Rumahweb Journal
Banner - Cara Upgrade Joomla 1.5 ke 2.5 Secara Mudah

Cara Upgrade Joomla 1.5 ke 2.5 Secara Mudah

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara upgrade Joomla 1.5 ke 2.5 melalui halaman administartor. Upgrade penting untuk dilakukan agar meningkatkan keamanan, performa, dan fitur website Anda.

Kelebihan Joomla 2.5 Dibanding 1.5

Berikut adalah beberapa kelebihan Joomla 2.5 dibandingkan dengan Joomla versi 1.5:

Keamanan yang Ditingkatkan

Joomla 2.5 memiliki fitur keamanan yang ditingkatkan, termasuk perbaikan kerentanan keamanan dan patch keamanan yang lebih sering diperbarui, sehingga memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk website Anda.

Performa yang Lebih Baik

Joomla 2.5 memiliki penyempurnaan dalam hal performa dan optimisasi kode, yang dapat meningkatkan kecepatan loading halaman dan waktu respon website, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Fitur Tambahan

Joomla 2.5 menyediakan fitur tambahan yang tidak tersedia di Joomla 1.5, seperti manajemen konten yang ditingkatkan, sistem template yang lebih fleksibel, dan integrasi yang lebih baik dengan media sosial.

Dukungan Lebih Lanjut

Joomla 2.5 adalah versi yang masih didukung secara aktif oleh komunitas Joomla, sehingga Anda akan mendapatkan dukungan yang lebih lanjut dalam bentuk pembaruan, perbaikan bug, dan dokumentasi yang lebih lengkap.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Kemudahan Upgrade

Upgrade dari Joomla 1.5 ke Joomla 2.5 cukup mudah, dengan alat migrasi yang disediakan oleh Joomla. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperbarui website Anda dengan relatif lancar tanpa mengalami kehilangan data atau konfigurasi.

Cara Upgade Joomal 1.5 ke 2.5

Berikut ini cara upgrade Joomla dari versi 1.5.x ke versi 2.5.x.

Step 1. Download Joomla stable full package

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh Joomla stable full package ke versi 2.5.x. File dapat di download melalui link berikut: Joomla 2.5
  2. Upload file tersebut di folder tmp Joomla seperti gambar berikut.
upload file path joomla
  1. Setelah diupload, silahkan rename file Joomla_2.5.x-Stable-Full_Package.zip” menjadi “joomla25.zip”

Step 2. Install jupgrade

Setelah file package Joomla 2.5 di upgrade ke folder tmp, selanjutnya kita perlu install component jupgrade. Extensions ini bisa Anda download melalui GitHub.

Setelah mendownload file jupgrade, selanjutnya kita perlu login ke halaman administrator untuk install extensions tersebut. Langkahnya sebagai berikut.

  1. Login ke administrator Joomla website Anda.
  2. Klik menu extensions > Install/Uninstall.
install jupgrade extensions

Sampai disini kita telah install komponen jupgrade.

Step 3. Upgade Joomal 1.5 ke 2.5 melalui Administrator

Langkah selanjutnya silahkan aktifkan plugin “Mootols Upgrade” dari menu extensions > plugin manager > pilih Sytem Mootols Upgrade, lalu aktifkan.

Pilih disable parameter “Skip Download” di component jupgrade. Caranya masuk ke menu component >> jupgrade dan klik parameter >> kemudian pada opsi Skip Download diubah menjadi jadi ‘yes’.

Setelah itu upgrade sudah bisa mulai dijalakan dengan klik tombol “Start Upgrade”. Jika telah berhasil di upgrade akan muncul tampilan Joomla 2.5 Upgrade Finished

cara upgrade joomla 1.5 ke 2.5

Sampai disini joomla telah selesai diupgrade dan klik link Site maka akan tampil halaman joomla yang telah terupgrade. Perlu diperhatikan bahwa setelah terupgrade, maka file joomla yang baru akan tersimpan di namadomain.com/jupgrade dan di namadomain.com tetap joomla lama Anda. 

Sehingga jika Anda benar benar ingin menggunakan situs joomla yang telah terupdate maka perlu meremove file joomla yang ada sebelumnya diganti dengan file joomla di folder jupgrade yang baru.

BACA JUGA : Upgrade Joomla dari versi 2.5 ke versi 3

Demikian artikel kami tentang cara upgrade joomla 1.5 ke versi 2.5. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rumahweb