Rumahweb Journal
Banner - Odoo adalah

Odoo: Fungsi, Cara Kerja dan Cara Install di VPS Ubuntu

Odoo adalah salah satu aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat digunakan secara gratis. Dengan Odoo, Anda dapat mengotomatisasi proses, meningkatkan efisiensi, dan mendapatkan informasi melalui data analisis. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu Odoo, fungsi, cara kerja hingga cara install Odoo di VPS.

Digitalisasi bisnis adalah sebuah keniscayaan. Untuk bisa bersaing di era revolusi industri 4.0, sebuah organisasi bisnis harus melakukan transisi dari cara kerja konvensional, beralih ke sistem digital berbasis teknologi informasi.

Dalam skala mikro seperti bisnis rumahan, teknologi informasi yang sederhana masih bisa diandalkan untuk menjalankan operasional bisnis. Sebagai contoh, Anda bisa memasarkan produk rumahan melalui website sederhana, yang diarahkan ke halaman market place untuk proses order.

Namun, ketika skalabilitas bisnis Anda telah berkembang dengan signifikan, Anda memerlukan sistem yang lebih kompleks yang bisa mempermudah manajemen bisnis secara keseluruhan. Untuk menunjang kebutuhan operasional bisnis yang makin kompleks, Anda memerlukan bantuan aplikasi enterprise resource planning (ERP) yang lengkap dan bisa diandalkan, untuk membantu mempermudah pengelolaan bisnis.

Ada beberapa aplikasi ERP yang bisa Anda temui di pasaran. Salah satu dari banyak pilihan aplikasi ERP yang paling populer adalah Odoo. Di artikel journal kali ini, kami akan membahas tentang Apa Itu Odoo, Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya.

Apa Itu Odoo?

Odoo adalah sebuah aplikasi enterprise resource planning (ERP) open source, yang terdiri dari aplikasi customer relationship management (CRM), e-commerce, keuangan, akuntasi, manufaktur, logistik, manajemen proyek, manajemen SDM, manajemen inventory dan aplikasi-aplikasi lain yang esensial untuk menunjang operasional bisnis secara digital.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Odoo didistibusikan dalam dua versi, yaitu community edition yang berlisensi open source, dan versi enterprise yang berlisensi proprietary. Untuk versi komunitas, Odoo bisa digunakan secara free sedangkan untuk versi enterprise, Anda harus membayar lisensi per user.

Perbedaan utama antra kedua versi tersebut ada pada dukungan fitur yang diberikan. Tabel perbedaan versi komunitas dan enterprises, bisa dilihat di laman berikut.

Dukungan sistem

Odoo mendukung beragam sistem operasi populer yaitu Linux, Windows, Mac OS, UNIX dan Android.

Kebutuhan sistem minimal untuk bisa menjalankan Odoo dengan baik adalah sebagai berikut:

  • 4 core CPU
  • 4 GB RAM
  • 100 GB storage

Kelebihan Odoo

Odoo adalah sebuah aplikasi ERP powerful yang menawarkan segudang fitur, yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis secara digital. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Odoo:

  1. Menawarkan pilihan aplikasi yang sangat lengkap. Ada 30 aplikasi utama yang saat ini ditawarkan oleh Odoo dan selalu mendapatkan proses pembaruan secara reguler.
  2. Kemudahan instalasi dan penggunaan.
  3. Menawarkan versi komunitas yang bisa digunakan secara free.
  4. Telah memiliki integrasi yang baik dengan banyak aplikasi pihak ketiga.
  5. Lisensi berlangganan versi enterprise yang terjangkau.

Kekurangan Odoo

Meskipun menawarkan fitur dan aplikasi yang melimpah, ada beberapa kekurangan dari aplikasi Odoo. Berikut beberapa kekurangan dari aplikasi Odoo:

  1. Untuk bisa menjalankan Odoo dengan performa yang optimal, diperlukan resource sever dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Spesifikasi minimal yang disarankan adalah server dengan CPU 4 core, RAM 4 GB dan storage 100 GB. Untuk skala penggunaan yang lebih besar, diperlukan spesifikasi yang lebih besar lagi.
  2. Odoo menggunakan PostgreSQL sebagai backbone database aplikasi. Oleh karena itu, Odoo tidak bisa dijalankan pada layanan shared hosting yang tidak mendukung PostgreSQL.

Dukungan Odoo di Rumahweb

Untuk bisa menginstal dan menjalankan Odoo, Anda memerlukan sebuah server dengan hak akses root dan spesifikasi minimum seperti yang kami sebutkan sebelumnya.

Layanan Rumahweb mendukung dan bisa menjalankan aplikasi Odoo dengan menggunakan beberapa layanan unggulan yang kami tawarkan. Berikut beberapa layanan dari Rumahweb yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi Odoo:

Cara Install Odoo VPS Ubuntu

Aplikasi Odoo terdiri dari dua jenis layanan, yaitu Odoo Online dan Self Hosted. Untuk Odoo online, Anda bisa langsung menjalankan layanan Odoo menggunakan infrastruktur layanan Odoo dengan sistem SaaS (Software as a Service).

