Rumahweb Journal
Banner Cara Backup cPanel Melalui FTP

Cara Backup cPanel Melalui FTP Secara Mudah

Setelah sebelumnya kemi menjelaskan cara backup cPanel melalui menu Backups, pada panduan ini kami akan berbagi cara backup cPanel melalui FTP Connection.

Pernahkah Anda merasa cemas akan kehilangan data berharga di situs web Anda? Situs web merupakan aset berharga dan menjaga salinan cadangan (backup) merupakan tindakan yang bijaksana untuk mencegah kehilangan data yang tak terduga. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan secara rutin melakukan backup.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang cara backup data di cPanel melalui FTP Connection hingga kelebihan dan kekurangannya.

Pentingnya melakukan backup cPanel

Salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh administrator website secara berkala adalah melakukan backup data cPanel. Tujuannya adalah untuk melindungi situs web Anda dari kehilangan data yang tidak terduga serta kerusakan data akibat malware atau virus.

Salah satu metode yang umum digunakan untuk cara backup cPanel adalah dengan menggunakan protokol FTP (File Transfer Protocol). Backup data di cPanel melalui FTP dilakukan dengan cara menduplikasi data di cPanel, lalu mengirimkannya ke server FTP tujuan. Namun, metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

Kelebihan dan kekurangan backup data melalui FTP

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan backup data melalui FTP Connection di cPanel.

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan metode backup dengan FTP, seperti:

  1. FTP adalah protokol yang relatif mudah dipahami dan digunakan. Dengan bantuan perangkat lunak (software) FTP seperti filezila, WinSCP dan sebagainya, pengguna dapat dengan cepat  mengunduh file backup dari server/hosting.
  1. Anda memiliki kendali penuh atas proses backup dan pemilihan file yang akan disalin. Ini memungkinkan Anda untuk memilih data yang ingin Anda backup dan mengelolanya sesuai kebutuhan.
  1. Hampir semua penyedia hosting mendukung akses FTP ke server/hosting, sehingga Anda dapat melakukan backup menggunakan FTP dikarenakan akses FTP sudah cukup umum digunakan.
  1. Anda dapat menyimpan salinan cadangan Anda di server FTP eksternal atau penyimpanan awan, yang meningkatkan keamanan data Anda dan melindungi dari kehilangan data yang disebabkan oleh masalah server lokal Serta lebih menghemat space pada hosting/server yang digunakan

Kekurangan

Selain kelebihan, ternyata metode ini memiliki beberapa kekurangan seperti:

  1. Backup data menggunakan FTP tidak sepenuhnya otomatis. Anda perlu secara manual menginisiasi proses backup dan mengatur jadwalnya. Jika Anda lupa untuk melakukannya secara teratur, data Anda bisa berisiko.
  1. FTP mengharuskan koneksi internet yang cepat dan stabil. Koneksi yang lambat atau tidak stabil bisa menyebabkan proses backup yang lama atau bahkan gagal.
  1. FTP  bergantung dengan adanya sistem keamanan enkripsi. Tanpa ada sistem keamanan enkripsi, maka FTP tidak aman digunakan untuk transfer data dan informasi. Untuk meningkatkan keamanan, Anda perlu mengaktifkan SSL/TLS atau menggunakan protokol SFTP yang lebih aman.

Cara backup data cPanel melalui FTP

cPanel juga menyediakan opsi Backup cPanel via FTP yang langsung dikirimkan ke FTP server. Hal ini berguna apabila memiliki FTP server atau melakukan pemindahan atu kloning data dari satu website ke website lainnya.

Berikut cara backup data di cPanel melalui FTP Connection:

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Pilih menu Backups.
menu backup di cpanel
  1. Anda dapat memilih menu Download a Full Account Backup untuk mendownload seluruh data yang ada pada hosting.
download a full backup cpanel
  1. Pilih Download or Generate a Full Website Backup. Pada Kolom “Backup Destination” (kotak merah nomer satu) pilih opsi Remote FTP Server (Passive Mode Transfer) dari pilihan drop down dengan mengklik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan.
setting backup ftp
  1. Kemudian pada kolom merah nomer dua, silahkan dimasukkan informasi dari detail credentials akun FTP tujuan. Berikut contoh seting apabila ingin melakukan backup dan ditransfer ke salah satu akun cpanel  yang ada di Rumahweb:
cara backup cpanel melalui ftp

Keterangan pengisian:

  • Remote Server: isi nama domain atau IP server backup Anda
  • Remote User: isi dengan user FTP
  • Remote Password: isi dengan password FTP
  • Port: 21
  • Remote Directory: Pilih lokasi directory backup yang ingin Anda gunakan. Secara default, akan terisi dengan /.

Catatan:

Untuk pengisian data diatas, Anda bisa arahkan ke FTP server tujuan atau sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki server backup sendiri, Anda bisa mengarahkan mentransfer file backup cPanel ke directory server backup Anda. Pada contoh, kami akan mengarahkan backup cPanel ke akun cPanel hosting kami lainnya.
  1. Setelah melengkapi data diatas, silahkan klik “Generate Backup”.
backup cpanel ftp connection

Dengan setting ini, file backup cPanel akan di generate pada folder home directory dari akun cPanel tujuan.

Setelah proses backup selesai, Anda dapat melakukan pengecekan menggunakan koneksi FTP. Disini, kami menggunakan FileZilla sebagai aplikasi FTP client yang digunakan.

Apabila proses backup sudah selesai di halaman FileZilla akan terdapat file backup yang sudah dibuat seperti tampilan berikut: 

melihat hasil backup cpanel

File backup muncul di tampilan FTP bisa didownload ke komputer lokal Anda dengan cara klik kanan lalu pilih download.

Demikian panduan kami tentang cara backup cPanel melalui FTP, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Dodong Priyambodo

Penggemar Ubuntu.