Rumahweb Journal
Banner - Cara Enable dan Disable Multiple RDP Sessions Pada Windows

Cara Enable dan Disable Multiple RDP Sessions Pada Windows

Multiple RDP (Remote Desktop Protocol) sessions adalah kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu sesi remote desktop secara bersamaan pada sebuah komputer atau server. Dalam artikel ini, kami akan berbagi tentang cara enable dan disable multiple RDP sessions pada VPS Windows di Rumahweb.

Namun sebelum kami jelaskan tentang multiple RDP sessions, terlebih dahulu kami akan mengulas apa itu RDP. Simak informasi berikut ini.

Apa itu RDP?

RDP adalah singkatan dari Remote Desktop Protocol, yaitu protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Microsoft. RDP digunakan untuk mengakses dan mengendalikan komputer atau server dari jarak jauh melalui jaringan, seperti internet. Dengan menggunakan RDP, Anda dapat mengakses dan mengoperasikan komputer jarak jauh seolah-olah Anda berada di depannya secara fisik.

Pada OS Windows, tersedia aplikasi bawaan yang digunakan untuk RDP yaitu Remote Desktop Connection (RDC). Dengan Remote Desktop Connection, Anda dapat terhubung ke komputer jarak jauh menggunakan protokol RDP.

Mengenal Multiple RDP Sessions

Multiple RDP (Remote Desktop Protocol) Sessions mengacu pada kemampuan untuk memiliki beberapa sesi RDP yang berjalan secara bersamaan pada sebuah komputer atau server.

Dalam konteks ini, “sesi” merujuk pada koneksi remote ke komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses desktop dan aplikasi secara independen.

Dengan multiple RDP sessions, beberapa pengguna dapat terhubung ke komputer yang sama secara bersamaan melalui RDP dan bekerja pada sesi mereka sendiri tanpa mengganggu pengguna lain yang terhubung.

Multiple sessions berguna dalam berbagai situasi, seperti:

  • Administrasi sistem: Administrator dapat mengelola dan memantau server atau komputer secara bersamaan dari lokasi yang berbeda tanpa harus berbagi satu sesi.
  • Remote support: Tim dukungan teknis dapat terhubung ke komputer pelanggan atau klien mereka untuk memberikan bantuan teknis atau perbaikan tanpa harus mempengaruhi pengguna lain yang mungkin sedang menggunakan komputer tersebut.
  • Pemecahan masalah kolaboratif: Tim yang bekerja secara kolaboratif dapat terhubung ke komputer yang sama untuk menyelesaikan masalah atau proyek secara bersamaan.
  • Penggunaan bersama sumber daya: Dalam beberapa kasus, beberapa pengguna mungkin ingin menggunakan aplikasi atau sumber daya di komputer yang sama secara bersamaan, misalnya, untuk menjalankan aplikasi bisnis yang memerlukan komputer dengan spesifikasi tertentu.

Enable Multiple RDP Sessions pada Windows

Untuk mengaktifkan multiple RDP sessions pada Windows, Anda perlu melakukan perubahan pada konfigurasi Windows terlebih dahulu. Berikut panduannya :

  1. Buka aplikasi Remote Desktop Connection (RDC). Untuk cara remote desktop VPS Rumahweb silahkan Anda buka pada link berikut.
  2. Masuk ke “Local Group Policy Editor”. Caranya dengan klik icon Search dan ketik gpedit.msc, kemudian enter.
gpedit.msc
  1. Masuk ke “Computer Configuration” > “Administrative Templates” > “Windows Components” > “Remote Desktop Services” > “Remote Desktop Session Host” > “Connections”.
menu remote desktop services
remote desktop session host
  1. Di dalam Connections, Ubah “Restrict Remote Desktop Services user to a single Remote Desktop Services session” menjadi Disable.
disable restrict remote desktop services
  1. Dan ubah “Limit number of connections” menjadi Enable dengan limit 999999.
enable multiple rdp sessions windows
menu local group policy editor

Tutup kembali window “Local Group Policy Editor”. Anda sudah bisa melakukan remote desktop dari beberapa device secara bersamaan.

Disable Multiple RDP Sessions Pada Windows

Untuk mendisable multiple RDP sessions pada Windows bisa dilakukan dengan cara mengembalikan pengaturan “Restrict Remote Desktop Services user to a single Remote Desktop Services session” dan “Limit number of connections”.

Masuk “Local Group Policy Editor”, kemudian masuk ke “Computer Configuration” > “Administrative Templates” > “Windows Components” > “Remote Desktop Services” > “Remote Desktop Session Host” > “Connections”.

Sesuaikan konfigurasi “Restrict Remote Desktop Services user to a single Remote Desktop Services session” dan “Limit number of connections” sesuai gambar dibawah ini.

disable multiple rdp sessions windows

Demikian cara enable dan disable multiple RDP sessions pada Windows. Selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Triyadi