Rumahweb Journal
Cara Setting SEO di SiteJet

Cara Setting SEO di SiteJet Secara Mudah

SiteJet adalah salah satu website builder yang memungkinkan Anda membuat website secara instan. Selain karena kemudahan penggunaannya, SiteJet juga dilengkapi dengan banyak fitur, salah satunya adalah SEO. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara setting SEO di SiteJet agar website Anda bisa menjadi nomor satu di Google.

Namun sebelum membahas cara setting SEO di SiteJet, terlebih dahulu kami akan membahas tentang apa itu SEO beserta fungsinya, agar Anda lebih memahami panduan yang kami buat. Simak informasi berikut ini.

Apa itu SEO?

SEO atau search engine optimization adalah langkah optimasi pada website agar dapat muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) pada search engine seperti Google, Bing, dll.

Optimasi SEO sendiri dibagi menjadi 2 yaitu on page dan off page. Optimasi SEO on page dilakukan dengan melakukan perbaikan dari sisi konten website seperti pemilihan keyword, struktur permalink, struktur konten, dll. 

Sedangkan SEO off page adalah optimasi yang dilakukan diluar halaman website, seperti pemilihan nama domain yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang, backlink, hingga promosi melalui sosial media.

Kenapa setting SEO sangat penting?

Optimasi SEO sangat penting untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat, berikut diantaranya ;

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis
  • Website akan lebih mudah ditemukan di search engine.
  • Traffik website akan meningkat.
  • Website akan lebih mudah dikenal.
  • Jangakuan user yang semakin luas.
  • Meningkatkan keuntungan di sisi bisnis.

Fitur SEO di Sitejet

Sitejet builder adalah fitur cPanel terbaru yang dapat Anda gunakan untuk membuat website secara instan. Untuk memudahkan membuat website, Sitejet builder menyediakan fitur-fitur seperti Drag-and-Drop Builder, template, editor konten, dan SEO.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai fitur dan cara setting SEO pada Sitejet Builder. Pada Editor Sitejet Builder, tersedia 3 fitur SEO :

1. Fitur SEO Global

Fitur SEO Global digunakan untuk setting SEO pada website secara global. Dengan sekali setting, fitur ini memungkinan semua setting SEO aktif pada semua halaman website. Anda dapat menemukan fitur SEO Global di editor Sitejet Builder pada menu More > SEO Settings atau SEO/Meta.

SEO settings sitejet

Di sini Anda dapat membuat setting SEO global untuk keseluruhan halaman website, seperti keywords, page titles, dan meta tags.

setting seo di sitejet builder

Pada fitur ini terdapat beberapa setting seperti :

Title

SEO Title atau Judul SEO muncul di hasil pencarian dalam warna biru dan font yang lebih besar. Merupakan hyperlink ke situs web Anda. URL ditampilkan dalam warna hijau dan meta description di Bawah ditampilkan dalam warna hitam. SEO Title tampil paling menonjol.

Beberapa social network juga menjadikannya sebagai headline atau bahkan sebagai anchor text jika dibagikan (shared). Kami merekomendasikan hanya menggunakan simbol dari karakter khusus HTML, karena hanya simbol tersebut yang dikenali dan dievaluasi oleh crawler tanpa masalah. Kami merekomendasikan judul yang panjangnya antara 45-60 karakter.

Slogan

Di isi dengan slogan website. Slogan ini tampil setelah SEO Title dengan tanda hubung. Jika digabungkan, kedua judul di hasil pencarian akan terlihat seperti ini:

title dan slogan

Meta Keywords

SEO Keywords adalah kata kunci yang Anda tentukan untuk website Anda. Dalam search queries, misalnya di Google, keywords adalah kata kunci pada konten website

Meta Description

SEO Description di isi dengan deskripsi website Anda. Ini tidak hanya penting bagi mesin pencari, tetapi juga membantu pengguna Anda memahami isi halaman Anda.

SERP Preview

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page. Di sini Anda dapat melihat secara langsung bagaimana setting Anda ditampilkan di mesin pencari. Menampilkan pratinjau (preview) baik untuk tampilan desktop maupun seluler.

Settings for Index and Responsiveness

Index and Responsive adalah dua faktor penting untuk presentasi situs website Anda di web. Jika kotak Noindex tidak dicentang, Anda memberikan izin kepada mesin pencari untuk menganalisis halaman ini dan memasukkannya ke dalam hasil pencarian mereka.

Responsive harus selalu diaktifkan. Hal ini memungkinkan Editor Situs Web menampilkan halaman yang dioptimalkan untuk perangkat dengan ukuran berbeda. Hal ini sangat diperlukan saat ini

Meta tags

Di sini Anda dapat menambahkan kode tambahan. Beberapa layanan memerlukan potongan kode di header situs web

Google Analytics ID

Isi dengan kode pelacakan dari Google Analytics

Google Maps API-Key

Anda dapat menambahkan API Key untuk Google Maps agar dapat memanfaatkan fungsi Google Maps di situs web Anda.

2. Fitur SEO per halaman

Untuk menambahkan setting SEO per halaman website, klik Halaman di navigasi atas Editor Situs Web. klik ikon roda gigi pada halaman yang ingin Anda edit. Di sini Anda akan menemukan opsi seperti SEO title, SEO description, dan SEO Keywords.

Untuk pengaturan lanjutan seperti menambahkan meta tags atau gambar pratinjau (preview) untuk halaman tersebut, klik More Settings.

setting seo di halaman sitejet builder

3. Fitur SEO di Koleksi (Collections)

Jika Anda menggunakan blog atau konten dinamis lainnya yang digabungkan dalam collection, tentunya Anda juga dapat melakukan penyesuaian penting untuk mesin pencari dan pengunjung Anda di Collection settings.

  1. Buka menu Collection Manager di menu More
collection manager sitejet builder
  1. Pilih collection yang berisi item collection yang ingin Anda edit.
edit collection sitejet builder
  1. Scroll kebawah pada bagian Settings, Anda bisa melakukan setting SEO seperti SEO Title, slug, SEO Description, SEO Keywords, Meta tags.
seo setting di collection sitejet builder

Demikian tadi artikel kami tentang cara setting SEO di SiteJet secara mudah, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Triyadi