Rumahweb Journal
Banner - apa itu Osclass adalah

Osclass : Pengertian, Fitur dan Cara Install di cPanel

Dulu, iklan baris pernah menjadi media terbaik untuk mencari barang atau jasa. Namun, seiring kemajuan dunia digital, kemudahan mencari informasi secara online membuat iklan baris semakin ditinggalkan. Jika Anda ingin tetap merasakan efektifitas iklan baris tapi dengan cara yang modern, maka membuat website iklan baris dengan Osclass adalah solusi terbaiknya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu Osclass, fitur hingga cara install Osclass di cPanel hosting. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Osclass?

Osclass adalah singkatan dari Open Source Classifieds, yaitu salah satu content management system (CMS) yang dirancang secara khusus untuk membuat situs iklan baris. Dengan Osclass, kita dapat dengan mudah membangun dan mengelola situs web listing classifieds, mirip dengan platform seperti OLX yang kita kenal.

CMS Osclass merupakan aplikai open source, sehingga dapat di download dan digunakan secara gratis. Meskipun gratis, Osclass dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik seperti Themes, Plugins, SEO Friendly hingga fitur keamanan.

Fitur Osclass

Berikut adalah beberapa fitur utama dari CMS Osclass.

Fleksibilitas Desain

Osclass menyediakan berbagai tema dan plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan dan fungsionalitas situs sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mendownload tema, lalu mengubah tampilannya sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Multi-bahasa

Osclass mendukung berbagai bahasa, sehingga Anda dapat membuat situs web yang dapat diakses oleh audiens global. Kabar baiknya, Osclass tersedia untuk Bahasa Indonesia.

Manajemen iklan yang kuat

CMS Osclass dilengkapi dengan fitur manajemen iklan, termasuk kemampuan untuk membuat, mengedit, dan menghapus iklan dengan mudah. Anda dapat mengatur kategori, tag, dan atribut khusus untuk memperluas jangkauan iklan Anda melalui halaman administrator.

SEO friendly

Salah satu kelebihan dari Osclass adalah SEO friendly. Anda dapat mengoptimasi halaman iklan, agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Selain itu, Anda bisa menambahkan meta

Gratis

Karena berbasis open source, Anda dapat mengunduh dan menggunakan Osclass secara gratis. Selain itu, Anda juga diperbolehkan untuk melakukan modifikasi file core Osclass jika dibutuhkan.

Selain dari poin yang telah kami sampaikan diatas, satu kelebihan lain dari Osclass adalah user friendly, sehingga tidak perlu keahlian coding untuk bisa mengelola website iklan baris.

Setelah mengetahui pengertian dan fitur-fiturnya, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya sekarang? Jika iya, simak panduan berikut ini.

Cara Install Osclass di cPanel

Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan, untuk menginstall CMS Osclass di cPanel, yaitu melalui Softaculous Auto Installer dan secara manual. Dari kedua cara ini, install melalui Softaculous Auto Installer adalah cara termudah.

Install melalui Softaculous

  1. Silahkan untuk login terlebih dahulu ke dalam cPanel hosting Anda. Untuk cara login cPanel bisa membaca disini
  2. Setelah berada di dalam cPanel hosting, silahkan mencari menu Softaculous.
klik menu softaculous
Mencari dari kategori Software

Atau mencari menu softaculous dari kolom pencarian

mencari softaculous
Mencari dari kolom pencarian
  1. Setelah itu, mencari Osclass di kolom pencarian sebelah kiri di halaman Softaculous
mencari osclass
  1. Pilih Custom Install.
custom install osclass
  1. Silahkan memilih nama domain yang ingin digunakan untuk pemasangan Osclass. Pada bagian In Directory silahkan dikosongkan saja.
memilih domain untuk osclass
  1. Setelah itu scroll ke bawah untuk membuat username dan password akses login Administrator Osclass.
membuat akun admin

Setelah semuanya siap, dilanjutkan klik tombol Install.

