Rumahweb Journal
Banner - Tutorial Cara Install Candy CBT di cPanel Hosting

Tutorial Cara Install Candy CBT di cPanel Hosting

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install Candy CBT yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan ujian online. Di panduan ini, kami akan memberikan contoh install Candy CBT pada cPanel hosting.

Sebelum membahas cara installnya, kami akan terlebih dahulu memberikan penjelasan singkat tentang apa itu Candy CBT. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Candy CBT

Candy CBT adalah salah satu aplikasi ujian berbasis komputer yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk keperluan ujian sekolah baik SMP, SMA atau sederajat.

Awalnya Candy CBT dapat Anda download dan install secara gratis. Namun saat ini, Anda harus membeli lisensinya dengan harga sekitar 600ribuan pertahun.

Informasi selengkapnya tentang Candy CBT bisa dilihat pada link berikut: Candy CBT

Cara Install Candy CBT

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install Candy CBT melalui subdomain. Hal ini kami pilih, karena sebagian besar pengguna hosting Rumahweb menggunakan subdomain untuk link ujian pada website. Contohnya seperti ujian.smkjogja.sch.id.

Untuk membuat subdomain, Anda bisa pelajari panduannya melalui artikel berikut: Cara Membuat Subdomain di cPanel

Selain membuat subdomain, pastikan Anda telah membeli lisensi Candy CBT dan mendownload source code websitenya. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk proses install Candy CBT di cPanel.

  1. Login ke cPanel hosting anda.
  2. Masuk ke Menu “File Manager” dengan memilih icon file manager di cPanel.
image 1 - Cara Install Aplikasi Candy CBT Pada cPanel
  1. Klik folder “public_html”.
image 2 - Cara Install Aplikasi Candy CBT Pada cPanel
  1. Upload file Candy CBT di subdomain yang sudah dibuat sebelumnya dengan klik tombol “Upload”. Jika Anda belum mendowload file Candy CBT, silahkan lakukan registrasi pada website resmi Candy CBT lalu anda bisa mendownload aplikasinya.
image 3 - Cara Install Aplikasi Candy CBT Pada cPanel
  1. Kemudian klik “Select File” untuk browse file candycbt.zip yang akan diupload.
image 4 - Cara Install Aplikasi Candy CBT Pada cPanel
  1. Tunggu sampai proses upload selesai, jika sudah berubah warna menjadi hijau upload file sudah selesai dan klik “go back to link” yang ada dibawahnya.
  1. Kemudian extract file dengan klik kanan pada file candycbt-final.zip lalu “Extract”
  1. Pastikan saat extract file di lokasi folder subdomain yang telah dibuat, sebagai contoh pada folder “public_html/ujian”, kemudian “Extract File”.
  1. Setelah folder berhasil di extract, kemudian membuat nama database, username dan password melalui Menu “MySQL® Database Wizard” di cPanel,
  • Membuat database baru,
  • Membuat username dan password database,
  • Kemudian di All Privileged ceklist semua, dan klik “Next Step”.
  1. Selanjutnya upload file database melalui Menu phpMyAdmin di cPanel,
  1. Klik nama database yang sudah dibuat sebelumnya, klik “Import”, lalu pilih file dengan klik “Choose File” kemudian klik “Go”.
  1. Selanjutnya masuk ke konfigurasi database, masuk ke Menu File Manager > folder public_html > folder ujian > masuk ke folder config dan klik edit config.database.php .
  1. Silahkan diisikan dengan username, password dan database yang sebelumnya sudah dibuat kemudian klik “Save Changes”
  1. Selanjutnya, silahkan Anda mengakses url subdomain yang sudah dibuat untuk install aplikasi Candy CBT

Cara Login Candy CBT

Untuk mengakses halaman administrator, Anda bisa mengakses namadomain/admin. Contoh formatnya sebagai berikut: namadomain/admin.

Anda bisa login ke halaman administrator setelah menginstall dengan data berikut:

  • username : admin
  • password : admin

Setelah klik “Login Masuk” berhasil akan muncul tampilan halaman Administrator Candy CBT. Segera lakukan reset password untuk keamanan.

Catatan:

1. Setelah membuat subdomain baru, pastikan mengaktifkan PHP Version PHP 7.2 (ea-php72) melalui MultiPHP atau PHP Selector di cPanel .
2. Apabila tidak bisa login ke halaman administrator setelah klik “Login Admin” hanya refresh halaman disebabkan session login gagal, Anda bisa menambahkan script di folder subdomain > folder admin > cari file login.php klik kanan kemudian edit dan tambahkan script berikut dipaling atas :
# tambahkan di paling atas pada file login.php
<?php
ob_start();
?>

Demikian tutorial cara install candy cbt di cPanel hosting Rumahweb. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan hubungi technical support melalui livechat maupun trouble ticket. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 21

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.