Selain layanan online, Odoo juga bisa diinstal ke dalam server milik Anda sendiri, menggunakan installer yang bisa Anda unduh dari website Odoo. Kali ini kami akan membagian langkah Odoo di server dengan OS Linux Ubuntu:

1. Login ke Server

Langkah pertama, Anda harus login ke server yang Anda miliki melalui koneksi SSH. Setelah login ke server, lakukan proses update sistem dengan menjalankan perintah berikut:

sudo apt update && sudo apt dist-upgrade

Apabila Anda menggunakan layanan VPS Rumahweb, untuk meningkatkan kecepatan proses update sistem, disarankan untuk mengubah terlebih dahulu repository default Ubuntu ke alamat mirror lokal Indonesia. Referensi selengkpanya seputar mengubah repository lokal Ubuntu, bisa Anda ikuti di artikel berikut.

2. Menjalankan Installer Odoo

Setelah proses update sistem Ubuntu selesai, Anda bisa menjalankan installer Odoo dengan perintah sebagai berikut:

sudo apt install postgresql
wget -q -O - https://nightly.odoo.com/odoo.key | sudo gpg --dearmor -o /usr/share/keyrings/odoo-archive-keyring.gpg
echo 'deb [signed-by=/usr/share/keyrings/odoo-archive-keyring.gpg] https://nightly.odoo.com/17.0/nightly/deb/ ./' | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/odoo.list
sudo apt-get update && sudo apt-get install odoo
sudo systemctl enable --now odoo

3. Proses Install Odoo di web browser

Setelah proses instalasi Odoo selesai, Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya yaitu instalasi Odoo melalui web browser:

  1. Buka web browser, kemudian akses alamat IP-Address-Server:8069
  2. Akan muncul halaman instalasi Odoo:
  • Master Password: berisi informasi master password database Odoo, yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan backup database. Informasi ini harus Anda simpan baik-baik untuk proses backup database.
  • Database name: secara default, nama database adalah odoo. Bisa diubah menggunakan nama database lain sesuai keinginan.
  • Email: isikan dengan alamat email milik Anda. Alamat email ini nantinya akan menjadi username admin untuk login ke halaman Odoo.
  • Password: isikan dengan password administrator Odoo yang Anda inginkan.
  • Klik tombol Create database, lalu tunggu hingga proses instalasi selesai. Apabila proses instalasi selesai, Anda akan dialihkan ke halaman login administrator Odoo.
install odoo di vps ubuntu - Odoo adalah

4. Backup Database Odoo

Database Odoo dari sistem yang Anda miliki, bisa Anda backup melalui alamat http://IP-Address-Server:8069/web/database/manager.

Klik tombol Backup untuk membuat backup database. Selain backup, Anda juga bisa me-restore database Odoo dari sistem sebelumnya, dengan mengklik tombol Restore Database.

database manager Odoo

Cara Kerja Odoo

Setelah proses instalasi Odoo selesai, Anda bisa login dan mengakses halaman dashboard Odoo melalui alamat IP-Address-Server:8069. Masukkan alamat email dan password administrator yang digunakan pada saat proses instalasi.

Login Odoo

Pada halaman dashboard Odoo, akan muncul katalog aplikasi yang bisa Anda instalasi. Sebagai contoh, Anda ingin menginstalasi aplikasi CRM, klik tombol Activate pada aplikasi CRM. Tunggu proses selesai hingga tombol Activate tidak muncul.

dashboard Odoo adalah

Untuk mengakses aplikasi CRM yang sudah berhasil diinstal, bisa Anda lakukan dengan mengklik tombol Apps di pojok kiri atas, kemudian klik CRM. Untuk melakukan proses instalasi aplikasi yang lain, silakan klik kembali tombol Apps di pojok kiri atas, kemudian pilih menu Apps.

menu Apps Odoo

Penutup

Perkembangan teknologi informasi yang semakin masif telah mengubah kebiasaan dan tren bisnis secara global. Pembeli di seluruh dunia semakin banyak yang memilih untuk bertransaksi secara online, karena lebih praktis dan menghemat tenaga.

Oleh karena itu, dunia bisnis harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dengan melakukan digitalisasi sistem, yang akan membantu mereka menjalankan bisnis secara holistik dan lebih baik.

Untuk bisa memenuhi misi tersebut, diperlukan sebuah aplikasi enterprise resource planning (ERP) yang bisa diandalkan, yang menawarkan fitur terlengkap, serta mudah dioperasikan. Odoo adalah salah satu aplikasi ERP yang bisa menjawab kebutuhan tersebut, yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis Anda secara lebih modern.

Demikian artikel journal kami seputar Apa Itu Odoo: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim technical support Rumahweb.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.

banner Pop Up - Hosting 99K