Rumahweb Journal
Banner - Solusi Backup Hosting Dihentikan

Backup Hosting Dihentikan? Temukan 3 Solusi Terbaiknya

Bantuan backup mingguan pada hosting Anda telah dihentikan? Jangan khawatir, kami punya solusinya! Dalam artikel ini, kami akan membahas 3 solusi terbaik yang dapat Anda pertimbangkan ketika bantuan backup hosting mingguan dari Rumahweb telah dihentikan. Simak informasi berikut ini.

Bantuan backup data hosting dari Rumahweb

Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis, keamanan dan ketersediaan data merupakan dua faktor penting bagi pengguna layanan hosting. Backup atau pencadangan adalah proses menyimpan salinan data untuk mengantisipasi kehilangan atau kerusakan yang tidak terduga.

Pada layanan shared hosting dan unlimited hosting, Rumahweb akan membantu melakukan backup hosting periode mingguan sesuai dengan AUP kami.

Jika penggunaan akun hosting melebihi dari limit AUP tersebut, maka backup data akan dihentikan dan selanjutnya backup data hosting menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari pelanggan.

Notifikasi backup telah dihentikan

Sesuai informasi diatas, backup hosting untuk layanan shared hosting dan unlimited hosting akan dihentikan jika penggunaan akun hostingnya melebihi limit AUP backup Rumahweb.

Ketika penggunaan data hosting Anda lebih dari limit tersebut, maka sistem akan mengirimkan notifikasi berupa email yang dikirimkan ke alamat email kontak yang terdaftar dengan subject “PERINGATAN: Penghentian Backup pada Namadomain”.

Selain melalui email, informasi backup data telah dihentikan juga bisa Anda lihat pada halaman Clientzone di menu Hosting, lalu klik tombol manage pada layanan hostingnya. Berikut contoh informasi penghentian backup melalui Clientzone.

notifikasi Backup Hosting Dihentikan

Apa yang harus dilakukan jika bantuan backup hosting dihentikan?

Backup memiliki dua tujuan utama, yaitu digunakan untuk mengembalikan data yang rusak atau hilang, serta mengembalikan data ke tanggal tertentu sesuai tanggal backup yang dilakukan.

Pentingnya melakukan backup tidak bisa diabaikan dalam dunia digital saat ini. Data yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja dapat menjadi masalah bagi bisnis atau website Anda. Karenanya, backup menjadi salah satu prioritas atau investasi keamanan data.

Backup bukan hanya sekadar langkah pencegahan terhadap serangan siber atau kegagalan sistem, tetapi juga sebagai asuransi yang akan memastikan bahwa informasi berharga Anda tetap aman dan dapat dipulihkan dengan mudah.

Karena itu, kami sangat menyarankan kepada Anda untuk secara rutin melakukan backup data pada hosting. Panduan backup di cPanel bisa Anda pelajari melalui artikel berikut ini: cara backup data di cPanel

3 Solusi backup data pada hosting

Selain melakukan backup secara manual melalui cPanel, Anda juga bisa mempertimbangkan 3 solusi terbaik berikut ini.

1. Upgrade ke Cloud Hosting

Solusi terbaik ketika hosting anda tidak lagi mendapatkan bantuan backup data adalah dengan melakukan upgrade ke paket Cloud Hosting. Pada layanan Cloud hosting, backup mingguannya kami jamin!

Selain mendapatkan jaminan backup data hosting, cloud hosting juga menawarkan dedicated resource yang artinya alokasi storage, CPU, dan RAM tidak lagi di sharing dengan pelanggan lainnya seperti pada shared hosting.

Upgrade hosting dapat dilakukan melalui halaman Clientzone, dengan panduan sebagai berikut: upgrade hosting

2. Langganan Daily Backup

Jika upgrade hosting bukan opsi yang sesuai, pilihan lainnya yang dapat Anda pilih adalah menambahkan layanan daily backup. Dengan layanan ini, hosting Anda akan di backup setiap hari, sehingga keamanan data akan lebih terjamin.

Selengkapnya tentang layanan daily backup bisa Anda pelajari pada halaman berikut ini: Daily Backup

3. Kurangi space atau inodes pada hosting

Untuk solusi terakhir, evaluasi data yang disimpan di hosting Anda. Hapus data yang tidak lagi diperlukan untuk mengurangi ukuran disk usage atau jumlah inodes. Hapus data yang tidak diperlukan hingga kurang dari 5GB dan atau inodes tidak lebih dari 75.000, agar hosting anda kembali mendapatkan backup mingguan dari Rumahweb.

Ketika disk space kurang dari 5GB dan inodes tidak lebih dari 75.000, maka secara otomatis hosting Anda akan mendapatkan kembali bantuan backup mingguan dari Rumahweb.

Namun kami sarankan agar anda tetap melakukan backup manual terlebih dahulu melalui cPanel, hingga backup mingguan di hosting Anda berjalan kembali. Selain itu, kami sarankan agar Anda secara rutin melakukan pengecekan data di hosting, untuk memastikan bahwa akun hosting Anda tetap mendapatkan bantuan backup dari Rumahweb.

Demikian artikel kami tentang 3 solusi terbaik yang dapat Anda pilih, ketika backup hosting dihentikan dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Akbar Wirabattana

Technical support, kadang juga menulis artikel