Rumahweb Journal
Banner - Cara Remote Desktop VPS Windows di Rumahweb

Cara Remote Desktop VPS Windows di Rumahweb

Setelah sebelumnya kami menjelaskan cara RDP di VPS Alibaba, kali ini kami akan menjelaskan cara remote desktop pada VPS KVM dengan OS Windows di Rumahweb.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Remote Desktop Protocol atau RDP bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan kecepatan dan kestabilan internet dari sisi klien. Tak hanya itu, layanan RDP juga cocok bagi Anda yang ingin mengakses perangkat komputer dari jarak jauh dengan performa tinggi.

Mengenal Remote Desktop Protocol (RDP)

RDP adalah sebuah protokol komunikasi jaringan yang dibuat oleh Microsoft yang memungkinkan penggunanya dapat terhubung ke komputer lain dari jarak jauh (remote). Yang berarti RDP adalah sebuah protokol yang memungkinkan Anda untuk mengakses komputer lain serta transfer data dari jarak jauh darimana saja Anda berada.

Tidak hanya untuk transfer data saja, Anda dapat melihat tampilan layar desktop dan mengoperasikan fungsi-fungsi desktop layaknya mengoperasikan sebuah komputer Windows.

Adapun tidak semua versi Windows bisa digunakan untuk melakukan Remote Desktop dari sisi klien, seperti pada Windows 10 Home disarankan untuk melakukan upgrade ke versi Pro atau Enterprise agar dapat digunakan untuk melakukan Remote Desktop.

Fungsi dan Manfaat RDP

Pada dasarnya, fungsi RDP adalah mengirimkan monitor (output) dari remote server ke klien. Jadi ketika anda menggunakan aplikasi RDP, proses transfer data ke komputer lain akan dimasukkan ke channel remote desktop protocol.

Selain itu, fungsi RDP juga bisa memfasilitasi koneksi internet yang cepat dan stabil. Melalui Remote Desktop, Anda dapat mengelola VPS Windows dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Cara Remote Desktop VPS Windows

Pada layanan VPS Windows di Rumahweb, fitur remote desktop telah diaktifkan pada seluruh versi OS yang ada. Sehingga Anda cukup memiliki IP VPS Windows yang digunakan serta password user akses ke VPS.

Step 1. Informasi login VPS

Untuk mendapatkan data aksesnya, anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

  1. Login ke Clientzone Rumahweb terlebih dahulu
  2. Klik menu VPS, lalu klik tombol manage pada layanan VPS yang akan Anda kelola.
Cara mendapatkan informasi login vps
  1. Setelah masuk ke halaman manage layanan VPS, Anda dapat melihat informasi IP, Username dan Password akses untuk layanan VPS pada menu Informasi Account.
informasi login vps

Silahkan catat IP dan Root Password yang ada pada bagian informasi account seperti diatas.

Step 2. Cara remote desktop

  1. Setelah anda memiliki akses login ke VPS, silahkan Anda buka aplikasi Remote Desktop dari sisi klien atau komputer Anda. Jika Anda menggunakan OS Linux di komputer, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Remmina, Nomachine atau sejenisnya.
  1. Klik “Show Options” untuk menambahkan pengaturan lebih lanjut, seperti menambahkan Username, setting display, local resource, dan settingan lainnya.
cara remote desktop vps windows
  1. Pada halaman pengaturan, Anda bisa mengisi detailnya seperti keterangan berikut.
  • Pada kolom Computer, silahkan isi IP VPS yang sudah Anda dapatkan dihalaman clientzone. Sedangkan untuk kolom username, isi dengan Administrator.
  • Checklist Allow me to save credentials jika anda ingin menyimpan data akses. Kedepan, ketika anda ingin melakukan RDP kembali, maka data tersebut akan muncul dan bisa anda gunakan kembali.
cara remote desktop connection vps windows
  • Tab Display digunakan untuk mengatur mode display layar remote desktop. Silahkan gunakan mode default.
  • Pada tab Local Resource, pastikan clipboard telah tercentang agar dapat digunakan untuk copy/paste dari sisi klien ke server atau sebaliknya.
setting remote desktop connection vps windows
  1. Jika sudah selesai untuk setting remote desktopnya cukup klik tombol Connect untuk memulai akses remote databasenya.
  2. Apabila kemudian muncul informasi peringatan akses remote databasenya, cukup centang “Don’t ask me again for connections to this computer” dan kemudian klik tombol Yes.
remote desktop connection vps windows
Baca juga artikel Cara Mengatasi CredSSP RDP Error Saat Login VPS Windows
  1. Setelah itu akan muncul jendela baru Remote Desktop dari VPS yang digunakan seperti berikut :
contoh tampilan RDP

Sampai tahap ini, Anda telah berhasil melakukan remote desktop dari sisi klien ke server. Selanjutnya, Anda dapat memulai mengelola VPS Windows di Rumahweb.

Demikian cara remote desktop VPS Windows di Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Afiandhi Risky