuran 3MB, jika di kompres menggunakan plugin WP Smush hanya akan menghasilkan sekitar 2.4 MB – 2.7 MB. Hemat kami, ukuran kapasitas gambar ini masih terlalu besar.

Alternatif Optimasi Gambar

Meskipun plugin WP Smush memiliki kelebihan dan kekurangan dalam mengoptimasi gambar, kami sarankan agar Anda tetap melakukan optimasi sebelum mengupload gambar ke website.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop untuk mengkompress gambar dengan cara merubah resolusi gambar, atau dapat dilakukan secara online melalui. Anda bisa membaca aplikasi kompres foto gratis di HP dan PC untuk informasi lebih lanjut.

Cara install plugin WP Smush

Sebelum melakukan instalasi Plugin WP Smush, pastikan bahwa Anda telah menginstall WordPress dan Anda dapat log in ke Dashboard untuk melakukan instalasi. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Login ke dashboard WordPress, kemudian pilih plugin dan klik add new.
Menambah Plugin Baru
  1. Kemudian di halaman plugin cari atau ketikkan WP Smush. Lalu klik install dan aktifkan.
Install Plugin WP Smush
  1. Selesai, plugin WP Smush telah terinstal pada website WordPress Anda.

Cara konfigurasi plugin WP Smush

Setelah berhasil melakukan instalasi, berikut cara konfigurasi plugin WP Smush.

Saat pertama kali berhasil melakukan instalasi, akan menampilkan popup untuk melakukan konfigurasi. Pada popup ini silahkan klik Begin Setup.

Kemudian aktifkan Automatically optimize new uploads fitur ini akan mengkompress secara otomatis saat upload gambar ke website. Lalu klik next.

Kemudian aktifkan Enable enhanced multi-pass lossy compression yang berfungsi untuk mengkompress gambar hingga 2x lebih banyak, lalu klik next.

Selanjutnya aktifkan Strip my image metadata yang berfungsi untuk menghapus Exif Metadata seperti tanggal, waktu dan tempat, lalu klik next.

Kemudian aktifkan Enable Lazy Loading fitur ini akan menunda gambar dimuat sehingga akan mempercepat website saat diakses, lalu klik Finish Setup Wizard.

Selesai, dan secara otomatis akan mengoptimalkan gambar pada website WordPress Anda.

Apabila Anda ingin mengkonfigurasi lebih jauh dengan fitur yang lebih lengkap, anda dapat menggunakan plugin WP Smush versi pro sehingga pengoptimalan pada gambar akan lebih maksimal.

Kesimpulan

Plugin WP Smush adalah salah satu plugin WordPress yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan kecepatan website melalui compressing image. Bagi pengguna WordPress pemula, plugin ini akan sangat memudahkan Anda untuk melakukan optimasi gambar tanpa menurunkan kualitas gambar.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda dalam melakukan optimasi kecepatan website salah satunya melakukan optimasi pada gambar.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Dito Priwanto