Rumahweb Journal
Banner - Apa itu RDP Adalah

Apa itu RDP? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

RDP adalah protokol yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan user dapat mengakses dan mengontrol komputer dari jarak jauh melalui jaringan internet.

Pada artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang apa itu RDP hingga cara melakukan RDP Windows pada layanan VPS di Rumahweb. Simak informasi berikut ini!

Apa itu RDP?

Remote Desktop Protocol atau yang disingkat menjadi RDP adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop.

RDP adalah salah satu fitur yang tersedia di dalam sistem operasi Windows yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh misalnya VPS, seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan.

Dalam konteks RDP, komputer atau server yang diakses dari jarak jauh disebut sebagai host, sedangkan komputer yang mengaksesnya disebut sebagai client atau komputer pengendali. Pengguna dapat mengakses semua aplikasi, file, dan sumber daya yang ada di komputer atau server host melalui jendela desktop virtual di komputer client.

Di Rumahweb, ada 3 produk VPS Windows yang dapat Anda pilih. Mulai dari VPS KVM, VPS Alibaba Cloud hingga AWS. Ketiga produk VPS Windows kami dapat Anda remote secara mudah di komputer Anda melalui aplikasi Remote Desktop Connection.

Contoh Aplikasi Remote Desktop Connection - RDP adalah
Remote Desktop Connection

Fungsi RDP

Berikut adalah beberapa fungsi dari Remote Desktop Protocol (RDP) dalam VPS Windows.

1. Akses Jarak Jauh

RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengendalikan VPS dari jarak jauh melalui jaringan. Dengan menggunakan RDP, pengguna dapat terhubung dan dapat mengelola VPS dari mana saja dan kapan saja.

2. Manajemen Sistem

Administrator atau Admin dapat menggunakan RDP untuk mengelola dan memperbaiki masalah di VPS melalui jarak jauh. Mereka dapat menginstal perangkat lunak, melakukan pemeliharaan, mengatasi masalah, dan mengonfigurasi pengaturan sistem tanpa harus berada di depan VPS secara fisik.

3. Akses Aplikasi dan File

Melalui RDP, pengguna dapat mengakses semua aplikasi, file, dan sumber daya yang ada di VPS Windows. Ini memungkinkan akses ke VPS dari komputer windows manapun.

4. Keamanan

RDP menyediakan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi sesi jarak jauh, membatasi akses pengguna, dan mengotentikasi pengguna sebelum mengizinkan koneksi.

Cara Menggunakan RDP

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menggunakan RDP dari komputer Windows ke VPS Windows yang Anda miliki. Namun sebelum melakukan koneksi RDP, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat berikut ini.

  1. Layanan VPS Windows yang masih aktif.
  2. Komputer Windows
  3. Aplikasi Remote Desktop Connection

Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini untuk melakukan koneksi RDP dari komputer ke VPS Windows.

VPS KVM

Pada layanan VPS Windows di Rumahweb, fitur remote desktop telah diaktifkan pada seluruh versi OS yang ada. Sehingga untuk melakukan koneksi RDP ke VPS, Anda hanya perlu mengetahui IP, username dan password VPS Anda.

Panduan selengkapnya tentang cara menggunakan RDP di VPS KVM bisa Anda pelajari melalui artikel berikut : RDP VPS KVM

VPS Alibaba Cloud

Jika Anda baru pertama kali akan melakukan koneksi RDP, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah reset password root. Reset password root dapat dilakukan melalui halaman Alibaba Cloud.

Panduan lengkap tentang cara melakukan reset password root beserta koneksi RDP di VPS Alibaba bisa Anda baca pada artikel berikut: RDP VPS Alibaba

VPS AWS

Untuk melakukan koneksi RDP ke VPS AWS, Anda perlu mengetahui IP dan password Administrator terlebih dahulu. Informasi ini dapat Anda cek melalui halaman Clientzone Rumahweb.

Panduan lengkap tentang cara mendapatkan password root beserta koneksi RDP di VPS AWS bisa Anda baca pada artikel berikut: RDP VPS AWS

Kesimpulan

Remote Desktop Protocol atau yang disingkat menjadi RDP adalah protokol yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan user dapat mengakses dan mengontrol komputer dari jarak jauh melalui jaringan internet.

Dengan RDP, kelola VPS atau server dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja.

Demikian artikel kami tentang apa itu RDP, fungsi hingga cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.