Rumahweb Journal
Apa itu ownCloud Definisi dan Cara Install di cPanel

Apa itu ownCloud? Definisi dan Cara Install di cPanel

Pernahkah Anda menggunakan layanan Online Storage seperti Google Drive, Dropbox, MediaFire atau layanan file storage lainnya? Sebenarnya Anda juga bisa membuat layanan serupa di VPS Rumahweb dan Cloud Hosting dengan aplikasi ownCloud.

Layanan online storage memudahkan Anda untuk mengakses file atau dokumen dari mana saja, selama Anda terkoneksi jaringan internet. Tidak hanya dokumen file, tetapi Anda jugabisa menyimpan file berupa musik atau video kapan saja.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian ownCloud, keuntungan ownCloud dan cara install di cPanel Hosting. Sebagai catatan, untuk penggunaan Online Storage di layanan Rumahweb hanya berlaku untuk paket Cloud Hosting atau VPS.

Sebelum melanjutkan pada cara install ownCloud, kami akan menjelaskan lebih dulu apa itu ownCloud agar Anda lebih dapat memahami artikel ini. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu ownCloud?

ownCloud adalah salah satu CMS (Content Management System) atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat layanan file hosting keperluan Online Storage gratis. Aplikasi ini mirip dengan layanan cloud storage terbaik lain seperti Dropbox, Google Drive, dan penyimpanan lainnya.

ownCloud cocok digunakan untuk mencoba membuat server file sendiri dan mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Pada dasarnya fitur ownCloud sama seperti Dropbox atau Google Drive. Hanya saja Anda bisa membangun media penyimpanan atau cloud storage sendiri dan untuk menginstallnya pun mudah melalui fitur Softaculous di cPanel.

Keuntungan Menggunakan ownCloud

Ada beberapa keuntungan menggunakan ownCloud yang bisa Anda dapatkan:

  • Gratis
    Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dibawah perlindungan ownCloud Foundation.
  • Pengaturan Keamanan Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan
    Anda dapat melakukan penyesuaian pengaturan keamanan sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menggunakan pengaturan yang sudah ada. Misalnya saja untuk menambahkan autentifikasi pada saat login dan memperketat rule yang diterapkan antar akun. Namun pastikan Anda mengerti apa yang dilakukan.
  • Melakukan Pertukaran File, Video, Musik, dan Lainnya dengan Mudah
    Anda dapat mengunggah, menyimpan, dan mengakses berbagai macam file, video, musik dengan mudah dan di mana pun berada selama masih ada jaringan internet.
  • Terintegrasi Perangkat Mobile
    ownCloud juga sudah tersedia di dalam versi mobile, seperti Android dan iOS sehingga memudahkan Anda untuk mengelolanya.
  • Tidak Ada Batasan (Unlimited)
    Tidak ada batasan besarnya penyimpanan. Anda dapat menambahkannya kapan saja. Apalagi jika mempunyai server fisik sendiri.
  • File yang Disimpan Terenkripsi
    Semua file yang tersimpan di dalam ownCloud dienkripsi sehingga meningkatkan keamanan data dan mencegahnya dan tindakan yang dapat merugikan pengguna.
  • Terdapat Fitur Calender dan Contact
    Di dalam aplikasi ownCloud juga terdapat fitur untuk kalender dan kontak yang bisa diakses dan dibagi ke siapa saja yang diberikan hak untuk mengakses.

Cara Install ownCloud di cPanel

Adapun cara install ownCloud di cPanel Hosting sangatlah mudah. Yang Anda perlukan hanya layanan Cloud Hosting atau VPS yang sudah include dengan cPanel.

Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara install ownCloud di subdomain melalui Softaculous.

  1. Login cPanel Hosting.
    Untuk login cPanel hosting, bisa melalui halaman Clientzone Rumahweb. Panduan bisa klik disini.
Login cPanel Hosting

2. Setelah login cPanel, selanjutnya silahkan ketik “softaculous” pada bagian form pencarian cPanel pojok kanan atas. Maka akan muncul menu Softaculous Apps Installer. Silahkan klik menu tersebut.

Pencarian Fitur Softaculous

3. Tunggu sebentar maka akan muncul tampilan Softaculous Apps Installer. Anda bisa melakukan instalasi berbagai software melalui Softaculous ini. Untuk instal ownCloud, pada kolom search silahkan tulis “ownCloud”. Kemudian klik ownCloud.

File Management ownCloud

4. Nantinya Anda melihat informasi singkat mengenai ownCloud seperti fitur, tampilan, ratings, review bahkan demo software. Nah, untuk melakukan instalasi silahkan klik Install Now.

Overview ownCloud

5. Mengisi data installasi ownCloud:

  • Softaware Setup
    Berisi pengaturan lokasi instalasi software ownCloud. Pada kolom Choose Protocol jika kamu menggunakan SSL silahkan pilih https:// agar aman. Jika belum menggunakan SSL, silahkan baca Cara Menambahkan SSL di Website Gratis!. Pada kolom Choose Domain, silahkan pilih nama domain yang diinginkan. Pada kolom In Directory, silahkan isi dengan nama folder. Karena OwnCloud hanya merupakan Cloud Storage, sebaiknya diletakkan dalam folder. Pada kolom Data Directory biarkan default saja.
Software Setup - ownCloud
  • Admin Account & Language
    Berisi pengaturan username dan password ownCloud ketika login. Silahkan isi dengan username dan password yang kamu inginkan. Ingat, jangan sampai lupa ya. Setelah itu kamu juga bisa memilih bahasa yang digunakan sesuai kebutuhan.
Admin Account - ownCloud
  • Advanced Options
    Berisi pengaturan tambahan seperti nama database ownCloud dan pengaturan backup. Untuk nama database biarkan default saja. Pada kolom Automated backups, silahkan pilih durasi jika ingin melakukan backup data secara berkala. Setelah selesai semua, silahkan klik Install.
Advanced Options - ownCloud

6. Silahkan ditunggu sampai proses installasi ownCloud selesai.

Installasi ownCloud

7. Instalasi OwnCloud Telah Berhasil. Nah, apabila telah muncul tampilan seperti di bawah ini maka proses instal ownCloud di Hosting Anda telah berhasil. Untuk mengakses halaman OwnCloud, silahkan klik alamat url yang telah disediakan.

Informasi Login ownCloud

Cara Login ownCloud

  1. Sesuai panduan diatas, kami memberikan contoh installasi ownCloud pada subdomain. Sehingga untuk akses login melalui url https://drive.namadomainAnda.com/index.php/login
Akses Login ownCloud

2. Silakan isikan username dan password yang sebelumnya digunakan saat installasi ownCloud di Softaculous.

3. Apabila berhasil login, akan menampilkan halaman dashboard ownCloud sesuai gambar screenshoot dibawah ini.

Halaman Dashboard ownCloud

4. Selanjutnya, untuk upload file bisa klik tombol “+” lalu klik Upload dan pilih file dari komputer/perangkat yang akan di gunakan keperluan file storage yang nantinya bisa diakses secara sharing.

Upload File Share

5. File berhasil di upload, dan bisa dishare melalui fitur Sharing > Public Links.

Create Public Link

6. Installasi ownCloud Online Storage telah selesai. Pada prinsipnya hampir sama dengan Dropbox atau Google Drive. Anda bisa melakukan upload file, membuat folder, sinkronisasi data dengan berbagai akun dan perangkat lain atau membagikan file kepada orang lain.

Demikian panduan Cara Install ownCloud di cPanel dari Rumahweb Indonesia. Semoga bermanfaat!.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

banner Pop Up - Hosting 99K