Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
install-dan-setting-yoast-seo-wordpress

Cara Install dan Setting Plugin Yoast SEO di WordPress

Plugin Yoast SEO adalah salah satu plugin yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi website search engine, yaitu optimasi yang bertujuan untuk meningkatkan performa website dalam search engine sehingga ada peningkatan pengunjung pada websitenya.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara setting Yoast SEO dengan beberapa pengaturan fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan rating website anda pada mesin pencarian.

Yang pertama, Anda harus melakukan instalasi pluginnya terlebih dahulu melalui menu Plugins > Add New dari halaman admin WordPress nya terlebih dahulu.

  1. Arahkan cursor ke menu plugins, jika sudah muncul menu add new silahkan klik. Anda akan diarahkan ke halaman penambahan plugin pada wordpress.


  2. Masukkan Yoast Seo pada kolom pencarian di kanan atas.


  3. Jika sudah muncul, silahkan klik install dan kemudian activated.
  4. Setelah plugin aktif, Anda akan menemukan menu SEO pada tab menu di bagian samping kiri layar.


  5. Masuk ke menu tersebut untuk memulai pengaturan pluginnya.
  6. Pada halaman plugin Yoast SEO akan ada pilihan configuration wizard, bisa Anda gunakan untuk memulai setting pluginnya.


  7. Selain itu, pada halaman Yoast SEO terdapat beberapa tab menu, salah satunya webmaster tools dimana pada tab menu ini Anda dapat menambahkan kode verifikasi dari beberapa search engine yang ada.

Jika sudah selesai melakukan setting plugin, Anda dapat melakukan pengaturan keyword dan lainnya, serta melakukan analisa artikel pada website dari bagian plugin Yoast SEO yang akan tampil di bawah kolom editor artikelnya.

  1. Silahkan Anda buka salah satu artikel atau buat artikel baru pada websitenya, silahkan dapat isikan judul dan juga isi artikel yang akan dibuat.
  2. Setelah artikel sudah dibuat, scroll ke bagian bawah. Anda akan menemukan bagian setting Yoast SEO pada artikel tersebut. Anda akan menemukan beberapa tab berikut, SEO, Readability, Schema, dan Sosial.


  3. Pada bagian SEO dapat digunakan untuk setting keyword (kata kunci pencarian) berdasarkan isi artikelnya. Kemudian pada readability akan menampilkan analisa plugin yoast seo pada artikel yang ada. Anda dapat mengikuti saran-saran yang diberikan pada bagian ini.




  4. Tab schema digunakan untuk setting deskripsi halamannya, dan untuk tab social digunakan untuk setting image artikel ketika dilakukan shared pada social media facebook dan twitter, seperti gambar (OG Image) dan juga judul serta deskripsi halaman otomatis ketika dilakukan share ke social medianya.

Sekian panduan install dan setting Yoast SEO di WordPress dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky

Blog Competition