Rumahweb Journal

Cara Upgrade Joomla di Berbagai Versi

Keamanan menjadi salah satu prioritas bagi developer untuk memastikan website atau aplikasi yang dibuat dapat berjalan dengan baik, tanpa adanya gangguan dari pihak luar. Bagi Anda yang membuat website dengan CMS Joomla, upgrade Joomla menjadi salah satu solusi untuk memastikan website Anda tetap aman dan update.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang pentingnya melakukan upgrade Joomla serta cara melakukan upgrade pada Joomla diberbagai versi. Simak informasi berikut ini.

Kenapa harus melakukan upgrade?

Upgrade versi website sangatlah penting, terutama untuk keamanan website. Setiap versi terbaru dirilis, biasanya pengembang akan memberikan informasi berupa changelog atau daftar perubahan apa saja yang dilakukan.

Biasanya, salah satu perubahan yang dilakukan adalah perbaikan bug dari versi sebelumny serta fitur apa saja yang ditambahkan. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda harus melakukan upgrade Joomla ke versi terbaru.

Peningkatan keamanan website

Joomla adalah CMS yang bersifat open source, yang dibangun menggunakan PHP dan MySQL. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh software open source adalah potensi adanya kerentanan keamanan yang bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dampak dari kerentanan ini bisa berupa akses tidak sah terhadap data, upaya peretasan (hacking), penyisipan malware, atau aktivitas merugikan lainnya seperti penyebaran konten perjudian dan sejenisnya.

Oleh karena itu, ketika terdapat pembaruan versi CMS Joomla, sangat disarankan untuk melakukan upgrade versi. Salah satu alasan utamanya adalah untuk mengatasi potensi kerentanan keamanan yang mungkin ada pada versi sebelumnya dengan memperbarui ke versi terbaru yang telah memperbaiki celah-celah tersebut.

Peningkatan performa

Developer Joomla pasti akan memberikan perhatian pada peningkatan performa dan perbaikan masalah yang ditemukan sebelumnya, dengan menggunakan teknologi web terbaru.

Peningkatan kinerja ini tidak hanya berfokus pada kecepatan situs web, melainkan juga pada peningkatan stabilitas dan keamanan situs web secara keseluruhan.

Menghadirkan fitur baru

Setiap software open source yang secara rutin menghadirkan pembaruan akan menyertakan penambahan fitur baru, dan hal ini juga berlaku untuk CMS Joomla.

Contohnya, penambahan fitur yang sebelumnya tidak ada pada versi sebelumnya, penyegaran tampilan antarmuka pengguna yang lebih ramah, serta beberapa penambahan fitur lainnya yang disediakan.

Setelah memahami alasan mengapa perlu melakukan upgrade versi Joomla ke versi terbaru, selanjutnya kami membahas bagaimana cara upgrade Joomla di setiap versi major yang dirilis.

Cara Upgrade Joomla

Untuk melakukan upgrade versi Joomla, Anda dapat melakukannya melalui halaman Admisitrator. Sebelum melakukan upgrade versi, sebaiknya melalukan backup data terlebih dahulu agar ada file cadangannya.

Setelah siap untuk melakukan upgrade Joomla, silahkan dapat mengikuti referensi upgrade sesuai dengan versi yang akan digunakan.

CATATAN

Proses upgrade Joomla dari versi ke versi dilakukan secara bertahap, tidak bisa dilakukan secara langsung. Sehingga jika misalnya Anda saat ini menggunakan Joomla versi 1.6 dan ingin ke versi terbaru (versi 4). Maka Anda perlu upgrade ke versi 1.7 > lalu ke versi 2.5 > lalu versi 3 > Lalu versi 4 > Setelah itu versi 5 (terbaru)

Upgrade Joomla 4 ke versi 5

Pada 17 Oktober 2023, secara resmi Joomla merilis versi 5. Pada versi 5, ada beberapa fitur update yang cukup menarik untuk digunakan, salah satunya adalah penambahan schema and rich snippets.

Panduan upgrade Joomla 4 ke 5 bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

Upgrade Joomla 3 ke versi 4

Saat ini Joomla sudah ada versi terbaru di Joomla 4. Proses updatenya terbilang cepat karena dilakukan melalui halaman administrator Joomla. Untuk detail alurnya, Anda dapat mengikuti panduan upgrade Joomla 3 ke Joomla 4 dengan Klik disini

Upgrade Joomla 2.5.x ke Joomla 3.x

Untuk melakukan upgrade joomla dari versi 2.5.x. ke versi 3.x, kami sarankan untuk memproses upgradenya dari localhost. Hal ini untuk menghindari timeout server dan jika ada kegagalan dalam proses upgrade tidak mempangaruhi website utama Joomla yang berjalan saat ini. Untuk detail langkahnya, silahkan bisa Klik disini

Upgrade Joomla 2.5 ke Joomla 2.5.x

Untuk proses upgrade Joomla 2.5 ke Joomla 2.5.x dilakukan secara manual, yaitu dengan mengunduh dahulu file path Joomla versi 2.5.x > kemudian file path diupload ke Hosting > setelah itu dilakukan extract file.

Untuk detail langkahnya, silahkan bisa Klik disini

Upgrade Joomla 1.6 ke Joomla 2.5

Untuk melakukan upgrade Joomla dari versi 1.6 ke versi 2.5, Anda perlu upgrade dahulu ke versi 1.7. Untuk proses update dari versi 1.6 ke versi 1.7 dilakukan secara manual dengan extract file path 1.7 melalui hosting.

Setelah berhasil upgade ke versi 1.7, baru dilanjutkan proses upgrade ke versi 2.5 melalui menu Update di halaman Administrator Joomla. Untuk detail langkahnya, silahkan bisa Klik disini

Upgrade Joomla 1.5 ke Joomla 2.5

Proses upgrade Joomla 1.5 ke 2.5 dapat dilakukan dengan menggunakan fitur jupgrade melalui halaman administrator Joomla. Namun sebelum itu, silahkan upload dahulu file path joomla versi 2.5 ke dalam folder tmp di hosting Anda. Untuk detail langkahnya, silahkan bisa Klik disini

Upgrade Joomla 1.5 ke Joomla 1.5.x

Untuk proses upgrade Joomla 1.5 ke Versi 1.5.x dilakukan secara manual melalui hosting Anda. Dimana langkahnya dengan mendownload file path Joomla versi 1.5.x dan mengupload ke hosting Anda. Setelah itu dilakukan extract pada file path joomla versi 1.5.x tersebut. Detail langkahnya dapat Anda baca dengan Klik disini

Demikian panduan Rumahweb tentang Cara Upgrade Joomla di Berbagai Versi. Bila ada pertanyaan mengenai hal ini, silakan diinformasikan dengan menghubungi support kami.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Rumahweb