Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev

Mengetahui Detail Jumlah inodes Melalui SSH

Secara garis besar, inode merupakan struktur data yang berisi informasi untuk sebuah objek dari file system (dapat berupa file atau direktori). Sehingga, akan ada sebuah inode untuk setiap file atau direktori yang terdapat pada Linux.

Pada layanan Hosting (Paket Unlimited) yang terdapat pembatasan jumlah inodes, Anda umumnya bisa melihat total pemakaian inodes di control Panel Hosting. Namun demikian, bagaimana jika Anda ingin mengetahui detail pemakaian indoes? Apabila Anda menggunakan layanan Hosting yang telah support penggunaan SSH, maka bisa mengetahui detail penggunaan disk inodes melalui SSH. Panduan akses SSH dapat dipelajari pada artikel di link ini

Setelah login ke SSH, ketikkan perintah pengecekan inodes berikut ini:

Tampilan:

Ketika pertama login maka akan masuk di home directory. Perintah diatas dijalankan pada home directory di account Hosting-nya. Apabila ingin memeriksa detail penggunaan inodes pada folder di dalamnya, misal public_html, maka bisa masuk ke foldernya terlebih dahulu dengan ketikkan perintah:

Setelah itu jalankan kembali perintah pengecekan inodes seperti diatas, maka akan terlihat penggunaan inodes pada setiap folder di dalam public_html seperti yg terlihat di gambar berikut:

Apabila ingin kembali ke directory sebelumnya, ketikkan perintah:

Demikian panduan untuk mengetahui detail penggunaan disk inodes melalui SSH, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition