Rumahweb Journal
Cara Menjalankan Script Perl di cPanel

Cara Menjalankan Script Perl di cPanel

Perl adalah sebuah bahasa pemrograman yang awalnya dikembangkan oleh Larry Wall pada akhir tahun 1980-an. Awalnya, perl dirancang untuk manipulasi data dan text. Namun dalam perkembangannya, kini Perl dapat digunakan untuk berbagai bidang, termasuk pengembangan website. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara menjalankan script Perl di cPanel hosting.

Namun sebelum kita membahas tentang cara menjalankan script Perl di cPanel, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu Perl secara singkat. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Perl?

Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language, yaitu sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang awalnya dikembangkan untuk memanipulasi data dan text.

Salah satu kelebihan Perl adalah fleksibilitasnya yang luar biasa dengan metode “TMTOWTDI” (There’s More Than One Way To Do It), yang berarti ada banyak cara yang berbeda untuk menyelesaikan tugas tertentu dalam bahasa ini. Hal ini memungkinkan bagi programmer atau developer untuk mengimplementasikan solusi dengan gaya dan metode yang paling sesuai preferensi dan kebutuhan client.

Meskipun popularitas Perl telah berkurang seiring waktu dengan munculnya bahasa pemrograman lain yang lebih modern, seperti Python dan Ruby, Perl tetap memiliki basis pengguna yang setia dan terus digunakan dalam banyak proyek.

Dukungan Rumahweb terhadap Perl

Layanan hosting di Rumahweb telah mendukung Perl sebagai salah satu fitur Development di cPanel. Bagi Anda yang akan menggunakan layanan Shared Hosting, fitur ini tersedia pada paket Medium dan Large.

Sedangkan pada layanan Cloud Hosting, saat ini semua paket telah mendukung fitur Perl di cPanel.

Menjalankan script Perl di cPanel

Menjalankan script Perl di cPanel cukup sederhana. Sebenarnya hampir sama dengan menjalankan script apa pun yang dapat dieksekusi oleh CGI.

Berikut adalah salah satu contoh cara menjalankan script Perl di cPanel hosting.

  1. Tambahkan script berikut pada baris pertama :
#!/usr/bin/perl

Script diatas disebut “hash bang”. Script diatas berfungsi untuk memberitahu bahwa script yang akan di jalankan merupakan script perl.

Contoh script perl, dengan nama file “helloworld.pl” :

#!/usr/bin/perl
use strict;
use warnings;
 
print "Content-type: text/html\n\n";
 
print "Hello World!";
  1. Setelah itu, tambahan permission Execute (755) pada file yang Anda buat.
contoh file perl di cPanel
  1. File Perl harus diletakan pada folder “public_html/cgi-bin/”. Jika ingin menjalankan script Perl diluar folder “public_html/cgi-bin/”, Anda harus menambahkan script berikut ini pada file “.htaccess” :
Options +ExecCGI
AddHandler cgi-script .pl
  • Pastikan file .htaccess berada pada folder yang sama dengan file Perl yang Anda buat.

Pengujian Script

Setelah file contoh helloworld.pl anda buat, selanjutnya Anda dapat mengakses ke file tersebut. Berikut adalah tampilan dari contoh script diatas:

contoh menjalankan script perl di cpanel

Sampai tahap ini, cara menjalankan script Perl di cPanel telah selesai.

Bagi Anda yang telah merancang aplikasi website berbasis Perl dan ingin agar aplikasi Anda dapat diakses secara online, kini saatnya untuk memiliki domain dan hosting melalui Rumahweb. Selain harga domain dan hosting yang terjangkau, Anda akan mendapatkan dukungan dari tim teknis yang berpengalaman dan siap membantu Anda 24/7.

Demikian artikel kami tentang cara menjalankan script Perl di cPanel, selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Triyadi