Rumahweb Journal
Setting Open Graph Pada WordPress

Setting Open Graph Pada WordPress

Pertanyaan seperti “min, kenapa gambar web saya pada saat di share ke Facebook tidak muncul ya ?” hampir tiap hari kami dapatkan. Karena itu, kami ingin berbagi kepada Anda untuk memperbaiki kendala tersebut.

Tidak munculnya gambar pada saat share ke social media, disebabkan properly open graph image tidak terbaca atau tidak ditemukan. Karenanya, platform social media tidak bisa menampilkan gambar postingan Anda. Solusinya, Anda bisa menambahkan plugin atau script untuk generate og:image.

Untuk CMS WordPress, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan open graph di website :

  1. Anda bisa menginstall plugin Open Graph and Twitter Card Tags yang bisa Anda download melalui link berikut : Klik disini
  2. Untuk instalasi plugin tersebut, Anda bisa login ke dashboard > klik menu Plugins > Add New > cari “Open Graph and Twitter Card Tags”.Referensi cara install plugin bisa Anda pelajari pada link berikut : Cara Install Plugin WordPress
  3. Setelah plugin aktif, Anda bisa melakukan konfigurasi og:image melalui klik tombol setting pluginnya :
  4. Langkah terakhir, Anda bisa sesuaikan konfigurasi open graph image seperti digambar. Untuk default gambar, kami sarankan diisi dan sesuaikan dengan gambar yang Anda inginkan. Kami sarankan default gambar sebagai og:image berukuran 1200px x 630px.
    Setting Open Graph Pada WordPress 2

Penting untuk dipahami

Sebelum melakukan posting artikel, pastikan Anda telah mengupload gambar utama pada menu ‘feature image’ atau ‘gambar unggulan’. Ukuran gambar yang direkomendasikan adalah 630x315px atau 1200x630px. 

Demikian panduan membuat open graph image pada WordPress, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer