Rumahweb Journal
Cara Disable 2FA Login Administrator Magento Melalui cPanel

Cara Disable 2FA Login Administrator Magento Melalui cPanel

Pada panduan sebelumnya, kami telah membahas cara install Magento di cPanel. Dalam panduan ini, kami akan melanjutkan panduannya tentang cara disable 2FA login ke halaman administrator di Magento.

Namun sebelum membahas cara disable 2FA login di halaman administrator Magento, terlebih dahulu akan kami jelaskan tentang alasan perlu melakukan disable 2FA-nya. Berikut informasi selengkapnya.

Alasan Disable 2FA

Setelah instalasi CMS Magento versi 2.x selesai, secara default halaman login Magento memerlukan penggunaan 2FA. Namun, pada kasus ini, konfigurasi 2FA untuk halaman Admin Magento belum dilakukan, menyebabkan kesulitan dalam menemukan kode verifikasi setelah instalasi CMS Magento selesai.

Default 2FA Admin

Oleh karena itu, perlu dilakukan penonaktifan sementara 2FA pada admin Magento setelah instalasi website baru.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, untuk menonaktifkan 2FA Admin Magento. Yaitu secara manual dan SSH (Terminal). Pada panduan ini, kami akan menjelaskan 2 cara disable 2FA admin CMS Magento tersebut.

Solusi paling mudah untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mendisable 2FA sementara waktu. Lalu bagaimana cara mendisable 2FA saat pertama kali install CMS Magento?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Cara Disable 2FA Admin CMS Magento di cPanel

Anda bisa mengikuti panduan berikut, untuk mengetahui 2 cara disable 2FA admin CMS Mageto termudah.

Cara 1. Disable 2FA Admin Magento Secara Manual

Cara yang pertama akan kami jelaskan pada panduan ini adalah mendisable 2FA admin CMS Magento di cPanel secara manual. Cara ini dilakukan dengan mengubah atau mengedit script pada file config.php. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login cPanel Hosting.
  2. Klik menu File Manager.
Menu File Manager
  1. Masuk ke folder public_html/folder_web_Magento/app/etc/config.php , lalu klik kanan kemudian Edit.
Edit File config.php
  1. Selanjutnya silakan cari script berikut:
'MSP_TwoFactorAuth' => 1, silakan diubah menjadi 'MSP_TwoFactorAuth' => 0,
Edit Script
  1. Lalu klik tombol Save/Simpan.

Cara 2. Disable 2FA Admin Magento Melalui SSH (Terminal)

Cara yang kedua akan kami jelaskan dengan mendisable 2FA admin CMS Magento dicPanel melalui SSH/Terminal. Apabila Anda menggunakan layanan hosting murah paket Medium dan Large serta Cloud hosting, fasilitas ini sudah tersedia. Berikut cara menggunakan SSH pada layanan hosting di Rumahweb. Berikut langkah-langkah.

  1. Login cPanel Hosting.
  2. Silakan login ke cPanel dan cari menu Terminal seperti berikut.
Menu Terminal
Tampilan Terminal Command
  1. Kemudian masuk ke dalam folder/path installasi CMS Magento. Untuk contoh panduan installasi di subdomain, sehingga masuk ke folder public_html/folder_web_Magento
# cd public_html/namafolderinstallasiMagento
# php bin/magento msp:security:tfa:disable
Command Disable 2FA login Magento
  1. Selanjutnya, silakan bisa mencoba akses halaman login administrator Magento kembali, lalu isikan username dan password admin yang digunakan.
Halaman Login Magento
  1. Akhirnya, berhasil login ke halaman Administrator Magento dan bisa dilanjut dengan konfigurasi informasi nama toko, telepon, dsb.
Halaman Dashboard Admin Magento

Demikian artikel kami tentang cara disable 2FA login administrator Magento melalui cPanel. Jika anda masih mengalami kendala dalam menonaktifkan 2FA Magento, silahkan menghubungi support kami untuk bantuan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.

banner Pop Up - Hosting 99K