  1. Silahkan ditunggu prosesnya sampai 100%
proses instalasi osclass
  1. Hasil berikut menandakan bahwa instalasi Osclass sudah selesai diproses. Anda dapat login ke halaman Administrator Osclass untuk memulai mengedit konten website iklan sebaris Anda.
instalasi osclass berhasil

Sampai tahap ini, proses instalasi CMS Osclass telah selesai.

Install secara manual

  1. Pastikan Anda sudah mendownload file .zip Osclass terlebih dahulu di situs resminya. Jika belum, silahkan klik disini untuk mendownload file .zip nya
  2. Setelah itu silahkan untuk login terlebih dahulu ke dalam cPanel hosting Anda. Untuk cara login cPanel bisa membaca disini
  3. Setelah berada di dalam cPanel hosting, silahkan masuk ke menu File Manager
ke menu file manager
  1. Kemudian masuk ke lokasi folder public_html > tentukan letak path yang akan digunakan. Jika domain utama maka diletakkan saja di dalam public_html > klik tombol Upload untuk memulai proses upload file .zip
klik upload
  1. Klik tombol Select File dan cari lokasi file .zip yang telah didownload ke perangkat laptop/komputer Anda.
mencari lokasi file zip osclass
  1. Tunggu hingga statusnya completed (hijau) yang menandakan bahwa upload telah selesai
upload zip osclass selesai
  1. Setelah itu kembali ke folder public_html untuk memulai extrack file .zip Osclass dengan klik kanan > pilih extract
memilih extract
  1. Klik saja tombol extract.
    Jika Anda ingin meletakkan hasil extract ke path lain, silahkan mengisikan lokasi pathnya.
extract files osclass
  1. Setelah extract selesai, silahkan klik close
klik close
  1. Setelah itu klik tombol refresh di halaman file manager. Nantinya akan muncul hasil extract file .zip Osclass seperti berikut
file osclass
  1. Setelah diextrack, silahkan akses domain yang Anda gunakan untuk keperluan Osclass. Akan otomasi menampilkan halaman setup seperti berikut. Lalu klik tombol Install untuk memulai setup.
memulai install osclass
  1. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.

    Harap diperhatikan, apabila statusnya hijau maka bisa dilanjutkan klik tombol Run Install. Jika statusnya ada yang berwarna merah, silahkan dibaca perintah yang perlu dilengkapi

    Misalnya. Versi phpnya tidak sesuai atau Extensi PHP yang diperlukan tidak aktif. Maka silahkan menyesuaikan PHP atau Exstensi PHP yang diperlukan agar statusnya menjadi hijau seperti screenshot. Panduan setting PHP bisa Anda baca disini
pengecekan requirement osclass manual
  1. Setelah itu akan muncul tampilan untuk melakukan setup database. Sebelum mengisi kolom-kolom database yang tersedia. Pastikan Anda sudah membuat databasenya terlebih dahulu dari menu MySQL® Databases. Untuk panduan membuat database dapat Anda baca disini
menyesuaikan database untuk osclass
  1. Setelah klik tombol Next, akan diarahkan untuk melakukan setup untuk akun administrator.

    SIlahkan diisikan username, passowrd, nama situs, email dan location sesuai yang ingin Anda gunakan.
membuat akun admin osclass manual
  1. Setelah klik tombol Next maka akan menapilkan hasil berikut yang menandakan instalasi Osclass secara manual sudah selesai.

    Silahkan disimpan username dan password yang Anda setting sebelumnya untuk digunakan login ke halaman administator Osclass
instalasi osclass manual berhasil

Catatan

pop up terkait function mail
Apabila muncul tampilan berikut setelah melakukan setting untuk membuat akun Administrator, silahkan klik tombol OK. Pop up tersebut terjadi karena function mail di layanan hosting statusnya disable.

Apabila ke depannya lupa password Administator Osclass. Anda dapat membaca cara reset password Osclass disini

Demikian panduan mengenai alur Cara Install Osclass di cPanel Hosting. Silahkan dapat dicoba dan semoga dapat membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb
banner Pop Up - Hosting 99K