Rumahweb Journal
Apa Itu Seo OG

Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Search engine optimization atau yang disingkat menjadi SEO adalah optimasi pada website untuk mendapatkan peringkat terbaik di search engine. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu SEO, manfaat SEO hingga cara kerjanya.

Salah satu dari sekian banyak indikasi kesuksesan sebuah website adalah traffic. Traffic menunjukkan bahwa website tersebut digemari oleh pengunjungnya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung bagi website tersebut adalah melalui search engine .

Biasanya pengunjung akan mencari website melalui search engine dengan menggunakan kata kunci atau keyword.

Salah satu cara agar website dapat lebih mudah ditemukan di search engine, adalah dengan melakukan optimasi di sisi SEO. Sebelum membahas lebih jauh tentan SEO, tentu kita harus mengetahui dahulu apa itu SEO.

Pengertian SEO

SEO atau search engine optimization adalah langkah optimasi pada website agar dapat muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) pada search engine seperti Google, Bing, dll.

Optimasi SEO sendiri dibagi menjadi 2 yaitu SEO on page dan SEO off page. Perbedaan kedua metode tersebut adalah sebagai berikut:

SEO on Page

SEO on page adalah melakukan optimasi SEO langsung di halaman website anda. Optimasi SEO on page bisa dilakukan dengan melakukan perbaikan-perbaikan di sisi konten website seperti pemilihan keyword, struktur permalink, struktur konten, dll.

Penjelasan lebih detail tentang SEO on page dapat anda baca melalui artikel berikut: On Page SEO: Pengertian dan Cara Penerapannya

SEO off Page

SEO off page adalah metode optimasi SEO yang dilakukan diluar halaman website, seperti pemilihan nama domain yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang, backlink hingga promosi melalui sosial media.

Manfaat SEO

Optimasi SEO memiliki banyak manfaat, berikut diantaranya ;

  • Website akan lebih mudah ditemukan di search engine.
  • Traffik website akan meningkat.
  • Website akan lebih mudah dikenal.
  • Jangakuan user yang semakin luas.
  • Meningkatkan keuntungan di sisi bisnis.

Cara kerja SEO

Cara kerja SEO pada search engine secara garis besar sama. Pada artikel kali ini, kami akan menekankan cara kerja SEO pada search engine Google. Kenapa Google? karena Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan dan dijadikan sebagai patokan reputasi sebuah website.

Google search engine memiliki tools yang bernama web crawl. Tools inilah yang bertugas menampung seluruh informasi tentang website dan menyimpannya dalam database di mesin pencarian.

Secara garis besar, cara kerja SEO adalah sebagai berikut;

  • Crawling
    adalah proses pengumpulan informasi website di internet baik website baru, maupun website lama yang baru saja melakukan update pada sisi kontennya. Anda juga dapat melakukan monitoring terkait crawling yang dilakukan oleh google melalui halaman google search console. Untuk mendaftarkan website di halaman google search console anda dapat mengikuti panduan di link berikut.
  • Indexing
    Setelah crawling dilakukan, maka informasi website hasil crawling akan dianalisis oleh sistem search engine Google untuk dilakukan penyimpanan dalam indexing pada halaman hasil pencarian.
  • Ranking
    Setelah dilakukan indexing, Google akan melakukan pengurutan ranking untuk ditampilkan di halaman search engine result page. Ranking akan ditentukan berdasarkan konten terbaik sesuai dengan algoritma yang digunakan oleh Google.

Cara setting SEO di CMS WordPress

Untuk melakukan setting SEO di WordPress, anda dapat menggunakan plugins SEO yang tersedia di CMS WordPress, salah satunya adalah Yoast SEO. Untuk melakukan installasi yoast SEO, anda dapat mengikuti panduan di link ini.

Kemudian optimalkan juga setting di sisi websitenya, antara lain sebagai berikut:

  • Setting struktur url
    Silahkan anda melakukan setting url pada cms wordpress dengan struktur yang mudah dipahami. Contohnya bisa dengan menggunakan struktur url nama-domain.com/nama-post.
struktur permalink wordpress - Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya
  • Kategori dan tag
    Pada CMS wordpress, anda dapat mengelompokkan beberapa artikel kedalam satu kategori atau tag. Hal tersebut bertujuan agar pembaca website dapat lebih mudah menemukan konten yang ingin diakses.
  • SSL
    Penggunaan SSL membuat website anda terlihat lebih secure, terlebih jika terdapat transaksi seperti registrasi user, maupun pembayaran di website anda. Pengunjung website tentu akan lebih nyaman melakukan transaksi pada website yang menampilkan secure di browser.
  • Website tidak mengandung malware.
    Hal ini adalah faktor yang cukup penting, karena apabila website anda terinfeksi malware tentunya akan berpengaruh pada reputasi website anda, dan membuat pengunjung tidak ingin kembali mengunjungi website anda. Untuk mencegah website terkena malware, anda dapat mengikut referensi di url berikut.

Cara setting SEO di CMS Joomla

Pada CMS joomla secara default sudah disediakan pengaturan untuk SEO standard. Untuk mengakses menu tersebut silahkan mengakses ke menu system -> Global configuration

global configuration joomla - Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Kemudian silahkan mengaktifkan SEF url dan rewrite ulr pada bagian SEO settings. Untuk panduannya bisa mengunjungi link ini.

Agar Rewrite URL dapat berjalan, silahkan melakukan copy file htaccess.txt ke file .htaccess melalui file manager di cpanel.

Demikian pembahasan terkait pengertian, manfaat SEO dan cara kerja search engine. Semoga dengan panduan ini, website anda semakin mudah ditemukan di search engine dan bisnis anda cepat berkembang.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Syahrizal Widiarto